Cara Merawat Toet Sebelum Sesudah Kontes

Cara merawat Toet sebelum sesudah kontes – Toet merupakan burung yang masa siap latihnya tergolong lama. Bayangkan saja, setelah 5 tahun barulah toet bisa dilatih. Bukankah itu waktu yang lama?

Advertisement

Namun, hal itu mempunyai tujuan. Walaupun waktu siap latihnya lama, namun itu bertujuan supaya toet memang benar-benar siap untuk dilatih.

Hal yang paling utama ketika melatih toet adalah latihlah terlebih dahulu mental dan fisik. Kedua hal ini tidak boleh luput dari pelatihan. Setelah latihan mental dan fisik sudah selesai, barulah toet bisa dilatih suara kicauannya.Cara Merawat Toet Sebelum Sesudah Kontes

Apabila mental dan fisiknya sudah terkendali dan terlatih kicauannya pasti akan terlatih dengan sendirinya. Sekarang kunci dasarnya adalah melatih mental dan fisiknya terlebih dahulu.

Pelatihan toet sebelum kontes

Ketika toet hendak diikutkan kedalam kontes, mental, fisik, dan suaranya harus sudah matang terlebih dahulu. Setelah semuanya sudah matang, barulah toet bisa diikutkan ke dalam lomba.

Advertisement

Kematangan mental, fisik, dan suara akan menentukan mampu atau tidak toet meraih prestasi di kontes yang diikutkannya tersebut.

Masalah utama merawat burung toet

Ketika merawat  toet, pastilah ada masalah-masalah yang datang. Burung yang mudah ditangkarkan saja ada masalah apalagi burung yang tidak mudah ditangkarkan, pasti memiliki segudang masalah yang belum bisa terpecahkan.

Ada satu hal yang mungkin menjadi masalah utama toet. Masalah utama ini sering muncul  ketika toet sedang di arena kontes. Masalah utama tersebut adalah seringnya toet bersalto.

Perlu kita ketahui bahwa toet merupakan salah satu dari banyak burung yang memiliki gaya salto. Biasanya gaya salto ini akan dikeluarkan ketika toet sedang dalam emosi tingkat tinggi. Emosi tersebut biasanya timbul ketika toet didekatkan oleh burung lain yang bersifat galak seperti toet.

Ciri Khas Toet saat di kontes

Salto merupakan sudah kebiasaannya setiap hari apabila di alam liar. Mungkin sebagian orang salto itu merupakan ciri khas bagi toet.

Namun, tahukan Anda bahwa salto itu tidak baik untuk toet jika toet diikutkan ke dalam kontes? Salto merupakan hal yang tidak boleh muncul ketika toet sedang di arena kontes.

Apabila seekor burung mengeluarkan gaya saltonya, maka juri akan mengurangi nilai dari burung  tersebut.

Oleh karena itu, usahakan burung toet kita tidak mempunyai gaya salto. Apabila toet sudah terlanjur memiliki gaya toet, maka hilangkanlah gaya saltonya dengan cara merawat mental dan fisiknya dengan baik. Dengan begitu salto pada diri toet akan hilang.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Merawat Toet Sebelum Sesudah Kontes | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.