Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula – Budidaya kenari F1 memang salah satu hobi yang cukup berprospek.selain hobi,ternak kenari F1 juga bisa untuk di jadikan pemasukan utama jika kita jeli dan pandai mencari pasar.sebab harga burung kenari sampai saat ini memang tergolong mahal baik anakan,maupun kenari F1 yang sudah jadi siap kontes..

Nah,bagi anda penghobi burung kenari dan masih mengalami kesulitan untuk membudidayakannya,mungkin tulisan saya kali ini bisa untuk membantu dan membimbing anda kususnya sebagai pemula yang akan memulai usaha ternak kenari baik lokal maupun kenari F1 pemula..Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Advertisement

Bisa di katakan,jika kita sudah mengetahui teknik sertatata cara yang benar,sangat mudah untuk kita lakukan dalam budidaya ternak kenari F1 ini,yang paling penting ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai beternak burung kenari F1 yang akan saya bahas lebih mendetail di bagian bawah..

Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Pertama dan paling utama untuk memulai tenak kenari adalah dengan memilih bibit unggul untuk di jadikan indukan.ada beberapa kriteria yang harus anda perhatikan sebelum memilih  dan membeli induk kenari yang akan anda jadikan indukan..

Perhatikan Umur kenari F1.

kenari siap untuk di jadikan induk ketika sudah menginjak usia 6-7 bulan,yang mana di usia tersebut induk kenari sudah bagus dan bisa menghasilkan benih  atau sperma yang dapat di buahi.akan tetapi,kusus untuk kenari jantan yang bisa untuk di kawinkan baru bisa kita pilih atau seleksi ketika induk berumur 8-10 bulan..

Di usia 8-10 bulan,sang induk jantan sudah mampu membuahi sperma sang induk betina dengan matang dan sempurna.Nah untuk induk betina paling ideal ketika sudah menginjak usia 7 bulan ke atas.pastikan juga sang induk baik betina maupun jantan sudah melewati mabung pertama untuk di kawinkan..

Memilih bentuk ukuran induk kenari ternak F1.

Ada beberapa kriteria da patokan kusus untuk memilih induk kenari jika kita lihat dari bentuk badan.pastikan kenari memiliki bentuk tubuh provesional dan bisa di katagorikan baik jika kita gunakan sebagai sang indukan..Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Induk kenari paling bagus memiliki ciri seperti wortel,mampu tegal dengan sempurna dan mengerucut ke bawah.semua bisa kita tentukan dari awal,jika anda menginginkan anakan yang memiliki bentuk postur tubuh besar,pastikan juga induk yang di gunakan memiliki bentuk badan berpostur besar juga..

Selain itu,pilih kenari induk jantan yang memiliki suara kicauan bagus,keras,nyaring serta mengalun panjang.namun kusus untuk induk betina,pilih yang memiliki bunyi cuit panjang yang bisa di pastikan suara tersebut biasa untuk memanggil induk kenari jantan..

Membuat Kandang kenari ternak F1.

Dalam membuat kandang ternak kenari F1 tidak ada patokan kusus,semua di sesuaikan dengan lokasi dan anggaran dana anda.jika modal banyak tidak ada salahnya jika kita siapkan beberapa bentuk model kandang ternak,baik bentuk reen,postal dlsb yang nantinya juga akan berguna..

Seperti halnya untuk kandang karantina yang memiliki fungsi untuk menampung kenari yang sengaja kita datangkan dari luar ternak kita sebelum kenari tersebut kita lepas atau pindahkan ke dalam kandang perawatan..

Bentuk kandang ternak kenari lain adalah Kandang pembiakan atau breeding yang berguna untuk memelihara sang induk kenari dalam masa perjodohan atau kenari yang masih tahap berkembang biak.sangkar ini juga penting dan wajib di miliki oleh para peternak kenari F1.

Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Model kandang kenari lain adalah seperti kandang perjodohkan serta kandang pembesaran anak.kandang perjodohan sendiri memiliki fungsi untuk menjodohkan kedua induk kenari supaya cepat kawin dan selanjutnya bertelur;;

Lain lagi dengan kandang kusus untuk anak yang sengaja kita siapkan untuk memisahkan anakan,menyapih dan membesarkan anak kenari  yang telah kita pisahkan dari sang induk jika sudah masuk tahap pembesaran..

Nah,jika untuk ternak rumahan saja,tidak memerlukan banyak kandang,yang paling penting siapkan kandang perjodohkan saja yang fungsinya bisa kita dobel untuk perawatan lainnya.Hal ini kita lakukan untuk menekan biyaya pembelian dan pembuatan kandang..Baca juga Ciri Murai Batu Jambi Jantan Betina

Sarana pendukung Kandang kenari ternak f1.

Setelah kandang sudah siap,maka tahap selanjutnya dengan menyediakan kelengkapan kandang seperti wadah pakan,minum,tenggeran, dan peralatan lain yang di butuhkan seperti kotak untuk bertelur dan mengeram kenari dan bahan sarang untuk induk kenari F1.
Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Setelah peralatan lain sudah di siapkan,maka kusus untuk induk yang sudah siap kawin dan sudah berjodoh,siapkan juga bahan sarang untuk mengeram dan bertelur induk betina kenari.berikan kotakan yang telah di alasi dengan kain wool sebagai tempat bertelur induk kenari..

bahan kotak bisa terbuat dari apa saja,tripleks,batok kelapa dan papan yang bisa di sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan ..dan pastikan alas untuk bertelur terbuat dari bahan lembut dan mampu menyimpan suhu udara dengan baik.

Advertisement

Pakan kenari F1 kualitas ternak.

Selain hal di atas,pakan juga harus di perhatikan,sebab pakan juga akan menentukan kualitas ternak yang anda lakukan,baik pakan masa perjodohan,pakan masa mengeram dan jenis pakan untuk anakan kenari sesuai umur..

Banyak jenis pakan yang bisa kita berikan pada kenari,beberapa pakan tersebut juga di tentukan dari umur .beberapa makanan kenari terbaik adalah sebagai berikut.Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Pakan berupa biji-bijian.

Pakan bijian memiliki kandungan energi utama yang menyangkut pada Energi dan pencernaan burung.di alam liar,kenari f1 juga makan biji antara lain Biji canary,juwawut,biji lobak,biji bunga matahari,kacang hijau,biji sawi,kedelai,gandum,gabah dan otek bangkok..

Beberapa pakan di atas memiliki banyak manfaat atau fungsi tersendiri bagi burung kenari,salah satu manfaat pakan bijian adalah untuk energi dan meningkatkan kualitas suara kicauan dari pada kenari tersebut..selain itu,biji kenari juga bisa untuk membatu proses pencernaan kenari baik bakalan maupun kenari siap masuk kontes..

Pakan tambahan kenari.

Selain pakan utama seperti yang telah saya sebutkan di atas,burung kenari juga membutuhkan pakan tambahan lain,seperti Pakan nabati atau tumbuhan yang memiliki fungsi melengkapi kandungan gizi dari pakan utama kenari tersebut..Baca juga Ciri Murai Batu Thailand Asli

Selain itu,manfaat pakan tambahan berupa nabati atau tumbuhan memiliki fungsi sebagai sumber protein dan sumber vitamin karena banyak mengandung serat cukup bagus bagi kesehatan kenari,sesuai pakan di alam liar yang memang pakan nabati paling di sukai oleh kenari..

beberapa jenis pakan nabati adalah sayuran,Sayuran bagus untuk kenari antara lain daun selada,sawi putih,hijau,bayam,gambas serta daun gingseng.pakan ini banyak mengandung sumber vitamin dan juga bisa untuk membantu proses pencernaan kenari..Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula

Selain sayuran,burung kenari F1 juga bisa di berikan pakan berupa buah,yang mana pakan buah juga menjadi salah satu pakan tambahan di habitat liar kenari.beberapa buah bagus untuk kenari antara lain apel,anggur,tomat,pepaya setengah masak,wortel paprika dan yang terahir adalah buah pir..

