Pakan Alami Burung Gelatik Hutan Dan Budidaya

Pakan alami burung gelatik hutan dan Budidaya-pakan alami burung gelatik adalah berupa biji,baik kehidupan burung tersebut di hutan maupun burung gelatik yang kita budidayakan,akan lebih bagus jika kita berikan pakan berupa biji yang sesuai pakan habitat aslinya…

Makanan pokok burung gelatik jawa adalah biji-bijian. Di alam liar burung gelatik jawa makanan pokoknya juga biji-bijian. Makanan pokok buurng gelatik jawa mudah dicari, karena makanan pokoknya tersebut adalah biji padi.

Advertisement

Kebutuhan makanan pokok harus terpenuhi. Kalau pun makanan pokok burung tidak ada, gantilah dengan makanan pengganti lainnya yang burung sukai.

Selain biji padi, makanan pokok lainnya adalah beras merah. Kedua pakan tersebut mudah didapatkan. Jika pemelihara burung tidak dapat menemukan makanan tersebut di alam bebas, maka pemelihara burung bisa datang ke pasar burung untuk membeli pakan tersebut.Pakan Alami Burung Gelatik Hutan Dan Budidaya

Harga pakan tersebut tidaklah mahal. Di bawah ini akan dijelaskan makanan pokok burung gelatik jawa di penangkaran dan juga di alam bebas.

Pakan Burung Gelatik Jawa Di Penangkaran

Advertisement

Di penangkaran, makanan pokok burung gelatik jawa ini sama dengan di alam bebas yaitu biji-bijian. Pemberian pakan pada burung ini dilakukan sehari 2 kali, yaitu pada pagi hari sehabis penjemuran dan pada sore hari.

Setiap harinya pakan harus di berikan, terutama pakan pokok. Apabila pakan pokok tidak terpenuhi, maka burung gelatik jawa akan sakit. Kenapa burung gelatik jawa dapat sakit ketika kekurangan makanan pokok?

Karena, makanan pokok burung gelatik jawa memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga apabila burung tersebut kebutuhan makanan pokoknya tidak terpenuhi, maka burung akna sakit.

Cara pemberian pakan adalah pakan diberikan pada tempat pakan burung dan diletakkan di sangkar yang sudah ada tempat pakannya.

Apabila pakan tersebut sehari tidak habis, maka gantilah makan tersebut. Kenapa harus diganti? Supaya kuman bakteri yang berada di temapt pakan tersebut selama satu hari hilang. Dengan penggantian pakan setiap harinya, maka burung akan terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Pakan Burung Gelatik Jawa Di Alam

Burung gelatik suka hidup berkoloni. Jika salah satu burung tersebut mendapatkan makanan, maka makanan tersebut dimakan oleh satu koloni. Tempat asli burung gelatik jawa adalah di hutan. Akan tetapi, burung ini lebih sering ditemukan di sawah-sawah yang ada padinya.

Kenapa burung gelatik jawa lebih sering ditemukan di sawah-sawah daripada di hutan? Karena, saat di persawahan burung ini mendapatkan banyak makanan. Sedangkan jika burung ini berada di hutan, maka burung ini akan diburu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Pakan Alami Burung Gelatik Hutan Dan Budidaya | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.