Alat Penetas Telur Jangkrik Otomatis

Cara menetaskan telur jangkrik Otomatis – Menetaskan telur memerlukan media-media pendukung supaya telur bisa menetas dengan cepat. Sebenarnya, media ini tidak layak dikatakan sebagai media pendukung.

Karena media ini mampu membuat telur cepat menetas. Apa-apa saja media untuk menetaskan telur? Media penetasan telur diantaranya:

Advertisement

Penetasan dengan menggunakan media pasir

Penetasan yang dilakukan dengan menggunakan media pasir ini biasanya banyak digunakan untuk peternak yang menjual telur-telur jangkrik kepada peternak jangkrik lainnya.Alat Penetas Telur Jangkrik Otomatis

Mengapa penetasan telur dengan menggunakan media pasir ini banyak digunakan untuk peternak jangkrik yang menjual telur jangkrik kepada peternak lain?

Sebab, media pasir ini sangat mudah ketika disaring. Ketika kita hendak menyaring telur jangkrik yang berada di media pasir, jadi kita bisa menyaring pasir dan telur hingga yang tersisa hany telur jangkrik saja.

Agar media pasir ini dapat digunakan untuk media penetasan, harus memenuhi persyaratan. Persyaratannya adalah pasir yang digunakan haruslah bersih dan halus se halus-halusnya. Tidak boleh ada bagian yang kasar sedikit pun.

Sebab, jika ada bagian pasir yang kasar, maka ketika telur jangkrik menetas di media tersebut, nantinya anakan yang keluar akan mati karena pasir tempat anakan menetas masih kasar.

Advertisement

Penetasan dengan menggunakan media pasir ini juga ada cara-caranya tersendiri. Caranya adalah: Sediakan tempat kecil seperti mangkok tetapi berbentuk panjang satu buah (tergantung kebutuhan). Setelah itu, sediakan pula pasir yang telah disaring hingga bersih dan halus.

Masukkan pasir yang telah disaring ke dalam mangkok yang telah disediakan. Ratakan dan ketebalan disetiap sudutnya sama rata.

Selanjutnya, telur jangkrik sebanyak satu sendok makan di taburkan di atas pasir. Setelah itu, tutup kembali pasir yang telah ditaburkan telur pasir menggunakan pasir juga. semuanya selesai, masukkan mangkok tadi ke dalam kotak penetasan telur. Cek lah telur setiap hari dan telur disemprot air setiap harinya.

Penetasan dengan menggunakan media kain

Penetasan dengan menggunakan media kain bahan yang dibutuhkan antara lain: Kain katun yang mempunyai ukuran 30 cm x 30 cm. Dan nampan kecil yang nantinya digunakan untuk meletakkan kain.

Teknik penetasan menggunakan media kain adalah: sediakan kain katun yang berukuran 30 cm x 30 cm.

Kemudian masukkan telur jangkrik sekitar satu sendok makan di tengah-tengah kain. Setelah itu, lipat kain hingga semua sudut kain tertutup. Lipat terlebih dahulu bagian atas dan bawah. Selanjutnya lipat bagian kanan dan kiri.

Setelah itu, letakkan kain tadi di atas nampan kecil. Kemudian, masukkan nampan yang berisi kain katun yang di dalamnya terdapat telur jangkrik ke dalam kotak penetasan telur. Semprot telur dengan menggunakan semprotan air setiap harinya.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Alat Penetas Telur Jangkrik Otomatis | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.