Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes

Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes – Sebagai pemilik burung berkicau yang baik, hendaknya kita harus mempersiapkan burung sebelum kontes dilakukan.

Persiapan yang diperlukan sebelum kontes berlangsung adalah persiapan fisik dan mental. Persiapan fisik dan mental dilakukan jauh-jauh hari sebelum burung dikonteskan.

Advertisement

Fisik dan mental sangat berpengaruh pada saat burung sudah dikonteskan. Diharapkan burung memiliki fisik serta mental yang baik.

Jika ada yang kurang salah satu dari kedua hal tersebut maka burung sebaiknya jangan dikonteskan terlebih dahulu.Baca Pakan Sayuran Untuk Kenari Dan Manfaatnya

Selain kedua hal tersebut, ada beberapa hal lainnya yang harus dilakukan untuk persiapan sebelum kontes berlangsung. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes

Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes

Metode mengumbar burung ini baru dikenal belum lama ini. Tidak banyak orang yang tahu dengan metode yang satu ini padahal metode mengumbar burung dapat membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Akan tetapi, tidak semua jenis burung dapat melakukan metode mengumbar burung.

Hanya beberapa jenis burung berkicau saja seperti kenari, murai batu, dan kacer. Sedangkan burung lainnya tidak dapat melakukan metode ini. Di dalam menerapkan metode mengumbar burung, ternyata ada poin lainnya yang bisa dilakukan seperti latihan kebugaran fisik dan mental.Simak Merawat Murai Batu Untuk Lomba Supaya Gacor

Advertisement

Sebenarnya selain ketiga burung tersebut, burung lain pun juga dapat melakukan metode mengumbar burung. Hanya saja, tingkat keberhasilannya sangat rendah. Hanya saja, jika melakukan metode mengumbar burung pada burung lainnya tidak boleh terlalu lama.

Jika terlalu lama akan menyebabkan efek negatif seperti burung akan merasakan rasa takut yang luar biasa dan stres. Jika sudah seperti ini burung akan mogok berkicau.

Pemberian pakan pemicu suara

Pada umumnya, sebelum burung dikonteskan, pemilik burung akan memberikan pakan pemicu suara. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar burung dapat berkicau dengan baik. Tingkat pemberian pakan tidak seperti biasanya tetapi lebih banyak dari biasanya.

Walaupun diberikan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, namun pemberiannya jangan terlalu berlebihan.Baca Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol

Pemberian pakan yang terlalu berlebihan akan mengakibatkan tingkat birahinya menjadi tinggi. Namun sayangnya, kebanyakan para pemilik burung memberikan pakan pemicu suara terlalu berlebihan.

Tingkat birahi yang terlalu tinggi tidak baik untuk burung. Namun jika tingkat birahinya normal itu justru sangat baik untuk burung karena dapat mengeluarkan kicauannya dengan baik. Di dalam memberikan pakan terhadap burung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kondisi kesehatan burung, diberikan jika memang diperlukan, serta tidak memberikan pakan terlalu berlebihan.

Melakukan try out

Apa itu try out? Try out sama dengan melakukan uji coba. Hal yang akan diuji coba adalah fisik dan mental burung.

Cara melakukan try out adalah dengan membawa burung ke tempat yang jauh dari penangkaran. Selanjutnya burung dapat ditandingkan dengan burung lainnya.Simak Merawat Lovebird Buat Lomba Harian

Dengan begitu, akan ketahuan yang mana burung yang sudah siap secara mental dan fisik dan yang mana burung yang belum siap secara mental dan fisik.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Ciri Khas Burung Berkicau Siap Masuk kontes | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.