Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang

Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang – Burung kacer termasuk burung berkicau yang tingkat perawatannya yang sulit.  Karena sulitnya merawat burung kacer membuat sebagian besar pemilik kacer mengeluhkan masalah ini.

Banyak yang mengeluhkan sulitnya melatih atau merawat kacer sehingga berimbas pada saat kacer sudah masuk ke arena kontes.

Advertisement

Ketika merawat atau melatih burung kacer hendaknya pemilik kacer harus melakukan perawatan secara konsisten.

Maksud melakukan perawatan terhadap kacer harus secara konsisten adalah perawatan yang dilakukan tidak boleh berubah-ubah setiap harinya. Terutama pada pola makan kacer.

Sebab jika dilakukan secara berubah-ubah akan menyebabkan perawatan akan menjadi lebih sulit lagi. Untuk itulah, lakukan perawatan harian pada burung kacer dengan baik dan secara konsisten.

Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang

Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang

Ketika merawat burung kacer, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memandikan kacer

Kacer memiliki sifat khas yaitu galak. Menghilangkan sifat galak kacer ini sangatlah sulit dilakukan. Namun untuk meringankan kegalakan dari kacer bisa dilakukan.Silahkan di baca dulu Burung Anis Kembang Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Cara melakukannya adalah dengan memandikan kacer tersebut. Supaya sifat galak kacer lebih dapat terkendali lagi maka kacer dapat dimandikan sebanyak dua kali dalam sehari.

Sebaiknya kacer dimandikan di tempat mandi khusus. Namun jika ingin menggunakan hand sprayer juga tidak masalah.

Advertisement

Yang terpenting kacer dimandikan sebanyak dua kali sehari. Waktu pemandian yang baik adalah pada pagi dan sore hari. Pada sore hari, pemandian dapat dilakukan lebih lama daripada pada pagi hari.

  • Penjemuran kacer

Setelah selesai dimandikan, kacer selanjutnya kacer dapat dijemur. Penjemuran dapat dilakukan beberapa jam saja. Bagi kacer yang telah terlatih, selesainya penjemuran dapat dilihat dari pergerakan burung kacer. Jika burung kacer telah menunjukan.Penting di baca juga Ciri Cucak Ijo Yang Bagus Serta Tata Cara Perawatan Harian

Menunjukkan pergerakan naik turun dari tempatnya bertengger ke dasar sangkar. Jika sudah begitu, burung kacer dapat dipindahkan ke tempat yang lebih teduh.

Dengan menjemur kacer itu berarti kita telah membiasakan burung kacer agar dapat berkicau dengan rajin. Terlebih lagi untuk kacer yang sudah rajin berkicau.

Sebaiknya tempat penjemuran harus jauh dari segala macam gangguan. Baik itu gangguan dari luar maupun gangguan dari dalam.

Hal ini dilakukan guna menjaga agar burung kacer tidak drop karena kacer termasuk burung yang mudah drop akibat gangguan di lingkungan sekitarnya.

Penjemuran sebaiknya diletakkan di bawah saja. Cara ini diterapkan untuk kacer yang belum terlatih maupun kacer yang sudah terlatih.Penting di baca juga Ciri Fisik Lovebird Yang Bagus Untuk Lomba

Namun, untuk kacer yang belum terlatih jika hendak dijemur dengan cara digantung juga tidak apa-apa. Kecuali untuk yang sudah terlatih.

  • Pakan Harian Kacer Bakalan Dewasa

Pakan yang dapat diberikan pada kacer adalah jangkrik, ulat, dan beberapa hewan lainnya yang biasanya diberikan pada burung berkicau.

Pemberian jangkrik setiap harinya adalah 4 ekor. Sedangkan untuk ulat diberikan setiap minggu dengan porsi 3 ekor ulat saja.

Pemilik kacer juga sering memberikan kroto. Namun sayangnya tidak semua jenis burung berkicau mau memakan kroto. Karena itulah pakan alami diganti menjadi ulat dan jangkrik.

Demikian Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang jangan lupa baca tulisan sebelumnya mengenai Ciri Kacer Juara Serta Habitat Kehidupan Di Alam Liar

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.