Mengenali Burung Kenari Terserang penyakit

Mengenali burung kenari terserang penyakit-Burung kenari termasuk salah satu burung yang tidak menampakkan penyakit yang dideritanya. Jika kita melihat dari kondisi fisiknya secara sekilas saja pasti ktia berfikir kalau burung kenari tersebut sehat-sehat saja.

Tetapi, jika kita melihat secara kasat mata sebenarnya kenari itu sedang sakit. Bagi penangkar yang baru memulai usaha menangkarkan burung kenari dituntut untuk lebih teliti lagi merawat burung kenari.

Advertisement

Biasanya, kenari yang sakit nafsu makannya berkurang. Yang awalnya kenari bisa menghabiskan makanan yang telah tersedia selama 2 hari, tetapi saat kenari sakit, makanan yang telah kita sediakan akan habis setelah 1 minggu.Mengenali Burung Kenari Terserang penyakit

Jika kenari tidak nafsu makan segeralah periksa kenari kita. Apabila terbukti kenari tersebut sakit pisahkanlah kenari yang sakit ke kandang karantina, supaya tidak menular pada kenari yang lainnya.

Advertisement

Selain dari nafsu makannya yang berkurang, gejala awal burung kenari sakit yang lainnya adalah kenari lebih banyak diamnya.

Burung kenari terkenal dengan sifatnya yang lincah dan tidak mau diam. Jika tiba-tiba burung ini diam saja maka kemungkinan besar burung kenari tersebut sakit.

Kita juga bisa memeriksa kondisi kesehatannya dengan melihat dibeberapa titik di tubuhnya. Untuk para penangkar yang sudah lama dalam hal memeriksa kondisi kesehatan kenari dengan melihat dibeberapa titik ditubuhnya ini mungkin mudah baginya.

Akan tetapi, untuk penangkar baru, mungkin memeriksa kesehatan kenari sulit baginya. Berikut ini akan dijelaskan dititik tubuh mana saja kita bisa melihat kondisi kesehatan kenari.

Dari Bulu Kenari

Bulu kenari yang sedang sakit biasanya berwarna kusam. Tidak seperti warna bulu kenari yang sehat yaitu berwarna cerah dan mengkilap.

Selain itu, kenari yang sedang sakit bulunya mudah sekali rontok. Jika kita melihat gejala tersebut segeralah periksa kenari kita.

Dari Mata Kenari

Kenari yang sehat akan terlihat dari matanya yang jernih dan berbinar. Sebaliknya, kenari yang sedang sakit terlihat dari matanya yang selalu dipejamkan.

Kenari akan membuka matanya saat ia sudah sembuh. Jika belum sembuh kenari tersebut tidak mau membuka matanya. Kenari yang sakit matanya akan berair.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Mengenali Burung Kenari Terserang penyakit | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.