Gejala Penyakit Mata Dan Pilek Burung Parkit

Gejala penyakit mata dan pilek burung parkit-Burung parkit,jenis penyakit yang kerap menyerang adalah jenis penyakit Mata dan pilik yang sulit serta membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkanya.Penyakit burung betet atau nama latinnya Psittacose adalah salah satu penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang burung betet.

Ada beberapa penyebab burung terserang penyakit ini. Salah satunya virus. Penyakit ini termasuk dalam penyakit yang berbahaya. Karena ketika burung terserang penyakit ini, burung tidak menampakkan tanda-tanda.

Advertisement

Satu-satunya tanda yang bisa penangkar lihat adalah kondisi tubuh burung lambat laun akan kurus. Kenapa tubuh burung bisa kurus? Karena tidak adanya nafusu makan pada burung. VirusĀ  yang memasuki tubuh burung lama kelamaan akan menyebar ke seluruh tubuh burung. Jika tidak segera diberikan obat maka burung akan mati.Gejala Penyakit Mata Dan Pilek Burung Parkit

Pengobatan burung yang terserang terserang penyakit ini adalah dengan cara memberikan obat yang khusus untuk penyakit ini. Penjemuran juga bisa meminimalisir penyakit ini.

Setiap jam 8 pagi, burung harus dijemur setiap harinya. Kenapa harus dijemur pada pagi hari, kenapa tidak pada sore hari saja? Karena sinar matahari pagi bisa menyehatkan kembali badan burung tersebut.

Berikut akan dijelaskan penyakit yang menyerang pada burung parkit:

1. Sakit mata yang diderita burung

Penyakit mata adalah hal yang tidak asing lagi bagi para peternak. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa penyakti mata yang menyerang burung parkit:

Advertisement
  • Lingkungan yang kotor

Penyebabnya dari lingkungan kotor adalah adanya asap rokok di tempat di mana burung ditangkarkan. Burung parkit tidak bisa terkena asap rokok karena asap rokok akan menimbulkan penyakit pada mata burung. Bagi burung yang sistem kekebalan tubuhnya kurang, maka penyakit mata akan mudah menyerangnya.

Sangat dibutuhkan peran penangkar untuk mengatasi masalah ini. Penangkar harus menjaga kebersihan kandang, jangan merokok di tempat di mana burung ditangkarkan, parkit harus diletakkan di tempat dimana udaranya bersih dan tidak tercemar. Hal ini dilakukan agar burung parkit terhindar dari penyakit mata.

  • Kurangnya ketajaman dalam melihat

Biasanya penyebab penyakit ini adalah adanya jamur dan adanya bakteri di mata. Kurangnya ketajaman penglihatan mata dapat berakibat buruk pada kesehatan burung parkit.

Tanda-tanda yang timbul akibat penyakit ini adalah: Tumbuhnya kerak yang tebal di mata, setiap hari mata burung berair, berubahnya warna mata pada burung yaitu berubah menjadi kemerah-merahan.

Menimalisirkan penyakit ini adalah tugas penangkar. Caranya dengan mengobati burung tersebut, dan juga dengan membersihkan tempat pakan dan minum burung parkit. Pemberian obat-obatan dan vitamin sangat penting, vitamin yang paling penting adalah vitamin A dan vitami B2.

  • Penyakit pilek

Cara mengetahui bahwa burung parkit terkena penyakit ini adalah tidak adanya nafsu makan, burung sangat lambat dalam bergerak. Penanganan harus dilakukan dengan cepat. Sebab jika tidak ditangani dengan cepat, maka penyakit ini akan menular dan berimbas pula pada burung parkit lainnya.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Gejala Penyakit Mata Dan Pilek Burung Parkit | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.