Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya – Anis kembang merupakan salah satu jenis burung anis yang saat ini tengah populer dikalangan kicau mania. Dahulu, anis kembang sempat menghilang dari dunia burung berkicau. Menghilangnya anis kembang bukan karena kelangkaan tetapi karena sedikitnya minat kicau mania terhadap burung anis kembang.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, burung anis kembang kembali muncul dan bahkan sudah menjadi pilihan untuk dipelihara untuk menikmati keindahan kicauannya saja atau bahkan dipelihara untuk dikonteskan.

Advertisement

Di alam bebas, burung anis kembang banyak ditemukan di daerah hutan terbuka yang penuh dengan semak. Anis kembang lebih menyukai tempat dengan tingkat kelembapannya tinggi.

Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Di Indonesia, anis kembang banyak ditemukan di daerah Pulau Jawa seperti Jawa Timur dan Jawa Barat. Burung yang dipakai untuk dikonteskan bukanlah burung sembarangan. Hanya burung pilihan sajalah yang diikutsertakan ke dalam suatu kontes.Baca juga Burung sejenis,beda Ras dan Beda Keturunan Jenis

Burung pilihan biasanya banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Sedangkan di daerah Jawa Timur anis kembangnya cenderung dipelihara untuk dinikmati kicauannya saja. Burung anis kembang pilihan yang ada di daerah Jawa Barat memiliki keunggulan seperti memiliki kicauan yang terdengar keras dan tajam.

Burung anis kembang termasuk burung yang perawatannya tidak terlalu sulit atau jika kita kelompokkan termasuk ke dalam kategori sedang.

Advertisement

Karena perawatannya yang mudah serta memiliki suara kicauan yang keras dan tajam membuat anis kembang kembali muncul setelah sempat menghilang.Tulisan lain Menilai Suatu Burung Berkicau Dari Fisik,Suara Dan Mental

Mengenal Lebih Dekat Burung Anis kembang

Jika dilihat secara saksama, burung yang memiliki nama latin Zoothera interpres ini dinilai lebih unggul daripada burung anis merah(Burung anis merah merupakan kerabat dekat anis kembang). Mengapa dikatakan begitu?

Karena jika dilihat dari kicauannya, variasi kicauan burung anis kembang lebih banyak daripada burung anis merah kerabatnya. Itu arinya burung anis kembang kelasnya berada diatas burung-burung unggulan.

Akan tetapi, mengapa sampai saat ini masih juga burung anis merah yang lebih unggul daripada burung anis kembang? Hal ini dikarenakan orang-orang atau kicau mania melihat anis merah memiliki suara yang lebih bagus serta variasi suara yang lebih banyak daripada anis kembang.Baca juga Penyebab Cucak Hijau Drop Mental Fisik vs Cara Penanganan

Hal tersebut bisa terjadi karena pemilik cenderung memaksakan burung anis kembang agar bisa mengikuti suatu kontes walaupun burung anis kembang belum memiliki kualitas suara yang maksimal.

Akibatnya, jika dilihat di arena kontes, anis kembang terkesan tidak memiliki variasi suara yang banyak dibandingkan dengan jenis burung berkicau lainnya.

Karena dinilai tidak memiliki variasi suara yang banyak membuat harga dari anis kembang pun menjadi murah. Berbanding terbalik dengan kerabat dekatnya yaitu burung anis merah yang harga jualnya sangat tinggi.

Harga jual anis merah yang tinggi dikarenakan anis merah lebih dahulu dikenal daripada anis kembang sehingga belum banyak orang yang sudah tahu tentang keunggulan anis merah dibandingkan dengan anis kembang.

Inilah tulisan mengenai Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya.Jangan lupa baca juga tulisan berikutnya Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.