Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap – Burung Lovebird banyak yang mengatakan jika burung peliharaan ini masuk dalam kategori burung cinta.sesuai namanya,Lovebird yang merupakan burung pintar juga mudah untuk di ternak tanpa harus memiliki pengalaman kusus..

Cara beternak burung lovebird ini sebenarnya cukup mudah,yang paling terpenting dan utama,anda memang hobi dalam memelihara burung,hal supaya saat memelihara dan ternak burung lovebird tidak putus di tengah jalan,jadinya semua akan terbengkalai..

Advertisement

Sebelum melangkah juga untuk beternak jenis lovebird,Mungkin tak ada salahnya jika lebih mengenal dekat tentang burung jenis ini.sebab pengetahuan dalam tata cara pemeliharaan juga anda butuhkan nantinya untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan..Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

Burung lovebird memiliki ukuran kecil berkisar antara 12 sampai 18 cm saja,dan burung jenis lovebird ini asal muasalnya dari negara afrika sana.Sesuai namanya burung ini bisa di katakan burung paling setia sejagat raya terhadap sang pasangan..

Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

Untuk ternak burung jenis lovebird sebenarnya tidak terlalu sulit,hampir sama dengan burung lain,seperti murai dan kenari,yaitu sebelum melakukan ternak,kita sebagai penangkar juga wajib untuk mencari jenis indukan lovebird yang memiliki kualitas unggul..

Induk unggul juga akan menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas juga,hal ini sudah menjadi hukum alam dan memang sulit untuk di pisahkan.seperti biasanya,pemilihan inudk ini bisa menggunakan dari ciri fisik yaitu meliputi sang induk lovebird yang akan di tangkarkan dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat..

Pastikan juga induk lovebird sebagai indukan memiliki gerak lincah,mata bening bersinar dan mampu mengalami pertumbuhan dengan sempurna.Akan lebih bagus,jika membeli indukan burung lovebird,anda langsung mendatangi lokasi kusus penangkar burung ini..

Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.,seperti induk yang kurang berkualitas.nah jika kita langsung datang ke lokasi penangkar,maka kualitas indukan lovebird langsung bisa kita ketahui dengan menanya langsung pada sang peternak,lebih mengetahui asal-usul induk atau yang basa di sebut Trah..

Perlu anda ketahui,kunci sukses dalam ternak burung jenis lovebird adalah kualitas indukan yang digunakan.semakin bagus dan berkualitas induk tersebut,maka hasil akhir yang akan kita dapat tentu juga akan memuaskan sesuai keinginan..

Tata Cara menjodohkan burung lovebird.

Nah,setelah induk bagus sudah ada dapatkan,langsung saja kita ketahap selanjutnya yaitu ke bagian perkawinan atau yang bisa di sebut menjodohkan induk lovebird.Tak sesulit burung jenis lian untuk menjodohkan induk lovebird,..Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

cara yang paling sederhana yang bisa anda lakukan di rumah dengan cara,meletakan kedua induk dalam sangkar masing-masing dengan berdekatan,biarkan kedua indukan ini saling melakukan penjajakan untuk pengenalan,amati dan selalu perhatikan gerak-gerik kedua indukan saat di dekatkan tersebut..Ingat jangan di letakan dalam satu sangkar,namun sangkar yang berbeda dan kita taruh saling berdekatan..

Advertisement

Hal ini akan memakan waktu hingga satu minggu untuk kedua indukan saling mengenal dan jika kita rasa kedua indukan ada kecocokan yang di tandai kedua induk sang berdekatan,saling berkicau sahut-menyahut,sang induk jantan kelabakan ingin masuk ke kandang sang induk betina,maka bisa di katakan jika kedua induk sudah berjodoh dan saatnya untuk di satukan dalam satu kandang..

Pastikan setelah di lakukan perjodohan kedua induk akur dan tidak melakukan perkelahian,jika masih kita temui kedua indukan saling mengejar dan kadang berkelahi,maka pisahkan kembali kedua indukan,hal ini bisa menyebabkan salah satu induk mengalami kematian akibat serangan salah satu induk yang terlalu agresif.biasanya sang induk jantan..

Begitu juga sebaliknya,jika kedua induk terlihat akur,saling berdekatan dan saling gotong royong,maka berarti masa perjodohan sudah sempurna dan tak lama kemudian pasti sang induk betina akan cepat bertelur.maka dari itu,sebelum masa perjodohan kita lakukan,maka siapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang di butuhkan saat masa bertelur dan mengeram untuk induk betina nantinya..

Seperti kotak sangkar dan beberapa perlengkapan lain yang nantinya kita butuhkan.Pastikan juga induk yang kita gunakan baik sang jantan dan betina sudah cukup umur,akan lebih bagus jika kedua induk telah mencapai lebih satu tahun.di masa ini,masa reproduksi dan sel telur induk betina sudah sempurna dan matang..

Perawatan Lanjutan Untuk indukan burung Lovebird.

Perawatan lanjutan ini meliputi jenis pakan yang kita gunakan untuk kedua induk baik masa perjodohan dan sampai induk siap menetaskan anakknya.sesuai pakan alami jenis burung lovibird ini,paka yang bisa kita berikan juga cukup beragam antara lain jewawut,milet jagung serta pakan tambahan lain seperti buah-buahan yang merupakan pakan alami jenis burung love bird ini..Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap

Pastikan saat induk sudah mulai mengeram,aman dari segala ancaman,baik itu hama dan ancaman lain yang membuat sang induk tidak tenang seperti suara bising,tempat sangkar yang tidak nyaman yang bisa menjadikan sang induk naik turun sangkar.Dan hal ini bisa berdampak pada telur yang sedang di engkrami,bisa jadi telur akan gagal menetas akibat suhu dalam masa proses mengeram tidak stabil..

Masa tetas untuk telur lovebird bisa memakan waktu berkisar antara 21 sampai 23 hari,hampir sama dengan jenis telur ayam kampung.Nah setelah anakan menetas,pastikan sampai berusia 10 hari anakan tersebut biarkan saja di asuh oleh sang induk,yang kita harus sediakan adalah pakan yang berupa sayuran dan buah yang nantinya sang induk akan menyuapi anakknya sendiri hingga sang anak sudah mampu untuk mencari makanan sendiri..

Jangan lupa juga,air minum juga harus kita siapkan setiap hari dalam kondisi segar dan baru.nah setelah anakan mencapai usia satu bulan maka jika ingin di sapih atau di pisah dari sang induk,di masa ini sudah saatnya supaya sang induk bisa menghasilkan anakan kembali.cara ini akan lebih afektif jika kita terapkan kusus ternak dan jual beli burung lovebird yang mana akan lebih cepat menghasilkan anakan dengan cepat..

Mungkin hanya ini saja tulisan untuk malam ini tentang¬†Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap semoga bisa berguna dan silahkan di tunggu untuk tulisan lain seputar perawatan burung lovebird ini.sekian semoga berguna..salam…

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Cara Ternak Lovebird Kusus Pemula Lengkap | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.