Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta

Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta – Memang judul di atas kurang meyakinkan,karena saya sendiri juga kebingungan untuk menentukan judul Maka dari itu,saya buat cara ternak murai batu omset puluhan juta.Dalam tata cara ternak murai batu sendiri bisa di katakan gampang-gampang susah..

susahnya jika kita belum mengetahui teknik dan caranya,begitu juga sebaliknya,Mudahnya jika kita sudah mengetahui seluk beluk dalam tata cara ternak murai batu.Hal pertama yang harus anda siapkan adalah kandang dan induk murai batu berkualitas unggul.induk yang kita gunakan merupakan pondasi kunci sukses dalam beternak murai batu…

Advertisement

Semakin bagus dan berkualitas jenis induk yang kita gunakan,maka hasil akhir juga akan membuat anda tersenyum lebar dengan menghasilkan anakan murai batu super siap untuk kita gembleng menjadi calon induk murai batu kontes..

Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta

Sesuai penjelasan di atas,persiapan kandang sebelum memulai beternak murai batu harus di perhitungkan terlebih dahulu mulai dari bahan,modal serta lokasi.Lokasi paling tepat untuk memulai ternak murai batu adalah di tempay yang sepi,jauh dari keramaian,nyaman dan jauh dari hiruk pikuk keramaian baik suara motor,mesin dan manusia..

Baca juga: Bentuk Badan Murai Batu Super Gacor

Selain itu,lokasi paling tepat untuk ternak murai batu adalah daerah tersebut tidak ada burung berkicau lain di sekitar lokasi kandang.jika sampai hal ini terjadi,maka ternak yang anda rintis bisa di pastikan akan gagal total,apalagi jika ada burung merpati yang bisa membuat murai batu kelabakan dan yang menjadi sasaran adalah pasangan atau anakan..maka hindari hal ini..

Lokasi yang akan kita buat kandang juga harus tersinari oleh matahari langsung untuk membuat murai batu tampil sehat dan jarang terkena penyakit.pastikan juga,lokasi kandang aman dari hembusan angin langsung,maka bisa anda buatkan pelindung bisa dari tembok,papan atau lokasi kandang kita dinding untuk menghindari hembusan angin langsung masuk dalam kandang penangkaran..

Membuat desain kandang murai Batu.

Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta

image sklbirdfarm.com

Sebenarnya desain kandang untuk ternak murai batu tidak ada patokan kusus,bisa anda sesuaikan dengan lokasi yang tersedia.yang paling penting adalah lokasi kandang bisa mendapatkan sinar matahari langsung yang mana manfaatnya untuk menyuplai vitamin D yang terkandung pada sinar matahari.

Selain itu,dalam lokasi kandang juga harus menyiapkan segala kebutuhannya.Kusus untuk kandang ternak,lebih banyak bahan yang kita butuhkan,mulai dari wadah pakan minum dan tempat murai batu bertelur,mengeram serta tempat kusus untuk mandi induk dengan menyiapkan wadah kusus di dalam kandang penangkaran..

Desain kandang murai batu juga harus memiliki dua pintu yang kegunaannya sebagai pintu utama dan pintu darurat.pintu utama bisa kita gunakan untuk keluar masuk kandang peternakan supaya lebih mudah dan tidak membuat induk murai batu kelabakan yang bisa mengakibatkan stres..dan pintu darurat ksuus untuk menyiapkan segala kebutuhan lain,misal pakan dan air minum setiap harinya..

Advertisement

Bahan kandang yang di gunakan.

Untuk masalah bahan,silahkan di sesuaikan dengan modal.jika modal lebih bisa menggunakan dinding tembok yang mana lebih kuat dan tahan lama.dalam melakukan ternak murai batu sebaiknya jangan hanya coba-coba,langsung ke tahap permanen saja.kerena mencoba dan serius modal yang kita keluarkan juga hampir berimbang,baik untuk membeli pakan,kebutuhan kandang serta membeli bahan kandang yang di butuhkan..

Baca Juga: Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo

bahan kandang bisa terbuat dari kayu namun untuk dinding bisa menggunakan batu bata atau batako.cara inilah yang biasa di gunakan para peternak murai batu untuk hasil yang memuaskan.selain lebih aman baik dari aksi pencurian,juga aman dari berbagai hama,misal binatang buas dll..

 

Selain dinding,perhatikan juga lantai kandang.lantai jangan di semen,akan lebih bagus jika biarkan alami,yaitu tanah yang bisa kita campur dengan pasir.hal ini supaya kotoran murai batu mudah meresap dan terurai tanpa menimbulkan bau busuk yang mengundang berbagai jenis penyakit..

Di dalam kandang ternak,jangan lupa,berikan atau tanami pohon hidup supaya lebih kelihatan alami.selain pohon juga bisa kita berikan aksesoris lain seperti bebatuan alam,kolam kecil yang juga bisa membuat suhu di dalam kandang ternak lebih stabil dan sejuk yang mana murai batu menyukai hal ini sesuai habitat kehidupan di alam liar..

Bahan perlengkapan kandang.

Bahan perlengkapan sendiri meliputi tempat mandi untuk murai batu bisa kita tempatkan baskom atau loyang yang kita isi dengan air supaya induk murai batu bisa mandi setiap harinya tanpa ikut campur tangan manusia..Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta

Selanjutnya adalah tempat bertelur,yang mana bentuk dan model tempat bertelur bisa kita buat dengan menggunakan rangkai kayu dengan alas dan dinding triplek.kotak telur tersebut buatlah berbentuk persegi dengan ukuran 30×30 dan tinggi 30 cm yang mana ukuran ini mampu membuat induk nyaman saat bertelur dan mengeram nantinya..

Selain itu,juga di siapkan juga bahan untuk menyusun sarang,nantinya jika sang induk sudah mulai akan bertelur,biasanya akan mencari bahan sarang untuk di buatnya secara mandiri,maka bahan sarang bisa kita serak di dalam kandang peternakan.bahan bagus bisa berupa merang,daun cemara,daun pinus atau jerami padi yang halus..

Memilih calon Induk untuk ternak.

Dan yang terahir adalah memilih induk yang berkualitas unggul.jika ada lebih modal,maka sangat di sarankan dengan membeli induk murai batu yang pernah menjadi juara.hal inilah kunci sukses untuk ternak murai batu..

Baca Juga: Perawatan Murai Batu Bakalan Menuju Kontes

Yang mana induk merupakan pondasi utama kunci sukses ternak murai batu yang akan anda lakukan,jadi jangan hanya sekedar mencoba jika ingin menghasilkan anakan murai batu dengan kualitas kontes.mungkin tulisan malam ini cukup sekian tentang Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin memulai beternak murai batu..salam..

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Cara Ternak Murai Batu Omset Puluhan Juta | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.