Pakan Kusus Burung Merpati Hias

Pakan kusus burung merpati hias – Makanan burung hias sama seperti burung pada umumnya. Tidak ada yang berbeda dalam hal memberikan makanan burung hias dengan burung pada umumnya.

Pakan burung merpati hias adalah jenis biji-bijian. Biji-bijian apapun bsia diberikan kepada merpati hias. Yang terpenting adalah merpati hias mau memakan biji-bijian tersebut.

Advertisement

Tidak perlu memberikan pakan yang bergizi tinggi kepada burung merpati hias. Sebab, burung merpati hias bukanlah burung yang dipertandingkan.Pakan Kusus Burung Merpati Hias

Berbeda dengan urung merpati pos. Merpati pos memerlukan pakan yang berkualitas tinggi. Gunanya adalah untuk membuat burung merpati pos mampu terbang dengan cepat tanpa ada kendala apapun. Berbeda halnya dengan burung merpati hais yang hanya digunakan untuk menghiasi rumah saja.

Advertisement

Burung merpati hias akan melewati satu fase dimana burung lainnya juga akan melewatinya. Fase tersebut adalah fase ganti bulu.

Pada saat ganti bulu burung merpati hias keadaan tubuhnya akan melemah. Burung merpati hias juga akan diam saja. Berbeda dengan burung pada umumnya yang selalu lincah bergerak kesana kemari.

Sebagai seorang penangkar yang baik, kita tentunya harus tau saat burung merpati sedang ganti bulu. Sebenarnya fase ganti bulu ini tidak berpengaruh pada burung jika ditangani dengan cepat.

Akan tetapi, jika tidak ditangani dengan cepat maka bisa saja fase ganti bulu akan membaut petaka bagi si burung tersebut.

Burung yang sedang mengalami ganti bulu memerlukan makanan bergizi. Makanan yang bergizi itu sendiri berfungsi untuk memulihkan kembali bulu yang telah rontok.

Dengan diberikakn makanan yang bergizi juga akan membantu memulihkan keadaan fisik si burung itu sendiri. Selain diberikan makanan yang bergizi, pemberian multivitamin perlu dilakukan.

Apa tujuan pemberian multivitamin? Tujuan pemberian multivitamin adalah supaya bulu yang tumbuh akan mengeluarkan bulu yang lebih indah daripada bulu yang telah rontok.

Dengan begitu, burung merpati hias makin diminati oleh masyarakat karena bulunya yang indah. Jika sudah begitu, harga jualnyapun akan semakin mahal.  Multivitamin bisa dibeli di pasar burung ataupun di toko peralatan burung terdekat. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Pakan Kusus Burung Merpati Hias | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.