Beberapa Alat Untuk Panen Sarang Walet

Beberapa alat untuk panen sarang walet – Ketika gedung walet sudah siap dan walet tinggal bersarang, kini saatnya kita menunggu walet siap bersarang dan setelah itu kita memanen sarang walet yang sudah siap. Memang hal yang paling ditunggu saat membudidayakan burung walet itu adalah memanen sarangnya.

Walaupun begitu, bukan berarti memanen sarang walet itu mudah. Memanen sarang walet mempunyai teknik-teknik tersendiri.Beberapa Alat Untuk Panen Sarang Walet

Advertisement

Tidaklah boleh sembarangan dalam memanen sarang walet. Salah dalam memanen sarang walet, maka akibatnya akan fatal. Bisa-bisa walet kan pergi dari gedung karena merasa sarangnya tidak aman ketika di dalam gedung itu.

Alat untuk memanen sarang walet juga mempengaruhi kualitas dari sarang walet itu sendiri. Apabila alat untuk memanen sarang walet tidak bagus, maka kualitas sarang walet juga akan tidak bagus.

Apa-apa saja alat untuk memanen sarang walet? Alat yang digunakan untuk memanen sarang walet diantaranya:

Cutter

Advertisement

Kegunaan cutter atau pisau disini adalah untuk mengambil sarang walet dari tempatnya. Sarang walet yang bentuknya bagus, itulah yang mempunyai harga jual yang tinggi. Sedangkan sarang walet yang bentuknya tidak bagus, maka harganya pun akan menurun dan bisa jadi merosot. Untuk itulah, ditekankan sekali ketika mengambil sarang dari tempatnya, jangan sampai sarang walet menjadi rusak.

Alat penyemprot

Alat penyemprot disini digunakan untuk menyemprot sarang. Tujuannya adalah supaya sarang walet mudah ketika diambil.

Cara menyemprotkan sarang walet adalah cukup dengan semprotkan sedikit air saja ke arah sarang. Ingatlah, jangan terlalu banyak menyemprotkan air ke sarang walet, sebab itu dapat merusak sarang walet dan dapat menurunkan harga sarang walet.

Ember

Ember digunakan untuk tempat menampung sarang walet yang sudah diambil dari sarangnya. Besar kecilnya ember disesuaikan dengan sarang walet yang akan dipanen.

Sebelum digunakan, ember ini harus dicuci terlebih dahulu kemudian dikeringkan sampai kering. Setelah itu barulah bisa digunakan sebagai wadah untuk menampung sarang walet yang akan diambil.

Tangga

Karena sarang walet berada di tempat yang tinggi, jadi tidak memungkinkan jika diambil tanpa menggunakan alat bantuan. Alat bntuan untuk mengambil sarang walet adalah tangga ataupun sejenisnya.

Tangga yang digunakan bisa yang terbuat dari kayu ataupun alumunium. Semuanya tergantung pada minat penangkar burung walet.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Beberapa Alat Untuk Panen Sarang Walet | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.