Gejala Penyakit Kerap Menyerang Burung Kenari

Gejala penyakit kerap menyerang burung kenari-Semu mahkluk hidup pasti akan terserang berbagai macam penyakit.tak terkecuali burung kenari.jenis burung ini juga sangat rentan terhadap serangan berbagai jenis macam penyakit.dengan demikian,ilmu pengetahuan untuk mengobati dan melakukan perawat pada burung sakit penting kita kuasai.

Di alam liar burung kenari juga sering terserang penyakit,namun sangat jarang,sangat berbeda jauh dengan kenari yang di pelihara di dalam sangkar.ia akan lebih rentan dan mudah di serang berbagai macam penyakit faktor dan penyebab bisa melalui berbagai macam.antara lain,pakan,kebersihan kandang dan lingkungan sekitar yang jurang di jaga kebersihannya.

Advertisement

Jika kenari sampai perah bahkan mati akibat terserang penyakit,selain rugi waktu dan tenaga dalam merawat kenari tersebut,kerugian ekonomi pun juga sangat di rasakan,tahu sendiri berapa harga bekalan burung kenari apalagi jenis burung kenari yang sudah jadi,siap kontes.bukan malah untung,tapi buntung.Gejala Penyakit Kerap Menyerang Burung Kenari

Gawatnya jenis penyakit yang bisa menulari burung lainya,hal ini yang perlu untuk kita lakukan pencegahan secepatnya.agar burung anda selalu sehat,bugar dan tidak terserang berbagai jenis penyakit,perhatikan faktor kebersihan lingkungan,tempa wadah pakan dan jenis pakan yang kita berikan.

Dengan melakukan pemberian pakan secara teratur,bergizi dan sesuai kesukaan burung tersebut.yang mungkin perlu anda ketahui,burung kenari yang mengalami kelaparan,ia akan lebih cenderung stres dan liar.

Banyak faktor serta gejala yang di timbulkan serta ciri jenis penyakit yang kerap menyerang burung kenari,antara lain seperti penjelasan di bawah.

Bagian Mata.

Advertisement

Jika burung kenari mengalami gejala penyakit,bisa kita lihat dari bentuk matanya.untuk burung kenari yang kurang sehat,biasanya matanya sedikit sipit bahkan terpejam,mata burung sayu dan mengeluarkan lendir atau kotoran.

Bagian hidung.

Jika burung kenari anda sering membuka mulutnya secara terus-menerus,maka bisa di pastikan,bahkan kenari tersebut sedang mengalami sesak nafas. atau mengalami ngangguan penyakit pada pernafasanya.selain itu,pada burung kenari sering mengeluarkan lendir dan ingus yang lama kelamaan menjadi kotoran sehingga bisa menutupi lubang kenari tersebut.burung bersin-bersin.

bagian Sayap.

jika menemukan sayap burung kenari anda mengalami lemas dan lunglai,bisa satu bahkan kedua sayap tersebut.selain itu,burung akan terlihat lebih malas dan lemas,jarang bergerak dan selalu berada di bawah alas kandang susah untuk bertengger.

Bagian Bulu.

Pada umumnya bulu burung kenari sangat terkenal keindahannya.jika menemukan kenari memiliki bulu yang kumal,lesu,kusut,rontok,bisa di pastikan jika burung kenari tersebut sedang terserang penyakit atau burung sedang dalam keadaan stres.

Bagian Tulang Sendi.

Jika menemukan burung kenari mengalami atau terdapat sebuah benjolan di sekitar bagian tulang,berarti kenari tersebut sedang mengalami penyakit pembekakan.jenis penyakit ini akan membuat kenari risih,kurang nyaman,jika terdapat pada bagian kaki,burung akan susah bergerak dan sering mengangkat kaki.

Kebiasaan burung.

Jika ingin mengetahui kesehatan burung kenari,kita juga bisa melihat dari kebiasaan dari burung tersebut,bisa dari nafsu makanya,kicauanya,kelincahan,gerak dll.jika kanari mengalami kurangnya nafsu makan,ia bisa kita lihat dengan susahnya untuk mematuk pakan tersebut.

Selain itu,jika burung kenari terjangkit penyakit tertentu,kicauan juga akan menurun drastis atau malah kicauan akan berubah tidak sesuai bisanya.

Jika sang juragan burung mengerti betul kebiasaan burung nya,tentunya ia akan mengenali tingkah laku dan kebiasaan burungnya.dengan demikian,jika ada gejala penyakit yang menyerang kenari,langsung lakukan pengobatan dengan segera.

Namun lebih di sarankan jika melakukan tindakan pencegahan di banding dengan pengobatan.hal ini di harapkan,agar penyakit tidak makin membesar dan menulari jenis burung lainya..salam.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Gejala Penyakit Kerap Menyerang Burung Kenari | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.