Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa – Membedakan jenis kelamin kenari baik betina maupun kenari jantan memang bisa di katakan tergolong sulit,apalagi jika anda sebagai pemula terjun di dunia burung kenari mungkin anda akan sangat kesulitan membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina baik anakan,bakalan dan kenari dewasa..

Nah,supaya lebuh jelas,ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk membedakan kelamin kenari jantan,cara ini bisa kita lakukan untuk anakan dan dewasa.secara fisik kasat mata,perbedaan kelamin kenari memang sulit di tebak.apalagi jika hanya menggunakan ciri khas dan kerekter,cara ini tidak bisa di katakan akurat..

Advertisement

Sesuai pengalaman pribadi,waktu itu saya pribadi juga kesulitan untuk membedakan jenis kelamin,baik kenari jantan maupun kenari betina,sulit untuk di bedakan hanya dengan kasat mata jika kita tidak menggunakan teknik kusus..Simak juga 74 Jenis Suara kenari Untuk Pikat Masteran

Burung kenari sendiri termasuk burung monomorfik yang memiliki desain tempilan luar ralatif sama,ibarat Hp,memiliki bentuk sama namun sistem operasinya berbeda,begitu juga dengan burung kenari ini,jadi kita juga harus menggunakan alat atau teknik kusus..

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

Secara kasat mata atau fisik,untuk melihat kelamin kenari bisa kita lakukan langsung dengan melihat kelamin burung atau biasa di sebut kloaka.Kusus untuk burung kenari jantan,biasanya akan di tandai dengan Vent atau alat kelamin lebih besar jika kita bandingkan dengan vent kelamin kenari betina..

Namun cara ini juga tergolong meragukan,sebab masih banyak penangkar kenari mengalami keraguan,mana vent yang jantan betinanya tidak bisa untuk di jadikan patokan hingga seratus persen..maka setelah kita melihat dari kloaka  atau ciri fisik kelamin kenari,kita juga memerlukan pembuktian lain..Baca juga Jenis Kenari Yang Paling Bagus Suara Kicauan Plong

 

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

Nah,setelah kita tentukan mana kenari jantan dan mana kenari betina,untuk selanjutnya kenari tersebut coba kita lakukan perjodohan,hal ini untuk memastikan kelamin kenari tersebut.lakukan pengamatan perilaku se-ksu-al dari kedua induk kenari.hal ini untuk lebih mengonfirmasi keakuratan yang telah kita lakukan sebelumnya..

Membedakan kenari dari jantan melalui tes DNA

Advertisement

Untuk lebih pasti supaya tidak ada keraguan,jika cara di atas masih belum menyakinkan anda untuk membedakan kelamin kenari jantan betina,cara kedua yang bisa di tempuh dengan melakukan tes DNA.Cara ini merupakan salah satu teknologi molekuler menganalisis terhadap DNA kenari..

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

Akan tetapi,cara ini juga harus memerlukan kelebihan kusus,bagi anda pemula mungkin akan mengalami kesulitan.penerapan teknologi ini biasa di lakukan untuk suatu unit peternak kenari dengan kelas besar,perusahaan dan jika kita hanya komersil,kemungkinan besar sulit dan tidak mungkin kita lakukan..Baca juga Warna Kenari F1 Bagus Membawa Hoki Keberuntungan

Membedakan Kelamin kenari dari tes pendulum.

Cara sederhana namun sudah terbukti akurat,membedakan jenis kelamin kenari jantan selanjutnya bisa kita lakukan dengan menggunakan pendulum,Memang cara ini tergolong tidak masuk akal,akan tetapi,sesuai pengamatan di lapangan,hasil cukup memuaskan dan bisa langsung di buktikan di rumah..

Cara ini bisa kita lakukan pada kenari yang telah berusia lebih dari 4 bulan.sebab  di usia ini kenari sudah masuk masa bakalan dewasa karena menyangkut tingkat hormon dalam tubuhnya..cara yang bisa kita lakukan juga tergolong mudah Bahan yang perlu di siapkan adalah logam sebagai bandul bisa menggunakan peniti atau jarum jahit..

Untuk mengikat bandul kita membutuhkan benang untuk panjang bisa di sesuaikan sendiri.ada teknik serta cara kusus untuk membedakan jenis kelamin menggunakan  teknik ini,perhatikan dan pahami supaya hasil yang anda lakukan pada kenari anda berjalan dengan sempurna..

 

Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa

  1. Pegang kenari dengan tenang dan santai.usahakan kenari jangan bergoyang
  2. Selanjutnya ulurkan benang dengan bandul tersebut tepat di depan dahi atau dubur kenari.
  3. Tahan dan pastikan tangan nada tenang,tidak goyang supaya bandul tidak goyang akibat tangan kita.
  4. Lihat hasilnya,jika logam bergerak ke kanan dan kekiri bisa di pastikan jika kenari memiliki kelamin jantan.Namun jika bandul logam tersebut berputar melingkari maka kenari memiliki kelamin betina..

Cara cukup sederhana,seperti cerita mitos,namun cara ini sangat efektif untuk membedakan jenis kenari jantan betina lebih pasti dan tergolong akurat.namun perhatikan di sekitar lokasi anda,pastikan tidak ada benda logam sejenis dan angin yang bertiup untuk melakukan tes kelamin dengan teknik pendulum ini..

Demikian sedikit ulasan Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa semoga berguna dan membantu bagi anda pemula ingin mengetahui jenis kenari jantan betina..tulisan terkait Kenari Yorkshire F1 Berikut Kelebihan Serta Perawatan

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Ciri Fisik kenari Jantan Anakan dan Dewasa | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.