Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin – Dalam hal melakukan budidaya burung kenari, yang paling utama di dalamnya ialah melakukan pemilihan indukan kenari bagus kualitas f1. Pemilihan indukan kenari ini memang sangat penting di karenakan induk kenari yang memiliki kualitas yang baik pastinya akan menghasilkan anakan kenari yang baik pula untuk nantinya.

Biasanya indukan yang di gunakan untuk di budidayakan ini ialah harus memiliki kesehatan yang memadai. Selain dari kesehatan yang baik, indukan burung kenari ini juga harus memiliki bentuk tubuh yang menarik dan unik alias tidak cacat sedikit pun.

Advertisement

Selain dari itu semua, selanjutnya yang juga harus kita perhatikan ketika memilih burung kenari untuk di jadikan sebagai indukan ialah harus memiliki umur yang cukup. Biasanya usia yang sudah di katakan boleh untuk di jadikan sebagai indukan ialah sekitar kurang lebih 6 bulan.

Dalam hal pemilihan pasangan untuk kenari indukan ini sebaiknya harus di lakukan sebaik mungkin. Usahakan dalam hal melakukan pemilihan ini harus di lakukan sesuai dengan keinginan dari burung kenari ini sendiri. Jika indukan kenari betina menyukai pasangannya, maka akan di tandai dengan tidak terjadinya perkelahian di antara kedua indukan tersebut, begitu pun sebaliknya.

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Untuk melakukan perjodohan antara indukan kenari jantan dan indukan kenari betina yaitu bisa di lakukan dengan cara memasukkan indukan jantan dan indukan betina ke dalam satu penangkaran. Tetapi di dalam penangkaran tersebut hanya tersedia dua indukan burung kenari saja, sehingga tidak mungkin terjadinya pertarungan dengan jenis kenari lainnya.Simak juga tulisan terkait ini Mengenal Jenis Burung Kenari Dan Harga Anakan Dewasa

Tetapi apabila ke dua indukan tersebut tetap saja bertarung di dalam sangkar tadi, sebaiknya kita harus segera memisahkan antara ke dua indukan tersebut. Karena jika tidak segera di pisahkan itu pastinya akan mengundang hal-hal yang tidak diinginkan, seperti halnya terjadi luka di bagian tubuh kenari.

Jika ke dua indukan kenari tersebut ternyata memiliki kecocokan, maka untuk itu kita dapat langsung memasukkan ke dua jenis indukan kenari tersebut ke dalam kandang atau penangkaran lainnya. Pemindahan ini biasanya dapat di lakukan di tempat yang lebih kecil dari tempat yang sebelumnya.

Biasanya tempat yang lebih kecil ini berguna agar proses perkawinan ke dua indukan kenari ini dapat berjalan dengan cepat. Sehingga untuk proses perkawinan tersebut tidak memakan waktu yang cukup lama, sehingga indukan kenari juga dapat menghasilkan anakan dalam waktu yang singkat pula.

Agar proses perkawinan antara indukan kenari jantan dengan indukan kenari betina tidak terganggu, maka ada baiknya jika kandang yang di gunakan untuk melakukan proses perkawinan tersebut memiliki kebersihan yang baik.Penting di baca juga Ragam Jenis Kenari Lokal Impor Unggulan Sebagai Kontes

Selain itu kenyamanan di dalam sangkar atau tempat penangkaran memang harus di terapkan, jika tidak maka proses perkawinan antar ke dua indukan kenari tersebut akan terhambat oleh hanya masalah kebersihan.

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Advertisement

Tahap menjodohkan perkawinan Induk kenari

Ketika hendak melakukan pengawinan terhadap indukan kenari jantan dengan indukan kenari betina, maka ada baiknya jika kita melakukan pengaturan terhadap perkawianan kenari ini sendiri. Proses perkawinan antara indukan kenari jantan dengan indukan kenari betina memang harus kita rencanakan dengan sebaik mungkin.

Perencanaan proses perkawinan indukan kenari ini bertujuan untuk mencegah kegagalan pada saat proses perkawinan ke dua indukan tersebut tiba. Maka dari itulah kita sebagai penangkar harus melakukan pengaturan terhadap perkawinan indukan kenari tersebut.tulisan terkait lain Melatih Kenari Sebelum Masuk kontes Supaya Berkicau Gacor

Biasanya yang harus kita persiapkan sebagai penangkar yaitu, mempersiapkan perkawinan dan juga proses perkawinan. Persiapan ini biasanya tidak hanya di lakukan satu macam saja, melainkan ada beberapa proses. Jika anda ingin mengetahui jenis persiapan apa sajakah yang akan di lakukan, anda bisa melihatnya di bawah ini :

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Persiapan indukan burung kenari Jantan betina

Untuk persiapan pasangan indukan burung kenari ini memang harus di persiapkan sebaik mungkin. Karena baik buruknya hasil dari perkawinan nantinya pasti tergantung pada persiapan indukan burung kenari tersebut.

Biasanya persiapan pasangan indukan burung kenari yang umumnya ialah melihat kondisi dari indukan tersebut. Sebaiknya kedua indukan kenari yang akan di kawinkan tersebut memiliki kesehatan yang baik.

Selain sehat, indukan kenari tersebut juga harus dalam kondisi yang tidak cacat, baik itu cacat fisik maupun cacat yang lainnya.

Persiapan lingkungan kandang penangkaran

Bukan hanya persiapan pasangan indukan burung kenari saja yang harus di persiapkan dengan sebaik mungkin. Untuk lingkungan kandang penangkaran ini juga harus di persiapkan sebelum di adakan nya proses perkawinan terhadap indukan burung kenari tersebut.simak juga Cara Paling Benar Memilih Bibit Anakan Kenari F1

Untuk kandang yang akan di gunakan tersebut, sebaiknya harus tetap dalam keadaan yang bersih dan juga tidak kotor. Sebaiknya untuk kandang penangkaran tersebut juga harus memiliki intensitas cahaya yang tidak begitu gelap dan juga tidak begitu terang agar burung kenari yang tinggal di dalam penangkaran tersebut tetap dalam keadaan yang cukup nyaman.

Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin

Proses perkawinan Induk kenari

Biasanya untuk proses perkawinan pada jenis indukan jantan burung kenari dengan indukan betina burung kenari ini dapat di lakukan di dalam tempat atau sangkar yang telah di jelaskan tadinya. Umumnya proses perkawinan tersebut akan dapat di lakukan selama satu minggu ke depan.

Selanjutnya setelah itu peneluran dapat langsung di lakukan di dalam kandang atau wadah yang berbeda dengan wadah yang sebelumnya di gunakan untuk melakukan perkawinan. Tetapi biasanya pada waktu pagi hari, sebelum proses perkawinan di lakukan, ada baiknya ke dua indukan jantan dan betina burung kenari tersebut di jemur di bawah sinar matahari pagi.

Penjemuran di waktu pagi hari ini akan menghasilkan dampak yang baik untuk burung kenari. Sehingga proses penjemuran ini harus di lakukan secara rutin.sekian Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin semoga bisa membantu dan berguna..Tulisan terkait Lain Cara Merawat Kenari Anakan Hingga Menjadi Trotoal Berkualitas

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Masalah Perjodohan Kenari Ciri Indukan Kenari Siap Kawin | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.