Berapa Hari Telur Murai Batu Menetas?

Berapa hari telur murai batu menetas?.Biasanya yang sudah pasti telur murai batu bisa menetas selama 15 hari di engkrami oleh induknya.Jika kita menemukan banyak cangkang telur yang saling berjatuhan di bawah murai batu mengaramit bertanda,bahwa anak murai batu tersebut sudah menetas.

Selama pengamatan saya,induk murai batu mampu menghasilkan telur 2-4.dan setalah di engkraminya,tidak semua telur tersebut bisa menetas.paling cuma 2 atau satu yang menetas secara sempurna.dengan banyaknya telur murai batu yang tidak bisa menetas ini,banyak penyebab serta faktornya.

Advertisement

Selain indukan tersebut kurang nyaman saat mengerami telurnya,induk tersebut sangat sering meninggalkan sarang telurnya pada waktu mengerami.

bisa juga terjadi,suhu saat indukan mengerami tidak setabil dan pakan juga bisa menjadi faktor dalam kegagalan pada saat induk murai batu mengeram.biasanya pakan kurang mengandung asupan gizi yang cukup bagi indukan tersebut baik saat proses birahinya maupun saat induk mengeram.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada burung murai batu anda,bisa kita cegah dengan memberikan pakan berupa kroto pada hari ke 12 sampai 13 saat induk sedang mengeram.hal ini bertujuan pada saat telur menetas,induk murai batu sudah ada pakan tersedia untuk menyuapi anaknya.

Kroto yang kecil pas dengan paruh anakan murai batu yang kecil.dengan demikian,anakan tersebut tidak kesulitan dalam menelan pakan yang di berikan oleh sang induk.berapa hari telur murai batu menetas?

Advertisement

Yang perlu anda ketahui,sebaiknya pakan kroto hanya kita berikan pada saat induk murai batu mengeram di hari ke 12 atau 13.nah setelah anakan sudah menetas,pakan yang kita berikan juga harus di tambah,hal ini untuk mencukupi pakan anakan dan pakan indukan,sebaiknya periksalah setiap 3 jam sekali ke kandang,jangan sampai induk dan anakan kelaparan.

Jika anakan tersebut masih dalam perawatan sang induknya,kita sebagai sang juragan tidak boleh ikut campur merawatnya,apalagi sampai menyuapi atau menagkap anakan tersebut.bisa kita lakukan jika anakan tersebut memang akan kita pisahkan dari induk dan kita rawat pada kandang kusus.jika kita ingin menyapih atau mengambil anakan tersebut,sebaiknya berikan waktu sampai 1 minggu,agar anakan tersebut di asuh oleh induknya dahulu.

Cara ini untuk mengantisipasi tingkat rawan kematian jika kita sapih anakan tersebut terlalu cepat.karena anakan murai batu yang masih berusia harian,masih sangat rentan dan sensitif,sangat di takutkan jika anakan tersebut kita rawat,resiko kematiannya cukup besar.

Baca Juga: Merawat Burung murai Batu Selama Perjodohan

Cukup sekian pembabaran  tentang pertanyaan Berapa hari telur murai batu menetas? ini.semoga bisa menjadi tulisan berguna dan ada yang membaca..

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Berapa Hari Telur Murai Batu Menetas? | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.