Akibat Dan Gejala Murai Batu Sakit Dan Mati

Akibat dan gejala murai batu sakit dan mati-Banyak faktor serta penyebab burung murai batu sakit.jika sakit murai batu tidak segera di lakukan perawatan serta penaganan yang serius,akibatnya bisa terjadi kamatian pada burung tersebut.

Advertisement

Akibat dan gejala murai batu sakit dan mati salah satu faktor utama adalah kebersihan kandang dan lingkungan sekitar yang kurang bersih.banyak kotoran pada sangkar sisa pakan yang menempel namun tidak di bersihkan.

Hal ini mampu untuk mengundang bakteri serta parasit yang tak lama kemudian akan segera menyerang  pada burung murai batu tersebut.Sisi pakan yang menempel pada alas kandang sangat berbahaya bagi kesehatan murai tersebut.bersihkan kotoran sisa pakan setiap hari dan lakukan penyemprotan dengan cairan Dektan setiap 10 hari sekali.Akibat Dan Gejala Murai Batu Sakit Dan Mati

Advertisement

Selain itu,kebersihan wadah pakan dan tempat air minum juga harus sering di kontrol setiap hari.pencucian setiap hari sangat perlu untuk di lakukan untuk mencegah timbulnya jamur dan parasit.

Dalam melakukan pencegahan penyakit pada burung murai batu ini,sebaiknya usahakan kandang burung selalu kering,lakukan penyemprotan dengan cairan Dektan setiap 10 hari sekali dan yang paling penting,lakukan penjemuran baik burung maupun kandang burung pada sinar matahari setiap pagi hari.

Selain pencegahan,pengobatan juga perlu di lakukan jika burung murai batu sudah terserang penyakit.jika ada murai batu yang terserang penyakit,ambil lalu pisahkan dengan jenis burung lain untuk di lakukan perawatan kusus.

Pada malam hari,berikan pemanas dengan memberikan lampu balon 15 wat,agar murai tidak kedinginan dan suhu badanya tidak turun drastis.

Langkah selanjutnya adalah pemberian vitamin dan antibiotik  yang memiliki kualitas super tinggi.jenis antibiotik yang paling bagus untuk burung murai batu adalah yang berjenis Tablet cravit serta antibiotik injeksi meropenem.

Keunggulan anti biotik tersebut yaitu mampu untuk di campurkan dengan jenis antibiotik lainya untuk mengobati burung murai batu yang sedang stres atau penyakit apa saja.

Sebaiknya,jika murai sudah terdapat gejala sakit,segera lakukan pengobatan secepat mungkin,akan tetapi,jika sakit yang di derita sudah terlanjur sangat parah,untuk melakukan penyembuhan di perlukan waktu yang relatif lama,biyaya yang di keluarkan juga tergolong banyak..semoga beguna

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Akibat Dan Gejala Murai Batu Sakit Dan Mati | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.