Habitat Penyebaran Burung Cucakrawa

Habitat penyebaran burung cucakrawa – Di habitat aslinya burung cucakrawa sudah termasuk kategori hewan yang tinggal sedikit keberadaannya. Banyaknya perburuan liar dan penangkapan secara massal membuat burung ini semakin sedikit jumlahnya di habitat aslinya.

Sampai saat ini, beberapa oknum masih mengambil cucakrawa di habitat aslinya, yaitu hutan. Tidak adanya pencagaan yang ketat, membuat oknum tertentu semakin leluasa mengambil cucakrawa dari habitat aslinya.

Advertisement

Setiap tahun saja, beberapa oknum mengambil sedikitnya setengah dari jumlah cucakrawa yang ada di dalam hutan di mana cucakrawa tinggal.Habitat Penyebaran Burung Cucakrawa

Lama-kelamaan burung cucakrawa terancam punah. Untuk itulah, kita sebagai pecinta cucakrawa di Indonesia, jagalah keberadaan cucakrawa di alam bebas.

Jangan sampai keberadaannya sudah tidak ada lagi di habitat aslinya. Karena di habitat aslinya keberadaan cucakrawa sudah tidak sebanyak dulu, kini orang mulai menangkarkan burung cucakrawa.

Menangkarkan cucakrawa gunanya adalah supaya burung ini tidak punah dan keberadaannya masih dilestarikan. Selain itu, peminat menangkarkan cucakrawa sangat banyak. Jadi, ada sebagian orang yang menangkarkan burung cucakrawa tujuannya adalah sebagai hobi saja.

Advertisement

Burung cucakrawa juga bisa dijadikan peluang usaha. Harga jualnya yang mahal membuat sebagian penghobi cucakrawa beralih menjadi pengusaha burung cucakrawa. Tidak main-main untung dari penjualan burung cucakrawa dua kali lipat dari modal utama.

Walaupun modal usaha menangkarkan burung cucakrawa tidak sedikit, tetapi hasilnya juga tidak sedikit pula. Bahkan bisa melebihi pekerjaan tetap kita.

Kebanyakan orang menjadikan usaha penangkaran cucakrawa sebagai pekerjaan sampingan. Jadi, mereka bisa mengerjakan pekerjaan sampingannya tanpa harus meninggalkan pekerjaan utamanya.

Biasanya, burung cucakrawa yang lebih banyak dijadikan usaha adalah cucakrawa bakalan. Mengapa begitu? Karena cucakrawa bakalan lebih mudah untuk ditangkarkan.

Selain itu, burung cucakrawa bakalan juga mudah dilatih suaranya. Suara apapun yang kita mau, pasti cucakrawa akan mengikutinya.

Cucakrawa yang pernah menjuarai lomba, biasanya harga jualnya akan lebih tinggi lagi. Apalagi ditambah dengan fisiknya yang tidak ada cacat dan sangat bagus, warna bulunya yang sangat indah, dan yang paling penting suaranya yang bagus, akan membuat burung ini sangat digemari oleh orang.

Sangking digemarinya, cucakrawa yang pernah menjadi jawara harga jualnya adalah 4,5 juta. Walaupun harganya mahal, tetapi yang paling penting adalah burung cucakrawa jawara itu memiliki mutu yang tinggi.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Habitat Penyebaran Burung Cucakrawa | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.