Mengobati Penyakit Perkutut Serak Sakit Tenggorokan

Mengobati penyakit perkutut serak sakit tenggorokan-Ada berbagai macam penyakit yang bisa saja menghampiri perkutut. Salah satu penyakit itu adalah penggumpalan lendir. Penyakit ini menyerang bagian tenggorokan perkutut. Bagi perkutut yang terserang penyakit ini, perkutut akan sulit mengeluarkan suara.

Akibat yang paling parah yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah perkutut akan mengalami sesak nafas.

Advertisement

Bagaimana bisa penyakit ini dapat berakibat fatal bagi perkutut? Karena penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan penggumpalan lendir yang terjadi di tenggorokan perkutut. Penyakit ini harus dicegah oleh kita sedini mungkin. Karena jika tidak perkutut akan sulit untuk bersuara dan sesak nafas.

Mengobati Penyakit Perkutut Serak Sakit Tenggorokan

Foto by www.harafimulki.com

Apabila perkutut terserang penyakit ini ia akan menunjukkan ciri bahwa ia terserang penyakit ini. Ciri-ciri yang menunjuk kan bahwa perkutut terserang penyakit ini seperti adanya gumpalan lendir di dalam tenggorokan nya, perkutut akan sulit dalam bernafas, dan ciri yang lainnya.

Apabila kita mendapatkan perkutut dengan ciri-ciri yang mengarah kepada penyakit ini segeralah obatti sebelum terlambat.

Advertisement

Penyebab penyakit ini adalah perkutut yang sering stres akibat sangkar yang kurang bersih. Jika kita mendapatkan perkutut sudahterserang penyakit ini lakukanlah pertolongan pertama yang bisa kita buat.

Cara Pengobatan

Apabila perkutut tersebut baru saja terserang penyakit ini, maka lakukanlah pertolongan pertama seperti langsung saja membasuh hidung perkutut menggunakan air hangat. Air hangat berguna untuk membasuh hidung biar lebih bersih. Penggunaan air biasa tidak akan membersihkan secara maksimal hidung perkutut.

Setelah membasuh hidung perkutut menggunakan air hangat, langkah selanjutnya yang harus kita ambil adalah memberikan multivitamin supaya perkutut cepat sembuh.

Apabila perkutut tidak mau meminum vitamin secara langsung maka boleh saja kita meletakkan vitamin di dalam air minium ataupun makanan ia.

Dengan demikian secara tidak langsung perkutut sudah memakan atau meminum vitamin. Jika penyakit ini sudah parah maka bawalah perkutut ke dokter hewan agar ditangani lebih intensif.

Cara Pencegahan

Cara pencegahan datangnya penyakit ini sebenarnya tidaklah sulit. Hanya dengan membersihkan sangkar perkutut setiap harinya sudah bisa mencegah datangnya penyakit ini.

Selain membersihkan sangkar, perhatikan juga lingkungan sekitar sangkar perkutut. Karena perkutut akan stres jika melihat lingkungan sekitarnya kotor.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Mengobati Penyakit Perkutut Serak Sakit Tenggorokan | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.