Panduan Lengkap Cara Menyilangkan Kenari

Panduan lengkap cara menyilangkan kenari-Tujuan utama dari persilangan burung kenari adalah agar memperbanyak jenis kenari yang ada di Indonesia maupun di dunia. Sudah banyak sekali yang mencoba mengawin silangkan burung kenari. Hasilnya pun juga memuaskan.

Keragaman jenis kenari semakin lama semakin bertambah. Ada sebagian penangkar yang mengawinsilangkan kenari lokal dengan kenari impor dan ada pula yang mengawinsilangkan kenari impor dengan kenari lokal.Panduan Lengkap Cara Menyilangkan Kenari

Advertisement

Mudahnya mengawinsilangkan kenari menjadi bertambahnya minat penangkar yang ingin mengawinsilangkan kenari. Cara mengawin silangkan kenari impor dengan kenari itu sama halnya dengan mengawinkan kenari pada umumnya.

Yang paling terpenting adalah antara kedua kenari harus saling berjodoh. Jika kedua kenari tersebut tidak berjodoh maka yang terjadi sangatlah fatal.

Yang terjadi jika kenari tidak berjodoh adalah kedua kenari tersebut akan berkelahi di dalam sangkar penjodohan. Jika kedua burung tersebut sudah berkelahi maka pasti salah satu dari burung tersebut ada yang mati.

Advertisement

Yang berpotensi mati ketika perkawinan tidak berjalan dengan lancar adalah kenari betina. Sedangkan kasus kematian saat perkawinan tidak berjalan lancar pada kenari jantan itu sedikit. Mengapa begitu? Karena yang lebih banyak menyerang adalah kenari jantan.

Untuk menghindari rsiko kematian pada salah satu burung kenari maka kita sebagai penangkar haruslah memantau kedua burung tersebut. Jika kedua burung tersebut berjodoh, maka boleh dikawinsilangkan.

Akan tetapi, jika kedua burung tersebut tidak berjodoh sebainya langsung dipisahkan. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan berat pada si betina.

Karena harga kenari impor itu tidaklah murah maka disarankan jangan sampai ada yang gagal dalam pengawinsilangan ini. Jika gagal maka kerugian yang akan kita tanggung itu sangatlah besar.

Anakan yang dihasilkan dari pengawinsilangan sangat-sangat berkualitas unggul. Bahkan lebih baik daripada anakan kenari lokal yang sudah pernah menjuarai kontes burung berkicau.

Kualitas yang sangat unggul dibandingkan dengan kenari lokal juga menjadi alasan banyak penangkar mengapa mengawinsilangkan kenari lokal dengan kenari impor.

Biasanya yang mengawinsilangkan antara kenari impor dengan kenari lokal adalah penangkar yang sudah berpengalaman.

Untuk penangkar yang belum berpengalaman disarankan jangan dulu mengawinsilangkan kenari impor dengan kenari lokal.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Panduan Lengkap Cara Menyilangkan Kenari | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.