Langkah Dan Perlengkapan Beternak Burung Murai Batu

Langkah dan perlengkapan beternak burung murai batu.Banyak penghobi murai batu yang mencoba menangkarkan jenis burung ini,namun tak sedikit orang yang mengalami kegagalan.sebab teknik serta cara yang salah dan belum memahami benar seluk beluk apa saja perlengkapan serta bagaimana cara menangkarkan burung jenis murai batu ini dengan benar.

Memang tak mudah untuk kita beternak murai batu ini,pengalaman serta keahlian dan skil juga harus di miliki sebelum memutuskan untuk melangkan budidaya burung murai batu.Hal yang paling penting untuk di perhatikan,bagaima cara mengawinkan murai batu dengan benar.karena jika kita main asal-asalan saja dalam mengawinkan murai batu ini,bukan anakan yang di dapat,namun mungkin akan membunuh salah satu indukan tersebut.

Advertisement

Maka dari itu,sebalum ada melakukan budidaya murai batu,sebaiknya di pelajari cara serta penanganan yang benar agar nantinya tercapai sesuai apa yang menjadi keinginan kita sebagai peternak.Pembahasan kali ini tentang langkah dan perlangkapan beternak burung murai batu.Berikut ulasan lengkapnya.

Kandang serta lokasinya.

Untuk melakukan ternak murai batu,kandang adalah hal pertama yang perlu anda siapkan.jika kita sudah membuat untuk budidaya murai batu,selanjutnya kita bisa membeli indukan yang akan kita budidayakan nantinya,saran saya,sebaiknya pilihlah indukan yang memiliki kualitas yang bagus,agar nantinya anakan yang di hasilkan juga memiliki kualitas sama.langkah dan perlengkapan beternak burung murai batu

Pilihlah lokasi kandang untuk budidaya murai batu yang aman,tenang serta tempat tidak bisisng baik dari suara manusia maupun suara kendaraan.dalam menentukan pilihan lokasi penempatan kandang,pilihlah tempat yang bersiah,memiliki sirkulasi udara yang cukup.

usahakan juga di tempat area kita budidaya burung murai batu tidak ada suara burung lainya yang menganggu,jika hal ini susah kita menghindarinya,pastikan murai batu tidak melihat burung tersebut saat berbunyi.yang paling pantang jauhkan dari keberadaan burung merpati,biasanya burung merpati sering membuat murai batu merasa risih dan geram yang biasa di lampiaskan kepada anak-anaknya.jadi sebaiknya hindari burung merpati di daerah tempat budidaya murai batu.

Selain nyaman,pastikan aman dari serangan pencuri,karena murai batu rawan di curi orang sebab harga yang mahal,selain itu,tempat budidaya juga harus terkena sinar matahari langsung hal ini akan membuat murai batu tetap bugar dan sehat.Tempat budidaya juga harus terhindar dari hembusan angin langsung,karena murai batu mudah sekali masuk angin.

Yang perlu penting di perhatikan,pastikan tempat budidaya murai batu aman dari suara kebisingan baik suara pabrik,orang dan kendaraan.sebaik apapun indukan yang akan kita budidayakan,jika tempat budidaya tersebut terlalu bising,anakan yang di hasilkan tidak bisa sempurna dan optimal,sebab suara yang bising menjadikan murai batu susah untuk melakukan perkawinan,sulit berjodoh,sangat agresif dan yang paling berbahaya,induk jantan menyerang induk betina bahkan anakanya hingga mati.

Membuat desain Kandang.

Nyaman,sunyi merupakan rumah idaman murai batu,maka dari itu,berikan kandang yang bersih,nyaman,sunyi dan memiliki sirkulasi udara,mampu terkena sinar matahari langsung agar burung murai batu mampu berkembang dengan sempurna.

