Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Burung kenari

Mengobati berbagai jenis penyakit burung kenari-Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan berbagai jenis gejala penyakit yang kerap menyerang burung kenari.dalam tulisan kali ini,saya akan sedikit memberikan petunjuk cara mengobati nya.

Untuk Cara mengobati berbagai jenis penyakit burung kenari,yang akan kami bahas di bawah adalah cara yang biasa di gunakan banyak penangkar burung kenari.mungkin masih banyak yang membutuhkan tulisan ini untuk mengatasi penyakit yang sedang menyerang burung kenari anda di rumah.

Advertisement

Biar tidak banyak bicara dan mungkin anda juga malas untuk membacanya,baiklah,berikut jenis penyakit dan cara mengobati berbagai jenis penyakit burung kenari yang bisa anda terapkan pada kenari anda yang sedang mengalami sakit.Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Burung kenari

Penyakit pernafasan.

Penyebab dari penyakit jenis ngangguan pernafasan pada burung kenari adalah adanya sebuah virus CRD dan bakteri.jenis penyakit sesak pada kenari ini bisa menulari kenari lainya dengan cara kontak langsung,bisa dari keturunan,tempat pakan,minum dan kandang yang di pakai secara bergantian.

Gejala yang di timbulkan bisa kita lihat dengan kenari sering membuka paruh untuk melakukan pernafasan,kenari sering bersin,hidung kenari mengeluarkan lendir atau ingus,kenari lemas,geraknanya yang kurang tenaga.

Cara mengobati Jenis penyakit ini adalah dengan cara pindahkan burung ke kandang isolasi agar tidak menulari burung yang sehat.kusus pakannya,sebaiknya berikan yang bersih serta air minum menggunakan air matang yang kita rebus terlebih dahulu.selain itu,berikan supleman yang banyak di jual di pasaran untuk mengobati penyakit jenis pernafasan ini.

penyakit Berak Kapur.

Jenis penyakit gerak kapur pada kenari juga tergolong penyakit yang menular.penyakit berak kapur ini di sebabkan oleh adanya sebuah virus dan bakteri pullorum.

Gejala yang di timbukan oleh burung bisa kita lihat dengan adanya,kotoran burung cair,memiliki warna puttih,sulit untuk membuang kotoranya,di bagian anus sering mengeluarkan lendir atau ingus berwarna putih,bulu kenari kusut,kedua sayap lunglai lemas,nafsu makan menurun drastis.

Advertisement

Cara mengobati dan penagganan secara benar,burung kita isolasi di kandang kusus,berikan zat antibiotik setiap hari,sebaiknya sangkar dan wadah pakan minum di cuci menggunakan bahan antiseptik yang berupa dektan,berikan pakan yang selalu segar,air minum matang yang kita rebus dahulu.

Penyakit Bubul.

Penyebab penyakit bubul pada burung kenari di akibatkan oleh adanya sebuah bakteri yang biasa menyerang bagian telapak kaki burung.penyakit ini juga tergolong menular dan bisa merembet ke bagian tubuh lain.

Gejala yang di timbulkan jika kenari terserang bubul,kaki yang membengkak,bagian jari kusus kuku panjang,pada sisik kaki kenari renggang dan agak membengkak.

Cara mengatasi dan pengobatan isolasi burung tersebut,jaga kebersihan kandang,yang paling penting tempat tenggeranya,berikan berupa obat merah,beli obat di apotik kusus untuk penyakit bubul untuk burung berkicau.

Penyakit Cacingan.

Jenis penyakit cacingan pada kenari umumnya menyerang pada bagian dalam pencernaan.penyebab bisa dari berbagai jenis cacing.yaiti cacing tambang,pita,hati.

gejala yang di timbulkan pada burung bisa kita lihat dengan adanya,kusus untuk nafsu makanya menurun drastis,burung terlihat lemas,warna bulu kusus dan awut-awutan,kotoran kenari cair.

Cara mengatasi dengan melakukan pembersihan pada bagian kandang,wadah pakan,tempat minum serta kayu tenggeranya.bisa juga dengan di berikan obat cacing yang bisa di beli di toko unggas.

Kutu.

Penyakit kutu sering menyerang burung kenari betina saat mengeram.bahaya kutu bagi kenari adalah bisa menganggu suara kicauanya yang kurang bagus dan lepas akibat adanya ngangguan binatang kecil yang gatal.

Gejala yang di timbulkan pada burung,kenari terlihat gelisah,sering mematuk-matuk bulu,bulu rontok dan kusut,suara kicauan kenari lemah dan berubah.

Cara mengatasi hal ini dengan cara memindahkan burung ke kandang kusus,mandikan burung lebih bersih dan sering,lalu jemur agak sedikit lama dari biasanya,bisa juga membeli antibiotik kusus kutu yang bisa kita aplikasikan dengan campuran air untuk mandi nya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan perihal mengobati berbagai jenis penyakit burung kenari.semoga berguna dan anda yang selama ini kesulitan dalam mengatasi masalah di atas,bisa segara terobatti..salam..

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Burung kenari | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.