Cara Mudah Mengawinkan Indukan Burung Parkit

Cara mudah mengawinkan indukan burung parkit-selain untuk dibudidayakan,jeis burung parkit juga banyak juga orang yang membudidayakanya.untuk harga parkit sendiri,sesuai pengetahuan kami di pasaran,harga yang dipatok juga relatif mahal.berkisar 100 sampai 3 juta rupiah.akan tetapi semua tergantu dari kualitas parkit itu sendiri,semakin berkualitas,harga yang di tawarkan juga semakin mahal.

Jika ingin mendapatkan anakan yang baik, maka ketika parkit sedang masa reproduksi penangkar atau dalam proses perkawinan,kkita sebagai juragan haris terus mengamati perkembanganya. Cara Mudah Mengawinkan Indukan Burung Parkit

Advertisement

Kenapa harus demikian? Karena dengan mengamati kita bisa melihat secara langsung bagaimana calon indukan bereproduksi. Ada beberapa hal yang harus diperhatiakn sebelum colon indukan melakukan proses reproduksi:

Advertisement
  1. Kandang penangkaran harus jauh dari keramaian, karena jika kita meletakkan kandang burung di tempat yang ramai maka burung parkit akan merasa dirinya terancam.
  2. Kandang penangkaran harus ada tempat di mana parkit akan bertelur. Pembuatan tempat bertelur haruslah lebih banyak dibandingkan dengan pasangan yang ada di dalam kandang tersebut. Kenapa kandang harus dibuat lebih dari jumlah pasangan yang ada di dalam kandang? Supaya burung parkit lebih leluasa memilih tempat bertelur yang nyaman.

Sebelum burung jantan merasa masih ada ancaman dari burung parkit lain, maka parkit jantan setiap harinya akan menjaga tempat bertelurnya sampai burung jantan merasa aman. Di usia 4,5 bulan, burung parkit siap kawin. Ketika burung parkit memasuki masa kawin maka tandanya adalah burung parkit tersebut mulai ganti bulu mudannya.

Pengeraman adalah proses yang harus dilalui oleh burung parkit betina. Proses ini memakan waktu tidak terlalau lama, hanya sekitaran 16 hari saja. Supaya pengeramannya berjalan dengan baik, maka parkit betina dan jantan pun saling berbagi tugas.

Tugas burung parkit betina adalah mengerami telur-telurnya. Sedangkan tugas dari parkit jantan adalah mencari makan dan minum untuk kemudian dilolohkan kepada betina yang sedang mengerami telurnya.

Ketika indukan selesai mengeram, maka telur akan menetas. Pertumbuhan bulu pertama setelah anakan ketika berusia 10 hari. Ketika berusia 34 hari, bulu anakan akan keluar semuanya. Dalam proses membesarkan anakan parkit, tidak semuanya parkit dibesarkan oleh induknya. Anakan juga ada yang dibesarkan oleh penangkar.

Cara membesarkan anakan antara induk dan penangkar berbeda. Jika dibesarkan oleh induknya, maka pemberian pakan dilakukan dengan cara meloloh. Akan tetapi, jika dibesarkan dengan penangkar, maka pemberian pakannya dengan cara menyuntikkan makanan ke dalam mulut burung.

Ketika memberikan pakan kepada burung haruslah diperhatiakn dengan benar. Waktu pemeberian pakan dilakukan setiap 4 jam sekali. Misalnya diberiakn pada jam 07.00, 11.00, 15. 00, dan seterusnya.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Mudah Mengawinkan Indukan Burung Parkit | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.