Mengobati Jenis Penyakit Amandel Perkutut

Mengobati jenis penyakit amandel perkutut-Mengobati penyakit merupakan langkah yang kita ambil ketika perkutut sudah terkena penyakit. Ada berbagai penyakit yang menyerang perkutut. Semua penyakit tersebut pasti ada obat.

Mengobati Jenis Penyakit Amandel Perkutut

foto by burungkicau.net

Tapi cara mengobatinya bukanlah hal yang mudah. Butuh kesabaran yang ekstra menunggu perkutut kita sampai sembuh betul dari penyakit yang menyerangnya.

Advertisement

Penyakit Infeksi Amandel

Penyakit infeksi amandel banyak menyerang pada perkutut dewasa. Penyakit amandel bisa terjadi karena kebiasaan makan burung yang kurang baik. Kebiasaan makan yang kurang baik itu misalnya makanan yang ada di sangkar perkutut sudah kotor. Penyebab lainnya adalah kebiasaan perkutut yang meminum air yang kotor.

Penyebab yang paling utama munculnya amandel adalah kurangnya kesadaran kita untuk memeriksakan perkutut ke dokter hewan untuk memastikan kondisi perkutut tetap sehat.

Penyakit amandel mempunyai tanda-tanda ketika perkutut mengalami amandel. Tanda-tanda amandel seperti timbulnya benjolan besar dilehernya. Benjolan ini terjadi karena infeksi yang dialami oleh perkutut.

Advertisement

Apakah amandel bisa berbahaya? Amandel juga bisa membahayakan bagi perkutut. Kalau sampai amandel perkutut menjadi membesar maka yang terjadi adalah perkutut tidak bisa bersuara. Hal ini disebabkan karena membesarnya amandel perkutut.

Cara Mengobati Amandel

Cara mengobati amandel adalah dengan memberikan multivitamin yang dikhususkan untuk mengobati amandel saja. Berikan mutivitamin setiap hari supaya perkutut cepat sembuh. Multivitamin ini dapat dibeli di toko penjual peralatan burung ataupun pasar burung.

Cara Pencegehan Amandel

Sebenarnya cara pencegahan amandel itu sangat mudah, yaitu dengan memeriksakan saja perkutut kita ke dokter hewan. Periksakan perkutut kita seminggu sekali.

Kalaupun kita tidak punya waktu untuk memeriksa perkutut seminggu sekali, kita bisa memeriksakannya  dua minggu sekali. Periksakanlah secara rutin supaya perkutut tidak terserang penyakit amandel ini.

Kalaupun kita sudah memeriksakan perkutut tetapi ia tetap saja terserang penyakit amandel, segera berikan pertolongan pertama agar penyakit amandel yang diderita oleh perkutut tidak membahayakan nyawanya,

Jika perkutut sudah terlanjur terkena penyakit amandel ini langsung bawa ke dokter hewan untuk diperiksa secara lebih intensif. Setelah itu rawatlah perkutut secara intensif supaya penyakit amandel ini segera sembuh dari perkutut.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Mengobati Jenis Penyakit Amandel Perkutut | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.