Bakalan Murai Batu Dan Cara Perawatanya

Bakalan Murai Batu dan cara perawatnya.Jika umur anakan murai batu telah mencapai satu bulan lebih,kita perlu memberikan perawatan yang cukup teliti,selain pakan,vitamin serta cara memandikan bakalan murai batu tersebut.Biasanya setelah anakan berumur satu bulan,kita sudah bisa memindahkan anakan murai batu ke tempat kusus,yaiti kandang sapih biasa peternak menyebutnya.

Untuk ukuran kandang sapih sendiri,silahkan di tentukan sendiri,berapa jumlah anakan yang akan kita masukan,untuk kandang ukuran 40x40x50 bisa memuat anakan murai batu sampai 6 ekor.memindahkan bakalan murai batu ke tempat sarang kusus ini bertujuan untuk melatinya agar cepat pintar bertengger serta berolah raga dengan naik turun tangkringan.

Advertisement

Usahakan dalam memasang tangkringan dalam sangkar lebih dari satu buah,bisa kita pasang 2 sampai 3 buah dalam satu kandang dingan arah dan bentuk yang berbeda.dalam kita meletakan tenggeran dalam kandang,jangan terlalu tinggi,ini akan menyulitkan anakan tersebut nagkrik pada tenggeran tersebut,sesuaikan dengan kemampuanya utuk bisa melompat.

Pakan Bakalan Murai Batu.bakalan murai batu dan cara perawatanya

Pemberian pakan bakalan murai batu masih sama pada anakan yang berusia di bawa satu bulan,namun porsi kita tambah saja.serta kita berikan pakan tambahan berupa jangkrik dan kroto serta berbagai vitamin untuk mengebalkan metabolisme tubuhnya agar tahan terhadap serangan penyakit.

selain kita masih perlu melolohnya,kita juga bisa melatih bakalan tersebut untuk memakan pakan sendiri yang kita siapkan pada tempat kusus dalam kandang dengan berupa Voer dan jangkrik,agar bakalan tersebut memilih sendiri pakan yang di sukainya,jangan ketinggalan,berikan wadah kusus untuk tempat air minumnya.

Advertisement

Cara memandikan bakalan murai batu.

Sebaiknya dalam kita memandikan bakalan murai batu setelah piyikan tersebut tumbuh lebat bulunya.kita sebagai juraganya jangan memaksa untuk memandikan dengan sering bakalan murai batu tersebut,sebab ia masih memiliki daya tahan tubuh yang belum terlalu kuat,jika sydah lebat bulunya,kita bisa memandikan bakalan murai batu satu kali dalam sehari,pada siang hari saat matahari cerah.

Dalam memandikan bakalan murai batu,kita bisa menggunakan sprayer dengan cara menyemprotkan,usahakan jangan dari jarak dekat waktu menyemprot,sprayer memiliki kekuatan dalam menyemprotkan airnya,bakalan murai batu bisa saja kaget.

Setelah siap memandikan,kita langsung menjemur bakalan tersebut agar tidak kedinginan.bisa juga saat melakukan penjemuran,kita juga bisa sambil memberikan pakan yang bisa kita lolohkan pada bakalan murai batu tersebut.

Namun,jika kita rasa murai batu tersebut sudah bisa untuk makan serta memiliki bulu yang telah lebat,kita juga harus melatih bakalan tersebut dengan mandi sendiri.dengan demikian,waktu serta tenaga kita akan lebih hemat.tidak repaot.

Untuk melatih bakalan murai batu mandi sendiri,kita bisa menggunakan kandang berupa keramba yang telah kita siapkan di dalamnya berupa baskom yang telah kita isi air.saat kita melatih bakalan murai batu mandi sendiri di kandang keramba ini,usahakan dalam keadaan sedang lapar.

Baca juga: Perawatan anakan murai batu umur 1 bulan

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan tentang Bakalan murai batu dan cara perawatanya.semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Bakalan Murai Batu Dan Cara Perawatanya | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.