Pakan berupa buah ini memiliki banyak manfaat,selain sebagai pembantu proses pencernaan kenari,juga memiliki khasiat lain seperti penambah warna bulu dan bisa memacu atau merangsang suara kenari menjadikan lebih gacor..

Pakan pelengkap Untuk kenari F1.

Pakan harian yang terahir adalah bisa di katakan pakan tambahan atau pelengkap,Sebab pakan ini juga memiliki banyak manfaat bagi burung kenari.beberapa pakan pelengkap tersebut antara lain madu,minyak ikan dan minyak gandum..

Pakan pelengkap memiliki manfaat sebagai sumber vitamin D yang bagus untuk menambah suara kicauan,merangsang kenari berbunyi,membantu pertumbuhan dan reproduksi kenari kusus nya untuk induk betina yang sudah siap kawin..

Pakan tambahan lain berupa Grif yang berupa tulang sotong atau cumi juga sangat di anjurkan sebagai pakan pelengkap kusus untuk kenari,pakan berupa grif memiliki manfaat sebagai sumber kalsium sebagai penambah proses metabolisme serta pertumbuhan burung kenari kususnya masih bakalan/muda..

Waktu memberikan pakan kenari f1.

Seperti penjelasan di atas,jika pakan utama kenari adalah berupa biji-bijian sehingga ketersediaan dalam sangkar tidak boleh sampai habis atau kekurangan.Intinya pakan jenis ini harus terus tersedia dalam wadah pakan jika terlihat habis,maka segera tambahkan..Baca juga Ciri Suara Murai Batu Malaysia Asli

pastikan juga selalu menjaga kebersihan wadah pakan dan tempat air minum kenari.hal ini juga harus selalu di perhatikan,karena kunci sukses ternak kenari f1 adalah kebersihan kandang untuk mencegah penyakit,bakteri dengan mudah datang bersarang di sekitaran kandang..

Kusus pakan tambahan berupa buah dan sayuran bisa kita berikan secara kombinasi,selang-seling setiap harinya,yang paling penting,pakan ini juga selalu di berikan,karena memiliki banyak manfaat bagi kenari yang bagus membantu proses pencernaan karena memiliki banyak kandungan serat..

Untuk menambah kebutuhan hewani dari sang kenari,selain kita berikan pakan tambahan nabati berupa sayuran dan buah,bisa juga kita berikan pakan hewani berupa kuning telur puyuh,kroto,cacing atau jenis lainnya yang mudah di dapat..

Pakan hewani juga memiliki peran penting bagi kebutuhan kenari,kususnya yang sudah menginjak dewasa atau indukan siap kawin untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan burung ,tenaga supaya tampil prima dan fress..

Tata cara pemberian bisa kita berikan secara kombinasi yang bisa juga kita berikan 2 kali dalam satu minggu.nah,kusus pakan kroto,sesuai pengalaman di lapangan memiliki manfaat untuk membangkitkan birahi kenari kususnya indukan siap kawin,..

Bisa kita berikan secukupnya saja dan pada masa induk kenari kawin,misal setiap 1-3 jam sekali degan takaran 1-2 sendok teh dan Sangat tidak di anjurkan di berikan secara berlebihan,sebab bisa membuat kegemukan pada kenari..

Demikian beberapa teknik serta cara ternak kenari f1 panduan untuk pemula,semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai tata cara ternak kenari F1 ini..artikel terkait Ciri Fisik Lovebird Lutino lengkap Dengan Gambar

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Ternak kenari Fi Panduan Pemula | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.