Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor – Murai batu merupakan salah satu jenis burung berkicau unggulan yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia burung berkicau. Murai batu saat ini sudah banyak yang menyukainya dan mulai menangkarkannya.

Tidak hanya itu, dari dulu hingga sekarang murai batu tetap diikutsertakan ke dalam kontes walaupun saat ini sudah banyak bermunculan burung berkicau yang baru tetapi nama murai batu tetap ada bahkan sampai saat ini.

Advertisement

Tak jarang di dalam mengikuti kontes-kontes burung berkicau, murai batu mendapatkan gelar jawara. Sayangnya, untuk mendapatkan gelar jawara tersebut tidak lah mudah karena mengingat semakin ketatnya persaingan di arena kontes. Jadi, untuk mendapatkan gelar jawara perlu dilakukan latihan pada murai batu.

Di dalam melakukan pelatihan pada murai batu tidak selamanya mudah. Ada saja hal yang menjadi masalah di dalam melakukan pelatihan pada murai batu.

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Lantas, apa-apa saja hal yang sering menjadi masalah di dalam melatih murai batu? Hal yang sering menjadi masalah di dalam melatih murai batu diantaranya adalah sebagai berikut.penting di baca dulu Ciri Murai Batu Betina Siap Kawin Dan Cara Menjodohkan Induk

  • Sering Ngedrop

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa murai batu memiliki sifat yang buruk yaitu sering ngedrop. Setiap burung berkicau memiliki kekurangan maupun kelebihan.

Begitu pula dengan murai batu yang memiliki kekurangan maupun kelebihan. Dan salah satu kekurangan murai batu adalah seringnya murai batu ngedrop.

Ngedrop sering dipakai untuk mengistilahkan murai batu yang turun mental. Turunnya mental murai batu diakibatkan murai batu terlalu stres. Penyebab lainnya adalah karena perawatannya yang kurang bagus.

Sifat sering ngedrop pada murai batu dapat dihilangkan dengan cara melakukan perawatan yang lebih istimewa daripada murai batu yang tidak ada masalah apa pun.

Contoh perawatan istimewa tersebut seperti pemberian multivitamin pada murai batu yang sering ngedrop sebanyak dua kali dalam seminggu. Serta masih banyak perawatan istimewa lainnya yang dapat dilakukan pada murai batu yang sedang ngedrop.

  • Murai Batu Overbirahi

Overbirahi sering terjadi pada murai batu yang akan dikawinkan. Ciri-ciri burung yang mengalami overbirahi seperti pada saat dimasukan ke dalam sangkar yang sama antara murai batu jantan dengan murai batu betina maka akan terjadi penyerangan bukan malah perkawinan.Baca juga Cara Memaster Murai Batu Menggunakan Hp Dan Burung

Ciri-ciri lainnya yaitu burung terlalu afresif, seringnya mematuk perlengkapan sarang seperti tempat pakan dan lain sebagainya, serta bulunya yang berdiri setiap hari.

Untuk mengatasi murai batu yang terlalu overbirahi caranya adalah dengan memberikan jangkrik secara tidak berlebihan.

Pemberian jangkrik yang baik dilakukan sesuai dengan porsi. Pada pagi hari, jumlah jangkrik yang dapat diberikan sebanyak 2 ekor. Sedangkan pada sore hari diberikan cukup 1 saja.

Selain itu, untuk mengatasi murai batu yang terlalu overbirahi caranya adalah dengan memberikan multivitamin ke dalam air minum sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dengan begitu, burung tidak akan mengalami overbirahi lagi.

Advertisement

Perawatan Murai Batu Sebelum Terjun Kontes

Sebelum kontes dilakukan, persiapkan burung murai batu terlebih dahulu sehingga pada saat kontes berlangsung, murai batu akan menampilkan penampilan yang semaksimal mungkin. Satu minggu sebelum kontes berlangsung, perawatan sebelum kontes perlu dilakukan.Pentng di baca dulu Pakan Dan Vitamin Trotoal Anakan Murai Batu

Tujuan melakukan perawatan seminggu sebelum kontes adalah supaya burung dapat menampilkan penampilan yang bagus dan tidak mengecewakan.

Di dalam perawatan satu minggu sebelum perawatan berlangsung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Apa-apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum perawatan berlangsung? Hal yang harus diperhatikan sebelum perawatan satu minggu sebelum berlangsung diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberikan nutrisi yang seimbang

Sebelum kontes berlangsung, tubuh burung murai batu harus tetap sehat. Untuk menjaga tubuh burung murai batu agar tetap sehat, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh murai batu.

Nutrisi memang sangat diperlukan tubuh murai batu. Ada banyak kasus yang menyebutkan murai batu mengalami kekurangan nutrisi. Biasanya, murai batu yang mengalami kekurangan nutrisi karena pakan yang diberikan pada murai batu tidak berkualitas. Seharusnya, murai batu harus memberikan pakan yang mengandung komposisi yang lengkap.Tulisan terkait Pakan Lolohan Anakan Murai Dan Umur Waktu Disapih Dari Induk

Tidak hanya itu saja, pakan juga harus yang sudah cocok dengan murai batu. Ingatlah, walaupun pakan tersebut berkualitas tetapi tidak disukai oleh murai batu maka akan membuat murai batu tidak nafsu makan dan akhirnya murai batu menjadi sakit karena tidak makan.

Jadi, berikan pakan yang berkualitas dan yang disukai oleh murai batu tersebut agar kebutuhan nutrisinya dapat terlengkapi dengan cara makan makanan yang berkualitas.

  • Memberikan suplemen

Untuk memenuhi kandungan nutrisi serta beberapa kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh burung caranya adalah dengan memberikan suplemen.

Suplemen yang diberikan bukanlah suplemen sembarangan. Suplemen yang dapat diberikan berupa suplemen yang memang tidak ada di dalam pakan yang diberikan.

Jika di dalam pakan yang diberikan pada burung sudah mengandung nutrisi serta kandungan lainnya maka tidak perlu lagi diberikan suplemen. Namun pada umumnya tidak ada jenis pakan yang mengandung nutrisi yang cukup.Baca juga Menentukan Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan Betina

Dengan memberikan burung suplemen yang dibutuhkannya maka tubuh burung akan selalu prima sampai pertandingan berlangsung.

Suplemen yang dapat diberikan pada murai batu seperti suplemen siap konsumsi yang mengandung mineral, vitamin, dan asam amino. Ketiga hal ini harus dipenuhi agar tubuh burung selalu prima.

Suplemen harus diberikan sesuai dengan takarannya. Jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu sedikit. Jika terlalu berlebihan maupun terlalu sedikit akan fatal akibatnya pada burung.

Salah satu jenis vitamin yang perlu diberikan seperti vitamin A. Vitamin A ini sangat berperan aktif bagi tubuh murai batu. Jika kebutuhan tubuh akan vitamin A tidak tercukupi akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun.

Inilah informasi mengenai Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor mudah-mudahan membantu dan bisa di jadikan bahan rujukan anda di rumah..Baca dulu Jenis Dan Ciri Murai Batu Di Habitat Alam Liar

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.