Advertisement

Untuk membuat desain kandang murai batu budidaya,sebaiknya mendapatkan sinar matahari langsung.sinar matari mampu membuat murai batu sehat dan bugar dengan vitamin D yang terkandung pada sinar matahari.Kandang juga harus memiliki tempat untuk bertenduh.

Kandang sebaiknya terlindungi dari hembusan angin langsung,angin yang kencang akan membuat murai batu sering kagetan,sebaiknya lokasi kandang di pager dengan seng atau apa saja untuk menghalangi hembusan angin langsung.

Perlangkapan seperti tenggeran,tempat untuk bertelur,tempat untuk berjodoh serta perlangkapan lainya yang akan kami bahas di bawah.sebaiknya buatlah dua pintu pada kandang murai batu agar memudahkan kita untuk mengecek dan keluar masuk kandang agar tidak terlalu menganggu indukanya.

Dalam membuat atap kandang murai batu,sebaiknya ada yang tertutup dan ada yang terbuka,agar sinar matahari bisa masuk ke arena kandang.bagian atap yang sengaja kita buka,bisa kita tutup dengan menggunakan kawat atau kaca putih tembus pandang.

Untuk dindingnya,sebaiknya gunakan batu bata atau batako.bisa juga menggunakan kawat untuk mengecilkan modal yang kita keluarkan.untuk pentinya sendiri,usahakan terbuat dari kawat dan rangka terbuat dari besi,agar lebih tahan lama dan kuat tentunya.

Lantai kandang untuk budidaya murai batu,sebaiknya biarkan alami,tidak perlu harus kita semen atau plaster,selain lebih alami,lantai yang terbuat dari tanah juga akan menyediakan stok pakan tambahan pada murai batu tersebut.

Ukuran kandang,sesuaikan sendiri dengan indukan yang akan anda budidayakan,buatlah ukuran kandang yang tidak terlalu sempit,agar murai batu bisa leluasa berterbangan di area kandang serta tidak merasa terkekang.

Perlangkapan Kandang murai batu.

Yang pertama adalah tenggeran,berilah sebuah tenggeran dari kayu bulat seukuran jari kakinya bisa menyengkeram dan kuat.untuk tenggeranya,sebaiknya berikan lebih dari satu,melainkan buat beberapa tenggeran dengan desain yang berbeda dan tata letak yang berbeda juga.tenggeran sangat penting,selain mampu menyehatkan burung murai batu dengan melakukan terbang bebas serta tidak ada tekanan.

Dalam kandang budidaya sebaiknya juga di lengkapi dengan batu-batuan alam.selain batu alam,tambahkan juga pohon yang hidup agar suasana terlihat alami dan batu serta pohon tersebut bisa menetralkan suhu udara supaya lebih setabil dan segar.perlangkapan kandang murai batu

Tempat mandi juga perlu kita siapkan,untuk tempatmandi bisa kita letakan nampan plastik saja.dalam melakukan penampatan tempat untuk mandi murai batu ini,letakan di tempat yang lapang dan dengan mudah bisa di jangkau murai batu tersebut.

Tempat untuk bertelur.buatlan tempat bertelur seyaman mungkin.kita bisa menggunakan sebuah kotak yang berbentuk persigi bulat,untuk ukuranya,silahkan di sesuaikan sendiri,sesui selara,usahakan jangan terlalu lebar.untuk bahan yang di gunakan sebagai alas bertelur,gunakan merang atau pada kering dan bisa juga rumput kering.

Selain perlengkapan di atas,siapkan juga tempat pakan dan minumnya yang bisa terbuat dari baskom dan tempat minum bisa kita beli di toko burung .usahakan dalam penampatan tempat pakan dan minum berdekatan.hal ini untuk memudahkan murai batu agar tidak bingung mencarinya.

Baca juga: Ciri fisik murai batu Thailand-malaysia-filipina.

Demikian sedikit penjelasan langkah dan perlangkapan beternak burung murai batu,semoga bisa berguna.

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Langkah Dan Perlengkapan Beternak Burung Murai Batu | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.