Faktor Penting Membuat Rumah Sarang Walet

Faktor penting membuat rumah sarang walet – Dalam membuat rumah walet, ada beberapa faktor penting yang harus terpenuhi. Jika faktor-faktor tersebut tidak dipenuhi maka rumah walet tersebut belum bisa dikatakan layak untuk ditempati walet.

Ketika membuat rumah walet, pertam-tama kita tentukan lokasi rumah walet yang strategis, setelah itu desain rumah walet.Faktor Penting Membuat Rumah Sarang Walet

Advertisement

Setelah kedua hal tersebut sudah terpenuhi hal yang selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan atau material yang dibutuhkan ketika membangun rumah walet. Semua material harus terpenuhi agar pembangunan rumah walet berjalan lancar.

Pengaturan kelembapan ruangan walet

Tahukan Anda, bahwa kelembapan di dalam ruangan walet dapat mempengaruhi baik atau buruknya sarang walet. Jika kelembapan di dalam ruangan terlalu tinggi, maka sarang akan menjadi lembek.

Sedangkan kelembapan yang stabil, maka sarang walet akan bagus dan tidak lembek.

Suhu di dalam ruangan walet

Walet paling tidak bisa berada pada suhu yang terlampau dingin. Untuk itulah, sebelum rumah walet dibuat, rancanglah terlebih dahulu bagaimana suhu di dalam ruangan walet tersebut.

Advertisement

Suhu di dalam ruangan juga perlu stabil dari waktu ke waktu. Pada suhu berapakah yang cocok untuk di dalam ruangan walet? Pada suhu 28 – 30 derajat Celcius.

Untuk membuat gedung/rumah walet agar tetap stabil perlu dilakukan beberapa hal berikut ini.

  • Pengecatan dinding

Dinding yang dicat adalah dinding luar saja. Untuk dinding dalam tidak perlu dicat. Mengapa begitu? Karena, pengecatan dapat membantu mengurangi proses penyerapan panas matahari ataupun apabila suhu di luar terlalu dingin.

Jadi, apabila dinding luar sudah dikurangi penyerapannya suhu panas atau dingin, maka di dalam ruangan rumah walet suhunya menjadi stabil.

  • Pengaturan dinding

Dinding yang baik adalah yang terbuat dari batu bata berwarna merah, bukan dari batu yang lainnya. Ketebalan dinding disuatu daerah berbeda-beda.

Daerah yang bersuhu dingin maka, dinding yang baik harus mempunyai ketebalan antara 15-16 cm. Daerah yang bersuhu dingin dengan ketebalan dinding antara 15-16 cm dapat membantu apabila suhu di luar dingin dan suhu di dalam ruangan menjadi hangat.

Sebaliknya, daerah yang bersuhu panas maka dinding yang baik adalah yang memiliki ketebalan antara 25-26 cm. Dinding yang berketebalan tersebut dapat membantu suhu di dalam ruangan menjadi sejuk.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Faktor Penting Membuat Rumah Sarang Walet | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.