Ciri Murai Batu Over Birahi Dan Drop Ini Gejalanya

Ciri murai batu Over Birahi Dan Drop Ini Gejalanya-Juragan Burung murai batu kususnya yang baru terjun di dunia burung berkicau mungkin masih bingung Untuk mengatasi Ciri murai batu Over birahi dan drop bagaimana cara mengatasi dan apa sebenarnya penyebab nya??

Jika hak ini terjadi pada burung berkicay anda di rumah,kususnya pada burung murai batu kesayangan anda,berikut akan kami berikan Tips dan ciri murai batu over birahi dan drop ini gejalanya yang mesti anda sadarai.

Advertisement

Burung murai batu Over Birahi bisa saja di sebabkan oleh pemberian pakan yang terlalu berlebihan.kususnya pada pakan Jangkrik.selain kelebihan pakan jangkrik,Burung tersebut juga sangat jarang untuk di umbar dan di jemur.

Ciri murai batu over birahi bisa kita tandai dengan polah tingkah burung sangat agresif,bulu berantakan berdiri tegak,pada bagian kedua sayap terlihat turun dan sedikit kelihatan stres dengan di tandai burung tersebut sering mematuk pada bagian kayu sangkarnya.Ciri Murai Batu Over Birahi Dan Drop Ini Gejalanya

Jika hal yang seperti di atas terjadi pada burung murai batu anda,cara menangani secara benar adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Jika sebelumnya pemberian pakan yang berupa jangkrik 6 ekor per hari,kurangi menjadi 2-3 okor jangkrik saja per hari.
  • Pada waktu pagi hari,jemur atau gantang burung tersebut.yang lebih baik di saat masih ada embun pagi,berkisar antara jam 5 sampai 6,30 Pagi.hal ini di lakukan agar burung murai batu lebih fres dan bugar fisiknya.
  • Proses pemandian di lakukan 2-3 kali dalam sehari kusus untuk burung murai yang sedang Over birrahi.bisa pagi,siang dan sore hari.
  • Jika biasanya anda menjemur murai batu selama satu jem per hari,sebaiknya di kurangi frekuensi dan waktunya menjadi 20 menit saja.
  • Nah,untuk yang terahir,pemberian vitamin yang cukup akan menyehatkan dan memulihkan kondisi fisik badan pada burung tersebut.pemberian vitamin bisa 3 kali dalam seminggu yang bisa di campurkan padan pakan maupun pada air minumnya.

Jika hal di atas anda lakukan pada murai batu  yang sedang Over birahi,maka tak bakalan lama kondisi fisik akan segera menurun dan normal seperti sedia kala.

Kuncinya,hindari pemberian pakan berupa jangkrik secara berlebihan,pakan jangkrik bisa di ganti dengan pakan jenis lain sesuai kebiasaan murai batu anda di rumah.

Murai batu Drop.

Selain over birrahi,yang bikin pusing para juragan burung berkicau adalah ketika burung nya mental nya drop atau jatuh mental.Hal ini bisa terjadi akibat perawatan dan perlakukan sehari-hari yang kurang benar.

Hal untuk mengatasi dan mengembalikan kondisi murai batu secara Normal,langkah berikut yang bisa di tempuh.

  1. Jika di rumah anda memiliki banyak murai batu,sebaiknya di pisahkan dan murai yang drop tersebut di asingkan.jangan sampai terdengar ocehan apalagi melihat burung sejenis nya.lakukan cara ini sampai benar-benar murai batu normal kembali.
  2. Jika sebelumnya pemberian pakan berupa jangkrik 3-4 ekor perhari,berikan lebih menjadi 6-7 ekor per hari.waktu yang bagus pemberian pakan jangkrik sore hari menjelang magrib.
  3. Untuk pakan yang jenis kroto,pemberianya bisa di tingkatkan menajdi 4 kali dalam satu minggu.
  4. Proses pemandian bisa di lakukan 3 hari sekali saja.
  5. Pemberian vitamin yang cukup juga sangat di butuhkan,tingkatkan pemberian vitamin pada burung tersebut maksimal 3 kali dalam seminggu untuk burung murai batu yang ngedrop ini.

Panduan di atas adalah yang biasa kami gunakan pada burung kami sendiri,jadi jika anda masih kesulitan dalam merawat murai batu Over birahi dan Drop jatuh mental,bisa mencoba cari kami seperti di atas..semoga berguna

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Ciri Murai Batu Over Birahi Dan Drop Ini Gejalanya | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.