Cara Pembesaran Jangkrik Di Kotak Triplek

Cara pembesaran jangkrik di kotak triplek – Tujuan utama dari menangkarkan jangkrik adalah untuk dijual kepada penangkar burung yang membutuhkan jangkrik.

Selain jangkrik dewasa yang bisa dijual, telur jangkrik juga bisa dijual. Namun, yang paling banyak dijual oleh peternak jangkrik adalah jangkrik dewasa.

Advertisement

Membahas mengenai jangkrik dewasa, pastilah jangkrik dewasa tersebut melalui proses-proses dari jangkrik anakan hingga akhirnya menjadi jangkrik dewasa.Cara Pembesaran Jangkrik Di Kotak Triplek

Di peternakan, pada saat telur jangkrik baru keluar dari tubuh induknya hingga jangkrik anakan baru menetas dari telurnya, selanjutnya anakan jangkrik tersebut diletakkan di kotak penetasan.

Anakan jangkrik akan masuk ke kotak penetasan hingga usianya menginjak hari ke-12 setelah anakan jangkrik baru menetas dari telurnya.

Setelah keluar dari kotak penetasan, selanjutnya anakan jangkrik bisa dimasukkan ke dalam kotak pembesaran.

Advertisement

Jenis Kotak Pembesaran jangkrik

Kotak pembesaran digunakan untuk anakan jangkrik hingga ia menjadi jangkrik dewasa. Dalam pembuatan kotak pembesaran, harus lebih luas dua kali lipat atau tiga sampai empat kali lipat dari pada kotak penetasan.

Mengapa kotak pembesaran harus lebih besar daripada kotak penetasan? Sebab, kotak pembesaran akan ditempati jangkrik hingga ia tumbuh dewasa dan siap dijual kepada pembeli yang ingin membeli jangkrik.

Sedangkan kotak penetasan hanya digunakan pada saat telur baru keluar dari tubuh induknya hingga telur menetas.

Kotak penetasan hanya ditempati oleh jangkrik anakan yang ukurannya kecil. Sedangkan kotak pembesaran ditempati oleh banyak jangkrik dan ukuran jangkrik juga sudah besar. Jadi, jika dibuat dengan ukuran yang kecil tidak bisa ditempati oleh banyak jangkrik.

Kotak pembesaran pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang kuat dan tahan lama. Dengan ukuran lebar 95 cm, panjang 190 cm, dan tinggi 40 cm, sudah bisa menampung jangkrik sebanyak 2.500 ekor jangkrik.

Untuk peternak yang mempunyai lahan yang luas, maka kotak pembesaran bisa dibuat secara memanjang.

Sedangkan untuk peternak yang tidak mempunyai lahan yang luas (lahan sempit) bisa dibuat kotak pembesaran secara meningkat atau ke atas.

Untuk kotak yang bertingkat, paling banyak 5 tingkatan. Pada bagian bawah kotak, bisa dibuat kaki penyangga.

Tujuannya adalah agar kotak pembesaran bisa berdiri. Setelah itu, bagian ke-2 hingga ke-5 tidak diberi kaki penyangga.

Akan tetapi, untuk bagian kotak pembesaran yang paling atas, diberikan penutup. Tujuannya adalah agar kotak pembesaran tertutup sempurna.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Pembesaran Jangkrik Di Kotak Triplek | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.