Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar

Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar – Siapa yang tidak mengenal burung cucak jenggot yang masih satu kerabat dengan burung kutilang yang memang untuk masalah kontes,burung cucak jenggot termasuk burung tersohor akibat pamor dan wibawa yang memang di miliki oleh burung jenis cucak jenggot..

Advertisement

Akan tetapi,yang paling banyak kita temukan,jika burung cucak jenggot lebih di jadikan burung sesepuh,Sesepuh yang berarti sebagai burung pemaster yang memang paling bagus dan mudah beradaptasi,kususnya bagi burung cucak Ijo yang mana kedua jenis burung ini sangat bersahabat dan mampu hidup rukun dalam satu kandang..

Banyak orang yang mengatakan,jika burung cucak jenggot hampir mirip dengan cucakrawa.Memang,jika kedua jenis spesies burung ini masih satu kerabat dan bisa di bilang masih saudara.akan tetapi,untuk masalah pamor dan wibawa,cucak jenggot masih di bawah cucakrawa..Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar

Di arena kontes,jenis burung cucak jenggot memang memiliki ciri khas tersendiri,yang biasanya jika masuk kontes adalah burung jantan.lain halnya dengan cucak jenggot,yang lebih dominan dengan jenis kelamin Betina sebab burung berkelamin betina lebih memiliki suara kicauan yang beragam dan mampu menonjolkan suara treceetan yang lebih tajam jika kita bandingkan dengan burung jantan..

Baca juga:Habitat Kehidupan Cucak Ijo Hutan Liar

Jika kita perhatian,suara kicauan cucak jenggot jantan dan cucak jenggot betina,memang suara kicauan yang di keluarkan hampir sama,dan jika menurut saya,masih bagus cucak jenggot yang jantan.Akan tetapi,kenyataanya di lapangan malah terbalik,rata-rata cucak jenggot betinalah yang sering masuk kontes,,Mengapa??

Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar

Burung cucak jenggot,Untuk di hutan indonesia memang sudah sangat susah untuk di temukan,dan hampir bisa di katakan jika burung cucak jenggot hampir punah keberadaanya..berbeda dengan burung jenis lain,misal kutilang,cucakrawa dan burung cluk-cluk yang memang masih satu saudara,gaya hidup dengan cucak jenggot berbeda..kenapa??

Advertisement

Jika burung kutilang,cucakrawa dan cluk-cluk masih bisa kita temui di daerah pinggiran hutan,akan tetapi,jika burung cucak jenggot,tidak mau menempati daerah tersebut,Habitat di alam liar,burung cucak jenggot lebih menyukai lokasi yang sejuk,lembab dan banyak semak serta terdapat sumber air yang melimpah..

Pakan utama burung cucak jenggot di alam liar merupakan dari jenis serangga,seperti kumbang,kroto,cacing,jangkrik dan jenis binatang apa saja yang di jumpai.akan tetapi,yang paling di sukainya adalah dari jenis binatang kumbang..

Baca juga: Merawat Cucak Ijo Supaya Gacor Ngentrok

Di alam liar,cucak jenggot hidup secara berpasangan,namun tidak sedikit juga kita juga menemukan burung cucak jenggot yang hidup sendirian yang biasanya lebih memiliki ciri dan karakter galak,keras namun memiliki mental dan suara bagus..

Asal Muasal Burung Cucak jenggot

Burung cucak jenggot sendiri banyak kita temui di daerah hutan yang memang memiliki dataran tinggi namun terdapat sebuah sumber mata air.Untuk daerah yang masih banyak terdapat burung cucak jenggot antara lain,jawa barat,timur dan jawa tengah..

Untuk daerah lain,ada akan tetapi,habitat dan jumlah burung mungkin tidak sebanyak daerah di jawa..Nah,untuk burung cucak jenggot yang memiliki kualtas unggul,untuk saat ini keberadaanya masih tersamar dan belum bisa kita pastikan asal burung tersebut..

Akan tetapi,jika untuk melihat ciri fisik asal muasal burung tersebut,kita bisa menggunakan patokan dari bentuk badan dan warna bulu.yaitu untuk cucak jenggot yang berasal dari pulau jawa,umumnya memiliki bentuk badan lebih besar dan kebanyakan orang memilih dari pulau jawa dari pada dari daerah lain..

Baca juga: Cara Membedakan cucak Ijo Jantan Betina

Burung cucak jenggot sangat bagus jika hanya di gunakan sebagai burung pemaster yang memang,burung ini sudah di di gariskan menjadi burung untuk melatih dan menimbulkan hasrat kicau burung jenis lain..Demikian¬†Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar semoga berguna dan bermanfaat…salam.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Habitat Dan Kehidupan Cucak Jenggot Liar | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.