Ciri Fisik Burung Cucak Ijo Berkualitas Ngentrok

Ciri fisik burung cucak ijo berkualitas ngentrok – Burung Cucak ijo merupakan salah satu burung yang masuk ke dalam kategori burung kontes. Cucak ijo merupakan kerabat dekat dengan cucak rawa.

Nama lain dari cucak ijo adalah Choloropsis sonnnerati. Di alam bebas, cucak ijo banyak ditemukan di hutan-hutan. Di hutan, tempat tinggalnya adalah di pohon-pohon yang rindang.

Advertisement

Ciri-ciri dari cucak ijo adalah warna bulunya yang hijau pekat, dan paruhnya yang berwarna hitam. Apakah antara cucak ijo betina dan cucak ijo jantan itu ciri-cirinya berbeda?Ciri Fisik Burung Cucak Ijo Berkualitas Ngentrok

Ya, antara cucak ijo betina dan cucak ijo jantan berbeda ciri-cirinya satu sama lain. Namun membedakan antara cucak ijo jantan dan betina itu tidak lah sulit.

Ciri Fisik Burung cucak Ijo berkualitas bagus

Kita hanya perlu melihat dari bulu pada bagian dagu. Apabila bulu di bagian dagu tersebut berwarna kuning pekat, berarti itu merupakan cucak ijo betina.

Advertisement

Sedangkan cucak ijo jantan memiliki warna hitam pada bulu bagian dagunya. Senang bukan membedakan antara cucak ijo jantan dan betina.

Di Indonesia sendiri, cucak ijo sudah menyebar dibeberapa wilayah. Diantaranya adalah wilayah Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Jambi.

Cucak ijo yang paling baik adalah yang berasal dari Jawa Timur. Cucak ijo yang berasal dari Jawa Timur memiliki postur tubuh yang sangat besar.

Menurut pendapat para penghobi burung cucak ijo, cucak ijo yang berbadan besar itulah yang memiliki kualitas yang terbaik.

Namun, cucak ijo bukanlah burung terbaik di arena kontes. Burung ini tidak mempunyai variasi suara yang banyak.

Kelebihan Kekurangan Cucak Ijo

Hal inilah yang membuat burung ini bukanlah burung yang terbaik di arena kontes. Kebanyakan para penghobi burung ini tertarik pada warna bulunya yang sangat menarik yaitu berwarna hijau tua.

Selain itu, para penghobi juga tertarik pada suaranya ynag begitu khas. Jadi, intinya burung ini mempunyai kelebihan yaitu mempunyai warna bulu yang mencolok dan mempunyai suara yang khas.

Seperti burung lainnya, burung ini juga mempunyai kebiasaan unik. Kebiasaan unik tersebut adalah burung ini paling menyukai tidur pada sore hari.

Jarang sekali ada burung cucak ijo yang tidur di malam hari. Selain itu, ketika tidur, burung ini pasti memasukkan kepalanya di dalam sayapnya ketika tidur.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Ciri Fisik Burung Cucak Ijo Berkualitas Ngentrok | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.