Ciri Fisik Cucakrawa Jantan Dan Betina Liar

Ciri fisik cucakrawa jantan dan betina liar – Burung cucakrawa untuk saat ini memang sedang naik daun,hal ini mungkin di sebabkan akibat banyaknya jenis perlombaan yang di selenggarakan di berbagai wilayah indonesia.Namun,hingga saat ini masih banyak orang kebingungan untuk membedakan jenis kelamin burung cucakrawa jantan dan betina baik bakalan,anakan dan dewasa..

Jika kita sudah mengetahui caranya,mungkin akan sangat mudah untuk membedakan jenis kelamin cucakrawa ini.begitu juga sebaliknya,jika kita masih pemula terjun di dunia burung kususnya cucakrawa,mungkin akan sedikit kesulitan..

Advertisement

Maka dari itu,di sini akan saya jelaskan dan berikan panduan lengkap tentang Ciri fisik cucakrawa jantan dan betina liar yang mungkin bisa untuk di jadikan petunjuk bagi anda yang selama ini masih kesulitan untuk menentukan kelamin burung ini..

Ada dua cara paling mudah membedakan jenis kelamin cucakrawa,yang pertama kita bisa menggunakan patokan dari jenis kelamin.Intinya kita bisa melihat dari bentuk bagian bawah dubur.dan cara lain dengan melihat ciri fisik dan tingkah laku dari pada cucakrawa ini..Ciri Fisik Cucakrawa Jantan Dan Betina Liar

Ciri Fisik Cucakrawa Jantan Dan Betina Liar

Supaya tidak banyak bual yang mungkin malah akan membuat anda malas membaca,baiklah berikut ciri fisik yang bisa di gunakan untuk melihat jenis kelamin cucakrawa ini.

Ciri Cucakrawa jantan.

  • Cucakrawa jantan memiliki bentuk badan relatif panjang dan sedikit agak ramping.
  • Bagian lain kita bisa melihat dari bulu di bagian kepala,untuk cucakrawa jantan,terdapat belahan bulu di atas kepalanya.
  • pada bagian badan terdapat guratan warna bulu umumnya hitam dan semakin mendekat ke dada,guratan tersebut semakin merapat.
  • Ciri fisik lain adalah bagian ekor yang relatif lebih panjang jika kita bandingkan dengan ekor cucakrawa betina.

Ciri Cucakrawa betina

  • Jika kita lihat,bentuk tubuh cucakrawa lebih pendek dan sedikit berisi atau gumpal.
  • Bulu di bagian atas kepalanya tidak berbelah.
  • Di bagian dada,terdapat guratan bulu,akan tetapi lebih jarang.
  • Dan bagian bulu ekor cucakrawa betina lebih pendek jika kita bandingkan dengan cucakrawa jantan.

Baca juga: Habitat dan gaya hidup anis kembang liar

Nah ciri fisik di atas bisa anda gunakan untuk di jadikan patokan dan bisa di katakan,jika cucakrawa dengan ciri tersebut sudah 90% benar.Nah jika kita sudah mengetahui ciri fisik cucakrawa jantan betina,mungkin kurang lengkap jika tidak anda ketahui cara perawatan baik cucakrawa bakalan,anakan dan dewasa..

Umur berapa cucakrawa siap terjun Kontes.

Untuk menjawab pertanyaan ada tersebut,sebenarnya tidak ada patokan pasti,akan tetapi,sesuai yang terjadi di lapangan,cucakrawa yang telah berumur 3 tahun keatas paling bagus dan sudah siap untuk kita turunkan..

Advertisement

Tentunya untuk umur 3 tahun,cucakrawa sudah mendapatkan pelatihan yang cukup matang.selain itu,jam terbang cucakrawa ini juga sudah pantas untuk segera kita lombakan.Makan dari itu kita juga wajib untuk selalu melatih burung tersebut supaya di dapatkan cucakrawa berkualitas unggul..

Baca juga: Merawat anis kembang supaya cepat berkicau

Yang terpenting anda selalu memperhatikan dari pada mental dan latihan harian yang sedang anda terapkan,jika di rasa sudah memiliki mental bagus,stabil dan cucakrawa selalu prima,tak ada salahnya untuk segera masuk lomba..

Sisi negatif Saat merawat cucakrawa

Banyak orang mengeluhkan jika burung cucakrawa sering mati secara mendadak.dan hal ini bisa mengalami anda apalagi jika masih tahap belajar.Hal ini sebenarnya bukan karena faktor penyakit,cucakrawa mati mendadak lebih sering di akibatkan oleh faktor kaget atau cucakrawa drop..

Apalagi jika cucakrawa tersebut baru saja di tangkap dari hutan atau cucakrawa liar,jika salah dalam perawatan dan penanganan,maka hal ini mungkin akan menimpa cucakrawa tersebut.Nah sebelum hal ini terjadi pada anda,kita wajib  untuk mengetahui mengapa bisa demikian??

Baca juga: Perbedaan jantan dan betina anis kembang

Burung cucakrawa tergolong burung berkicau yang sangat sulit dalam tata cara perawatan.ia terlalu sensitif terhadap hal yang di kira tidak cocok dengannya,terutama tempat,pakan dan kondisi di sekitar.apalagi kondisi cucakrawa ini sangat mudah sekali drop.hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi anda penghobi cucakrawa..

Berapa harga  cucakrawa bakalan dan dewasa

Untuk saat ini burung cucakrawa hampir Tidak kita temukan lagi di pasaran,jika ingin mencari cucakrawa,maka lebih baik ke perkampungan dengan memesan kepada orang yang memang memiliki hobi jerat burung..

Sesuai pengalaman,harga cucakrawa liar hasil tangkapan di harga berkisar 4-8 jutaan.tentunya semua dari ciri dan bentuk cucakrawa tersebut.jika anakan,mungkin masih murah dan bisa di nego,akan tetapi,jika cucakrawa dewasa dan sudah siap berbunyi mungkin bisa di atas 6 jutaan..

Baca juga: Habitat kehidupan burung cucakrawa hutan liar

Harga yang saya sebutkan di atas cucakrawa per pasang.untuk cucakrawa satuan,mungkin akan sedikit murah,yang berkisar 2-4 jutaan saja,semua di tentukan dari kualitas,umur dan jenis kelamin.Namun banyak di temukan di lapangan,jika membeli cucakrawa hasil tangkapan liar belum tentu memberikan jaminan mengenai kualitasnya..Ibarat membeli kucing dalam karung..

Nasib dan keberuntungan juga berperan jika membeli burung cucakrawa hasil jeratan hutan ini.Pas nasib bagus,mungkin cucakrawa tersebut akan menunjukan performa yang bagus dan bermental juara,begitu juga sebaliknya,jika sedang lagi apes,maka siap-siap mengelus dada..

Untuk saat ini cucakrawa yang berasal dari sumatra yang mendominan beredar di pasaran.selain dari sumatra,cucakrawa kalimantan juga banyak kita temui,umumnya untuk di indonesia sendiri,penghasil cucakrawa berkualitas dari kedua provinsi tersebut..

Baca juga: Merawat harian cucakrawa anakan dewasa

Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan tentang Ciri fisik cucakrawa jantan dan betina liar semoga bisa untuk di jadikan rujukan bagi anda yang selama ini kesulitan dalam mengenali ciri fisik jenis kelamin cucakrawa…salam..

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Ciri Fisik Cucakrawa Jantan Dan Betina Liar | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.