Cara Mengobati Serak Tenggorokan Burung Murai Batu

Cara mengobati serak tenggorokan burung murai batu-Selain jenis penyakit totelo,burung murai batu juga sering terserang jenis penyakit serak atau sakit tenggorokan.jenis penyakit inilah yang kerap menyerang murai batu baik bakalan maupun yang sudah dewasa siap kontes.

Cara mengobati serak tenggorokan burung murai batu sebenarnya sangat mudah-mudah susah,karena jenis penyakit serak tenggorokan ini di butuhkan perawatan dan pengobatan yang telaten serta harus sabar.Jenis penyakit serak ini sebanarnya menguji tingkat kesabaran sang juraganya..He..

Advertisement

Jika burung murai batu terserang penyakit serak ini,suara burung tersebut juga akan jelek tidak merdu lagi.Serak pada burung murai batu di akibatkan oleh kesalahan sang juragan sendiri.karena penyakit ini bisa timbul akibat terlalu lamanya di lakukan penjemuran.dan yang paling parah lagi,penjemuran di lakukan pada siang hari.bayangkan sendiri saja,jika anda di jemur lama siang hari..Mati…

Untuk mencegah serak dan sakit tenggorokan pada burung murai batu,sebaiknya saat melakukan penjemuran JANGAN di lakukan di atas jam 10 pagi.bukan sehat nantinya yang di dapatkan jika di jemur jam segitu,malah penyakit yang akan di timbulkanya.Cara Mengobati Serak Tenggorokan Burung Murai Batu

Selain kesalah dalam proses penjemuran,pakan yang di berikan juga bisa menyebabkan serak pada murai batu.salah satunya sayap pada jangkrik,saat memberikan pakan berupa jangkrik,teliti terlebih dahulu,buanh kaki dan sayapnya agar Sedap,mantap dan enak murai batu tersebut untuk menelanya.jika kita makan telur sama cangkangnya,bagaimana perasaan anda.Hormati hak hewan yang anda pelihara,jika tidak menghargai,lepaskan saja,,,he..

Gejala Yang Di Timbulkan.

Advertisement

Tidak banyak gejala yang di timbulkan pada burung murai batu serak sakit tenggorokan ini.3 gejala berikut ini yang bisa di jadikan patokan untuk mengetahui burung murai batu terserang penyakit serak.

  1. Pada bagian muka burung murai batu terrlihat pucat dan suram.
  2. Nafsu makan yang menurun drastis akibat kesakitan jika untuk menelan makanan.
  3. Pada saat berkicau suara akan sulit di keluarkan,suara serak tidak nyaring dan bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Cara Mengobati.

Cara mengobati serak tenggorokan burung murai batu relatif gampang-susah.berikut ini cara yang paling mudah dan sederhana untuk menyembuhkan jenis serak murai batu yang bisa anda lakukan di rumah.

  • Cari jahe segar,selanjutnya hancurkan dengan cara di gerus,lalu campur atau masukan dalam tempat minumnya.
  • Berikan antibiotik berupa Enroforce yang banyak mengandung Enrofloxacin dengan dosis settiap 4 liter air berikan satu mili.berikan ini selama 4 hari berturut sebagai air minumnya.
  • Selain antibiotik di atas,ada satu lagi yang bisa di berikan berupa Neo meditril berikan mengikuti petunjuk dalam wadahnya.
  • saat memberikan pakan berupa jangkrik maupun kroto,campurkan pakan tersebut menggunakan madu segar.berikan ramuan ini setiap 3 hari sekali.

Tips penting.

Pada saat kita sedang melakukan perawatan untuk menyembuhkan penyakit serak ini,sebaiknya kurangi aktifitas burung murai tersebut.tutup saja sangkarnya dengan menggunakan kerodong dan jangan sampai mendengar burung lain berbunyi untuk memancing murai tersebut mengeluarkan suara.karena dalam masa pengobatan.

Pakan juga selalu di perhatikan,jika kebiasaan burung murai batu pakan yang anda berikan berupa Voer setiap hari,dalam masa pengobatan ini hentikan terlebih dahulu.pakan alternatif yang bisa di berikan sebagai ganti Voer berupa kroto segar,berikan setiap pagi dan sore hari..semoga tulisan ini ada gunanya..

 

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Mengobati Serak Tenggorokan Burung Murai Batu | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.