Memilih Indukan Murai Batu Untuk Budidaya

Memilih indukan Murai batu untuk budidaya.Dalam memilih indukan yang akan kita gunakan sebagai budidaya,sebaiknya di pilih secara teliti dan berhati-hati.sebab langkah pertama ini yang akan menentukan anakan yang akan di hasilkan nantinya.

Jika anda sebagai budidaya pemula,sebaiknya di pelajari pemilihan indukan murai batu tips trikny akan saya sampaikan di bawah agar bisa menjadi pertimbangan dan referensi anda sebelum terjun budidaya burung murai batu.

Advertisement

Dalam budidaya burung murai batu,modal serta biyaya yang akan kelurkan tergolong tidak sedikit,selain untuk membuat kandang,membeli kedua calon indukan serta perlangkapan lainya yang kita butuhkan untuk melakukan penangkaran burung murai batu ini.jika anda rasa pengetahuan serta memiliki pengalaman yang cukup kita langsung bisa terjun langsung untuk memulainya.

Untuk memilih indukan murai batu,jenis murai batu dari mana saja tidak menjadi masalah,sebagai contoh,murai batu medan,aceh,jambi,jawa dll.namun lebih baik sesuai pengalaman saya,usahakan mengawinkan dan menangkarkan indukan murai batu dari satu induk.berikut tips memilih indukan murai batu untuk budidaya baik jantan dan betinanya.

Murai batu Indukan Jantan.

Jika anda mencari indukan murai batu untuk di budidayakan,sebaiknya pilihlah induk jantan yang paling tidak memiliki kriteria seperti di bawah.memilih indukan murai batu untuk budidaya

  • Jika memiliki modal banyak,alangkah baiknya jantan murai batu budidaya carilah yang sudah pernah menjadi juara kontes,secara lisan,kualitas serta keunggulan induk murai batu tersebut telah kita ketahuai kualitasnya.
  • Pilih induk yang tidak cacat,akan lebih baik jika memilih induk yang memiliki katunggan yang berkualitas,baik dari segi bentuk,lehar,kepala,dada da kakinya.
  • Memiliki mental baja,serta suara volume yang lantang serta induk murai yang banyak memiliki jenis lagu ocehanya.Dalam hal memilih ocehan dan volemu lagu ini,nantinya juga akan berpengaruh besar bagi anakan yang akan di hasilkanya.
  • Pilih induk yang sudah memiliki umur cukup di atas dua tahun.
  • pilihlah induk jantan yang tergolong sudah patuh dan jinak,dengan artian,tidak takut dengan manusia,tidak mudah klabakan,agresif.sebaiknya belilan induk yang bukan dari alam liar,namun lebih di sarankan dari hasil penangkaran yang sudah memiliki kualitas serta terjamin keunggulanya.
  • Induk harus sehat baik secara fisik maupun secara mental,tidak ada cacat,luka.kita bisa mencari ciri induk murai batu yang sehat dengan di tandai pergerakan yang lincah,bulu lembut sempurna,aktif bergerak,tidak mengembang bulunya serta bersih dan tidak kusam.

Induk Murai Batu Betina.

Advertisement

Selain memilih indukan jantan,induk betina dalam budidaya murai batu juga berperang peting untuk kelangsungan anakan yang di hasilkan.sebab anakan yang di hasilkan nantinya,65% akan mengikuti indukanya.biasanya anakan murai batu akan cenderung lebih banyak meniru keturunan dari trah betinanya dari pada induk jantanya.berikut tips dalammemilih induk betina untuk di budidayakan.induk betina murai batu

  • Memiliki usia yang cukup,untuk indukan betina siap dan bagus untuk di kawinkan ketika telah berumur satu tahun keatas.induk yang memiliki umur 1 tahun lebih,dalam hal reproduksi sudah benar-banar siap dan mapan.
  • pilihlah indukan betian yang agak jinak,tidak galak,serta yang paling utama tidak takut terhadap manusia.
  • pilih induk betina yang sehat,tidak cacat,mental bagus,aktif dalam bergerak,bulu cantik dan tidak kusam serta tidak memiliki kecacatan pada tubuhnya.
  • Carilah indukan betina yang memiliki suara lantang dan gacor,memiliki irama lagu tinggi dan tenang.

Baca Juga: Langkah dan perlengkapan beternak burung murai batu

Yang mungkin perlu anda ketahui,induk betina mewakili 65% dari keturunanya yang meliputi Arama serta volume lagu kicauanya,suara dasarnya dan volume suara rata-rata akan lebih cenderung meniru trah dari indukan betina,maka dari itu,anda harus lebih selektif dalam memilih indukan betina agar kualitas anakan yang di hasilkan sesuai harapan kita…semoga berguna…

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Memilih Indukan Murai Batu Untuk Budidaya | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.