Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula – Untuk menghasilkan cucak ijo jawara, sebaiknya perawatan cucak ijo dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum kontes burung berkicau diadakan.

Dengan begitu, cucak ijo dapat mempersiapkan diri dari segi fisik maupun dari segi mental. Pada umumnya, cucak ijo yang dikonteskan tidak melihat umur melainkan melihat dari kualitas suara burung cucak ijo tersebut.

Advertisement

Jadi, untuk memasukkan cucak ijo ke dalam kontes tidak perlu menunggu hingga umur yang telah ditetapkan melainkan pada seberapa lama cucak ijo telah dirawat.

Masa rawat cucak ijo siap kontes adalah tiga hingga empat tahun. Jika sudah dirawat tiga hingga empat tahun, maka cucak ijo dapat dimasukkan ke dalam kontes.

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula

Akan tetapi, tidak semua jenis cucak ijo masa rawatnya sama. Ada yang masa rawatnya lebih dari empat tahun namun ada pula yang masa rawatnya kurang dari tiga tahun. Tergantung pada jenis cucak ijo tersebut.Wajib di baca dulu Jenis Pakan Kenari Dan Manfaatnya Bagi Kebugaran Burung

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula

Tidak hanya pada saat akan dikonteskan saja, tetapi perawatan cucak ijo dapat dilakukan pada kesehariannya. Perawatan harian cucak ijo sangat perlu dilakukan untuk menunjang penampilan cucak ijo di kontes nantinya.

Di dalam melakukan perawatan harian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika melakukan perawatan harian diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Memandikan cucak ijo

Burung cucak ijo perlu dimandikan. Cucak ijo termasuk burung yang tidak biasa mandi. Jadi pada saat pertama kali dimandikan pasti cucak ijo akan memberontak.Tulisan lain Burung sejenis,beda Ras dan Beda Keturunan Jenis

Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membiasakan cucak ijo untuk mandi. Dalam sehari, cucak ijo dapat dimandikan sebanyak dua atau bahkan tiga kali.

Waktu pemandiannya adalah pada pagi, siang, atau pada sore hari. Saat memandikan cucak ijo, gunakanlah tempat mandi khusus burung.

Biarkan cucak ijo mandi sendiri di dalam tempat mandi khusus burung tersebut. Jangan gunakan hand sprayer karena mental burung nantinya tidak akan berkembang.

  • Menjemur cucak ijo

Sehabis mandi, cucak ijo dapat langsung dijemur. Namun, tidak setiap kali mandi dapat dijemur. Hanya saja pada saat mandi pada pagi hari cucak ijo dapat dijemur.Simak Juga Menilai Suatu Burung Berkicau Dari Fisik,Suara Dan Mental

Penjemuran jangan terlalu lama. Paling tidak dilakukan sekitar dua hingga tiga jam pada pagi hari.

Selesainya penjemuran dapat ditandai dengan burung yang telah melompat-lompat. Jika sudah begitu, segera pindahkan burung ke tempat yang lebih teduh.

  • Memberikan pakan

Pemberian pakan pada cucak ijo tidak boleh berlebihan. Pakan yang sering kali diberikan pada cucak ijo seperti ulat hongkong, kroto segar, dan jangkrik pemberiannya memang tidak boleh berlebihan. Pemberian kroto dapat dilakukan setiap 4 kali dalam seminggu.

Pemberian ulat hongkong dilakukan setiap harinya dengan porsi 4 ekor. Sedangkan untuk pemberian jangkrik dapat dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari dengan porsi 3 ekor setiap.

Inilah Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula semoga bisa membantu dan bisa untuk di jadikan patokan dalam merawat cucak ijo harian di rumah.Tulisan lain Penyebab Cucak Hijau Drop Mental Fisik vs Cara Penanganan

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Ngentrok Panduan Pemula | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.