Cara Perawatan Anis Kembang Anakan Dewasa

Cara Perawatan Anis Kembang Anakan Dewasa – Burung anis kembang juga sama seperti burung pada umumnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari burung anis kembang adalah pelatihannya sangat mudah, rajin berkicau, mengawinkannya mudah, serta harganya yang murah. Sedangkan kelemahan dari burung anis kembang adalah burung ini sangat mudah gemuk.

Tubuh yang mudah gemuk merupakan masalah utama yang sangat sulit untuk dihindari. Jika burung terlalu banyak memakan sesuatu terutama ulat hongkong tubuhnya akan mudah gemuk. Kebanyakan para kicau mania mengeluhkan hal ini karena burung anis kembang milik mereka mudah gemuk.

Advertisement

Burung anis kembang yang sudah terlanjur gemuk pasti akan malas untuk bergerak. Pada saat dimasukkan ke dalam pertandingan nantinya burung akan mengalami kesalahan-kesalahan sehingga penampilannya dapat rusak.

Cara Perawatan Anis Kembang Anakan Dewasa

Cara Perawatan Anis Kembang Anakan Dewasa

Untuk mencegah kegemukan pada anis kembang dapat dilakukan dengan cara tidak terlalu berlebihan memberikan pakan pada burung ini. Jika perlu, berikan buah-buahan karena buah-buahan dapat mencegah kegemukan. Buah yang dapat diberikan seperti apel dan pir atau buah sejenisnya.

Selain itu, kelemahan burung anis kembang lainnya adalah kesehatan mata burung cepat terganggu. Mata burung sering mengalami bengkak yang disertai dengan keluarnya air. Jika sudah parah, mata burung anis kembang akan mengalami buta. Apa penyebab burung anis kembang yang mengalami masalah pada matanya?

Advertisement

Penyebab utama dari kesehatan mata burung anis kembang terganggu adalah karena pemberian pakan alami yang terlalu berlebihan.Baca Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pemberian pakan alami memang tidak boleh berlebihan. Selain dapat menyebabkan kegemukan ternyata juga dapat membuat kesehatan mata burung anis kembang menjadi terganggu.

Perawatan Siap Latih Anis kembang

Setelah kita membahas mengenai masalah utama pada burung anis kembang, selanjutnya kita akan membahas perawatan siap latih. Sebagai burung yang diikutsertakan ke dalam kontes, burung anis kembang memang perlu dilatih. Pelatihan burung anis kembang daat dilakukan satu tahun sebelum kontes dilakukan

Pada umur berapakah burung anis kembang dapat diikutsertakan ke dalam kontes? Burung anis kembang dapat diikutsertakan ke dalam kontes pada saat sudah berumur empat atau lima tahun. Itu artinya, pada saat umur anis kembang tiga atau empat tahun sudah bisa dilakukan pelatihan untuk kontes.

Pelatihan yang perlu diterapkan untuk mempersiapkan kontes seperti fisik dan mental. Kedua hal ini memang sangat perlu dilatih agar nantinya satu tahun kemudian burung anis kembang dapat mengikuti kontes dengan baik.Baca Cara Merawat Anis Merah Macet Bunyi Siap Latih

Melatih burung anis kembang tidak boleh terlalu dipaksakan. Memaksa burung anis kembang untuk berlatih itu sama saja membuat burung anis kembang menjadi stres. Untuk itulah sebaiknya jangan terlalu memaksakan anis kembang untuk latihan.

Hindari pemberian pakan berlebihan karena akan menyebabkan tubuh burung menjadi gemuk. Burung yang memiliki tubuh yang gemuk akan malas untuk bergerak.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Perawatan Anis Kembang Anakan Dewasa | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.