Cara Memilih induk Jangkrik Yang Bagus

Cara memilih induk jangkrik yang bagus – Dalam pengembangbiakan telur, ada tata caranya tersendiri. Tidak boleh asal-asalan dan harus secara teratur. Hal yang paling utama dilakukan adalah mempersiapkan peralatan untuk mengembangbiakan telur.

Setelah semuanya terlengkapi, barulah kita bisa melaksanakan pengembangbiakan telur. Bagaimana tahap-tahap pengembangbiakan telur? Tahap-tahap pengembangbiakan diantaranya:Cara Memilih induk Jangkrik Yang Bagus

Advertisement

Mencari calon indukan jangkrik

Setelah semua bahan terlengkapi selanjutnya adalah mencari calon indukan untuk kemudian dijodohkan. Dalam memilih calon indukan tidak boleh sembarangan.

Harus yang berkualitas dan tidak boleh yang cacat fisik. Dan juga harus memenuhi persyaratan yang telah kita buat. Dimana kita bisa menemukan calon indukan yang berkualitas?

Kebanyakan orang yang menangkarkan jangkrik mengambil calon indukan jangkrik langsung dari alam. Apabila kita mengambil calon indukan dari penangkaran belum tentu berkualitas baik.

Mengapa begitu? Karena, apabila kita mengambil calon indukan dari alam secara langsung, pasti calon indukan tersebut mempunyai daya tahan tubuh yang kuat karena hidup di luar ruangan.

Sedangkan calon indukan yang berasal dari penangkaran belum tentu mempunyai daya tahan tubuh yang kuat karena hidupnya selalu di dalam ruangan. Bukan di luar ruangan.

Advertisement

Pada saat ini jangkrik sangat sulit didapatkan di alam. Apabila kita sudah mencari jangkrik, tetapi tidak ada hasilnya, maka kita boleh mengambil calon indukan dari penangkaran.

Tetapi, ada syaratnya. Syaratnya adalah, hanya calon indukan jangkrik betina saja yang bisa diambil dari penangkaran kita sendiri. Sedangkan indukan jangkrik jantan tidak boleh diambil dari dalam penangkaran sendiri. Mengapa begitu?

Sebab, jika kedua indukan jangkrik diambil dari satu penangkaran yang sama, maka akan mendapatkan turunan yang tidak normal. Selain itu, jika induk jangkrik jantan diambil dari penangkaran, maka jangkrik jantan tersebut akan terlalu agresif dan sulit untuk dikawinkan.

Satu-satunya cara yang tepat apabila di alam tidak menyediakan calon indukan adalah mengambil calon indukan dari peternak lainnya yang menyediakan calon indukan.

Akan tetapi, hanya satu indukan saja yang boleh diambil dari penangkar lainnya. Contohnya adalah jika calon indukan jangkrik betina diambil dari hasil peternakan sendiri atau dari alam dan calon indukan jangkrik jantan dari peternak lain.

Penjodohan calon indukan

Cara menjodohkan calon indukan yang baik adalah dengan menyediakan setidaknya 3 atau 4 ekor jangkrik betina dan 1 ekor jangkrik jantan. Mengapa perbandingan indukan betina yang lebih banyak daripada induk jantan? Sebab, satu ekor indukan jantan bisa mengawini 3 sampai 4 ekor jangkrik betina.

Jika indukan betina lebih banyak dari indukan jantan, maka indukan jantan tidak mau mengawini indukan betina. Indukan betina yang tidak dikawini, maka akan menghasilkan telur infertil.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Memilih induk Jangkrik Yang Bagus | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.