Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo

Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo – Murai batu yang barasal dari borneo kalimantan ini memang memiliki pamor sedikit jika kita bandingkan dengan murai batu berasal dari sumatera.misal aceh,medan dan nias.Untuk masalah ciri fisik sendiri,sebenarnya tidak sulit untuk membedakan murai batu kalimantan kusus yang berasal dari borneo ini..

Di alam liar hutan kalimantan,murai batu masih sangat mudah untuk di temukan,apalagi daerah yang memang tidak sering di jamah manusia,berbeda jika kita bandingkan di pulau sumatra,Populasi murai batu sudah bisa di katakan hampir punah akibat perburuan liar..

Advertisement

Di arena kontes dan di pasaran,murai batu berasal dari kalimantan ini memang kurang banyak peminatnya,karena suara yang di keluarkan juga relatif kalah saing dengan asal murai batu dari daerah lain.selain itu,untuk harga sendiri juga tergolong murah tentunya semua di patok dengan kualitas dari pada murai tersebut..Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo

Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo

Ciri fisik yang bisa kita lihat dari murai baru borneo kalimantan ini pada bagian dada terdapat warna bulu hitam pekat dan sedikit terdapat coklat muda.Pada bagian ekor memiliki panjang berkisar antara 12-15 cm saja,dan masih kalah jauh jika kita bandingkan dengan murai batu asal sumatera yang memiliki panjang ekor berkisar 20-35 Cm..

Baca Juga: Cara Mudah Memaster Murai Batu Bakalan

Memiliki bentuk bulu lurus dan semakin ke ujung akan semakin melebar,kaku.Kusus masalah suara sendiri,murai batu berneo memiliki tipikal suara kurang keras serta tidak banyak memiliki vareasi kicauan.hal inilah peminat murai batu asal kalimantan ini kurang banyak dan tergolong memiliki harga rendah di pasaran..

Advertisement

Sangat sedikit pencinta murai batu asal kalimantan ini karena suara yang di keluarkan masih kalah merdu dengan murai batu asal daerah lain.Jika kita kurang jeli dalam membedakan jenis murai batu kalimantan dan murai batu medan,mungkin akan kesulitan dan kebingungan.sebab untuk masalah warna dan bentuk tubuh hampir sama..

perbedaan mendasar terdapat pada bentuk tubuh,murai batu kalimantan sedikit lebih ramping dan panjang dari pada murai batu medan.

Pakan Harian Untuk anakan dan bakalan Mb borneo.

Sesuai habitat alamnya.anakan murai batu borneo jika di laam liar memakan dari jenis serangga yang telah di kunyah oleh snag induk lalu di berikan pada anaknya.Nah kusus untuk anakan murai batu hasil penangkaran,pakan utama untuk anakan murai batu bisa kita berikan pakan voer halur dan bisa di kombinasikan dengan berbagai pakan lain,misal kroto dan ulat hongkong..

apabila anakan murai batu masih belum mau makan voer,cara mudah untuk melatih supaya terbiasa,sebagai contoh saja,anakan kita dapatkan dari hasil tangkapan liar,jelas jika anakan Mb tersebut tidak mau makan voer kecuali pakan seperti di habitat liarnya..Untuk tata cara pelatihan dan membiasakan anakan Mb liar memakan voer..

Baca Juga: Ciri Fisik Murai Batu Betina Calon Induk

Anda bisa mencampurkan pakan voer dengan kroto segar lalu berikan sedikit air hangat aduk hingga rata dan di atas pakan tersebut kita taburi lagi dengan kroto.lakukan pemberian pakan ini kurang lebih 7-10 hari sampai anakan murai batu benar-benar mau memakan voer..

Selain dengan kroto,bisa juga voer kita campur dengan ulat hongkong yang sebelumnya kita potong menjadi kecil-kecil supaya anakan Mb mudah untuk mencerna.berikan jenis pakan ini seperti di atas.Biasanya setelah do latih makan voer dengan pakan campuran tersebeut,hanya memerlukan beberapa minggu saja anakan urai batu sudah mau dan terbiasa makan voer sebagai pakan utamanya..

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo semoga berguna dan bisa bermanfaat..salam..jangan lupa Baca juga: Bentuk Badan Murai Batu Super Gacor

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Ciri Dan Suara kicauan Murai Batu Borneo | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.