Cara Mengobati Penyakit Totelo Burung Murai Batu

Cara mengobati penyakit Totelo burung murai batu-Burung murai batu yang sudah terserang jenis penyakit Totelo ini,sangat sulit untuk di lakukan penyembuhan,jika bisa sembuh,waktu dan biyaya yang dibutuhkan juga cukup lama dan akan banyak mengeluarkan uang untuk membeli berbagai jenis Vitamin,antibiotik nya.

Cara mengobati penyakit totelo burung murai batu yang paling mudah dan sudah terbukti jos dengan cara burung tersebut kita kandangkan sendiri atau bahasa kerenya di isolasi.

Advertisement

Antibiotik untuk pengobatan jenis penyakit totelo ini bisa berupa teravit yang bisa kita campurkan pada air minum maupun pakan murai tersebut.Cara Mengobati Penyakit Totelo Burung Murai Batu

Jenis penyakit totelo sendiri di sebabkan oleh adanya sebuah virus New castle yang langsung menyerang pada bagian saraf burung tersebut.selain saraf,bagian yang akan di serang jenis penyakit ini di bagian pencernaan dan bagian pernafasan sehingga murai batu di buatnya sulit untuk melakukan pernafasan.

Gawatnya lagi,penyakit jenis Totelo ini juga bisa menular burung lain yang masih sehat dengan cara melalui udara,pakan serta minumnya.ruang isolasi kusus sangat di sarankan untuk burung yang sudah terkena penyakit jenis Totelo ini agar tidak menular pada burung lainya.

Gejala Yang Di Timbulkan.

banyak ciri dan gejala burung murai batu terserang jenis penyakit Totelo ini,salah satuya sebagai berikut.

Advertisement
  • Pada bagian kepalanya sering bergelang baik kekiri maupun ke kanan dan yang sudah parah akan selalu berputar-putar.
  • bulu yang kusap,pada bagian sayap turun terkulai lemas serta di barengi dengan badan yang mengigil dan bergetar.
  • Saat murai batu melakukan pernafasan,ia akan terlihat sangat kesulitan,susah bernafas yang di sertai dengan adanya batu kecil dan keluar lendir dari hidungnya.
  • Sudah bisa di pastikan,jika burung murai batu sudah terserang penyakit Totelo ini,berat badan akan menurun drastis,karena nafsu makanya yang berkurang.

Cara Mencegahnya.

Untuk melakukan pencegahan Totelo menyerang burung murai batu ini,sebaiknya perhatikan bebera faktor di bawah yang mungkin selama ini tidak anda perhatikan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan burung itu sendiri.

  1. Lakukan pembersihan kotoran kandang setiap hari,baik secara di cuci ataupun di semprot dengan dektan.
  2. Untuk pakan dan minum murai batu,sebaiknya ganti dengan yang segar setiap hari.
  3. Selain itu pakan yang bergizi dan bersih juga bisa untuk menghindari penyakit totelo pada burung murai batu ini.

Cara pengobatan.

Nah bagaimana cara mengobati burung murai batu terserang jenis penyakit Totelo ini.seperti yang sudah saya jelaskan di atas,jalan satu-satunya dengan cara mengisolasi burung tersebut.pindahkan pada sangkar kusus dan jauhkan dari burung lainya agar tidak menularinya.

Antibiotik yang paling bagus untuk mengobati burung murai batu Totelo berjenis Terafit yang cara pemberianya bisa kita campurkan pada air minumnya.untuk dosis pemakaian,sebaiknya di ikuti sesuai petunjuk dalam kemasan.

Jenis antibiotik ini dapat anda beli di apotik atau di warung kusus unggas yang banyak di perjual belikan secara bebas.semoga tulisan ini berguna dan bisa untuk memecahkan masalah burung anda..salam super.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Mengobati Penyakit Totelo Burung Murai Batu | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.