Pakan Kusus Burung Merpati Induk Betina

Pakan kusus burung merpati induk betina – Pakan antara burung duda dan burung betina tidaklah sama. Walaupun antara burung duda dan burung betina mempunyai naluri, namun bukan berarti makanan antara burung duda dan burung betina itu sama.

Apa-apa saja makanan yang boleh diberikan oleh burung duda dan burung betina? Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.Pakan Kusus Burung Merpati Induk Betina

Advertisement

Pemberian pakan pada burung duda betina

Burung duda sendiri merupakan burung yang digunakan untuk dipertandingkan. Jadi, burung duda memerlukan nutrisi agar kebutuhan akan gizi yang kurang dapat terpenuhi.

Salah satunya adalah dengan cara memberikan burung duda pakan yang berkualitas. Pakan yang berkualitas akan membuat burung duda menjadi burung yang berkualitas pula.

Pakan yang diberikan kepada burung duda terbagi menjadi dua yaitu pakan pokok dan pakan tambahan. Kedua pakan tersebut tidak sama fungsinya.

Advertisement

Makanan pokok fungsinya adalah untuk memenuhi segala gizi yang ada di tubuh burung duda. Sedangkan makanan tambahan fugnsinya adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang belum terlengkapi.

Contoh makanan pokok untuk burung duda adalah seperti biji-bijian. Biji-bijian yang dipilihpun bukan biji-bijian yang sembarangan. Setiap harinya burung duda harus diberikan.

Dalam pemberian pakan, jangan terlalu penuh dan jangan terlalu sedikit. Jika terlalu penuh maka burung duda akan menjadi gemuk. Selain menjadi gemuk, pakan yang berlebihan akan dibuang-buang oleh burung duda.

Jadi, pemberian pakan yang terlalu sedikit dan yang terlalu banyak tidak bagus untuk burung duda itu sendiri dan bagi penangkar.

Selain makanan pokok, burung duda juga bisa diberikan makanan tambahan jika perlu. Pakan tamabahan ini biasanya diberikan pada saat-saat tertentu saja. Seperti contohnya saat burung sedang ganti bulu atau sebagainya.

Pemberian pakan untuk burung induk betina

Siapa bilang burung betina tidak berguna untuk burung duda? Burung betina keberadaannya sangat ditunggu-tunggu oleh burung duda.

Karena keberadaannya sangat berarti untuk burung duda, untuk itu kita harus menjaganya supaya tidak sakit. Apalagi saat burung duda selesai bertanding, burung merpati tidak boleh sakit.

Untuk menghindari hal itu, kita sebagai penangkar yang baik harus memberikan pakan yang berkualitas. Sama halnya dengan burung duda, burung betina jgua gdiberi pakan biji-bijian.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Pakan Kusus Burung Merpati Induk Betina | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.