Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula

Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula  – Burung lovebird untuk saat ini sedang naik pamor,hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya para pemula yang memang menekuni dan mencari jenis burung cinta ini.baik dari kalangan mudah maupun orang yang sudah berumur,jadi intinya burung lovebird ini bisa menarik hati semua kalangan baik tus maupun muda..

Bagi yang memang ada niat untuk beternak burung lovebird ini,mungkin ada beberapa faktor yang harus nada siapkan,salah satunya adalah induk unggul.Induk yang anda gunakan adalah kunci sukses dalam melakukan budidaya burung lovebird.semakin bagus dan berkualitas induk yang anda gunakan,maka semakin bagus dan peluang anakan unggul juga akan lebih terbuka lebar..Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula

Advertisement

Nah,bagi anda sebagai pemula mungkin masih kebingungan apa saja yang di butuhkan untuk beternak burung jenis lovebird ini,Mungkin saja beberapa panduan dan petunjuk di bawah bisa menjawab rasa hati penasaran anda.yang di antaranya adalah sebagai berikut..

Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah kandang,baik kandang untuk perjodohan maupun kandang untuk penangkaran.setelah kandang sudah di siapkan,maka tahap selanjutnya dengan mencari dan memilih indukan lovebird berkualitas dan tentunyasehat..Hal ini wajib dan jangan di sepelekan jika menginginkan kualitas anakan memiliki kualitas unggul..

Selain kandang dan indukan,jangan lupa untuk menyiapkan bahan sarang di dalam sangkar,seperti kotak untuk bertelur bisa kotak persegi dengan ukuran 20x20cm.dan beberapa alas untuk sarang seperti rumput kering,jerami,serat kayu,sabut kelapa dll..

Untuk tata cara menjodohkan induk lovebird,silahkan di baca di sini untuk panduan lebih mendetail Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

Memilih Umur Induk Lovebird.

Induk yang bagus untuk di budidayakan ketika telah mencapai satu tahun,semakin tua akan semakin bagus,dan jangan gunakan indukan lovebird yang masih muda,sebab induk muda akan sulit untuk menghasilkan telur karena sel telur belum sepenuhnya matang,Maka dari itu,pilihlah induk dengan umur di atas satu tahun baik yang betina dan induk lovebird jantan..

Pastikan juga sang induk dalam keadaan sehat dan tanpa cacat,induk sehat bisa kita lihat dari gerak-geriknya yang lebih agresif,selalu bergerak,memiliki bulu dan mata yang cerah tidak berserakan.Ingat induk yang anda gunakan merupakan pondasi utama dalam melakukan ternak lovebird ini..

Advertisement

Persiapan bertelur dan mengeram.Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula

Nah,setelah sang induk sudah berjodoh dalam satu kandang,maka tak membutuhkan waktu lama,pasti sang induk betina akan segera bertelur,maka tugas anda adalah memperhatikan dan selalu memantau kedua induk tersebut supaya hasil yang di dapat sesuai harapan..

Seperti biasanya induk betina lovebird akan mengeram selama 20 sampai 22 hari dan setelah melewati masa tersebut,maka telur akan segera menetas.dan tahap selanjutnya adalah merawat anakan yang telah berhasil di tetaskan,tidak semua telur lovebird mampu menetas dengan sempurna,biasanya dari 4 telur,cuma 2 saja yang bisa menetas secara sempurna..

Makanan anakan lovebird.

Anakan burung lovebird yang baru menetas belum bisa kita berikan pakan seperti sang induk,namun ada beberapa pakan alternatif yang bisa kita berikan,jika anakan kita asuh secara mandiri,maka bisa kita berikan berupa bubur bayi instan yang biasa di konsumsi oleh manusia yang sangat banyak kita temukan di toko kusus bayi..

Baca Juga: 4 Perbedaan lovebird Jantan Dan Betina

Akan lebih bagus,untuk tata cara pemberian dan penyajian silahkan di ikuti dalam petunjuk isi kemasan,biasanya di berikan air hangat dan di aduk hingga merat,lalu kita lolohkan menggunakan pipet kepada anakan burung lovebird tersebut..

Sebaiknya setelah anakan lovebird telah berusia 7-10 hari,kita ambil dari sang induk dan kita lakukan perawatan secara mandiri,berikan pakan selama 3-4 jam sekali,jangan memberikan pakan terlalu kenyang,namun berikan secara rutin akan lebih tepat dan berikan secara teratur..

Nah,setelah anakan lovebird telah memasuki umur satu bulan lebih,maka pakan bubur bisa kita selingi dengan pakan lain,seperti sayuran,buah,pelet yang tentunya semua di haluskan supaya anakan lebih mudah untuk mencerna atau juga bisa di berikan pakan lain seperti pakan induk dewasa untuk melatih anakan supaya terbiasa memakan pakan seperti di habitat liarnya..

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan untuk malam ini,Jangan lupa baca Juga Makanan Lovebird Utama Dan Pakan Tambahan semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari panduan tentang budidaya burung lovebird ini..semoga bisa membantu..

 

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Budidaya Lovebird Kusus Pemula | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.