Gejala Murai Batu Mencabuti Bulu Sendiri Dan Merinding

Gejala murai batu mencabuti bulu sendiri dan merinding-Kenapa burung murai batu suka mencabuti bulunya sendiri?? pertanyaan tersebut sering di lontarkan oleh banyak juragan burung yang belum mengetahui penyebab dan akibat murai batu mencabuti bulunya sendiri serta badan yang merinding kedinginan.

Tak banyak sebab murai mencabuti bulunya sendiri yang penyebab nya tak lain adalah akibat jamur dan kutu.jenis penyakit ini bisa menular pada burung lainya jika tak kita pisahkan secepat mungkin.

Advertisement

Jika hal ini terjadi pada burung peliharaan anda di rumah,mungkin bisa anda atasi penyakit tersebut dengan cara sederhana.Gejala murai batu mencabuti bulunya sendiri dan merinding gejala dan penyebabnya adalah sebagai berikut.Gejala Murai Batu Mencabuti Bulu Sendiri Dan Merinding

Penyebab.

  • Jamur.
  • Kutu.
  • Bakteri.

Gejala Pada burung.

  1. Burung murai batu mematuki bulunya hingga tercabut akibat merasakan gatal serta terasa ada binatang yang menyerangnya.
  2. Sebagian bahkan seluruh bulu badan murai batu terlihat botak akibat di patukinya.

Cara pengobatan.

Advertisement
  • Cari daun serih kira-kira satu gemgam,rebus,ambil airnya,setelah air hangat,semprotkan menggunakan sprayer pada seluruh badan burung murai batu tersebut hingga basah kuyub,dan seterusnya jemur burung tersebut hingga kering.
  • Selain menyemprot dengan daun sirih pada badan burung,kandang juga harus steril dari kutu dan jamur tersebut.untuk menyeterilkan kandangnya,bisa menyemprot menggunakan cairan Activan yang banyak di jual bebeas di toko unggas.ikuti petunjuk pemakaian dalam kemasan.
  • Pindahkan murai batu tersebut ke kendang sendiri,jauhkan dari jenis burung lainya.setelah itu,lakukan penyemprotan dengan bahan di atas,dan kandang juga di sterilkan lalu di jemur hingga kering.lakukan cara ini selama 2 hari berturut.

Selain gejala murai batu mencabuti bulunya sendiri,masalah yang sering di tanyakan para juragan burung kususnya bagi juragan pemula terjun memelihara burung berkicau adalah masalah merinding pada murai batu.

Murai batu yang mengalami merinding ,bulu tegak,awat-awutan bisa di sebabkan oleh faktor cuaca yang terlalu dingin,burung sedang mengalami stres dan bisa juga akibat ngangguan dari kuman yang menyerang burung tersebut.

Dibawah ini beberapa gejala serta cara pengobatan jika burung murai batu merasakan merinding dan badan yang selalu bergetar.

Gejala Pada Burung.

  1. Pada bulu murai batu terlihat kusam dan berdiri awut-awutan.
  2. Badan terlihat lesu,lemas serta kurang bergerak.
  3. Pakan yang mau di makan hanya berupa pakan jangkrik,tidak mau makan jenis pakan lain sebagai contoh kroto dan Voer.

Cara Pengobatan.

  • Bisa memberikan multivitamin yang berupa Tetracklor yang cara pemberianya bisa kita masukan dalam air minumnya.cara pemakaian serta dosis yang bisa kita berikan,silahkan di ikuti dalam kemasan wadah.
  • Nah,jika burung murai batu tersebut kurang nafsu makan dan minum,bisa memberikan suplemen berupa Trimezin.cara pemberian suplemen Trimezin ini sesuikan dengan ukuran mulut burung,lalu kita loloh sampai benar-benar tertelan oleh murai tersebut.Berikan dalam waktu 3 hari 2 kali dalam sehari.pagi dan sore hari.

Cara penyembuhan di atas sudah terbukti joss,sesuai pengalaman penulis.jika ingin menerapkanya pada burung anda,Monggo silahkan,ingat,ikuti dosis sesuai dalam isi kemasan wadahnya supaya tidak kelebihan dan kekurangan saat memberikan pada burung murai batu anda…semoga berguna.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Gejala Murai Batu Mencabuti Bulu Sendiri Dan Merinding | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.