Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan

Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan – Pemberian pakan pada anakan murai batu harus dilakukan. Walaupun masih anakan, justru disinilah kita harus memberikan pakan untuk membentuk tubuh murai batu yang bagus. Tidak hanya pemberian pakan saja, tetapi perawatan lainnya juga perlu dilakukan.

Pemberian pakan dapat dilakukan satu minggu setelah anakan menetas. Biasanya setelah telur menetas dan menjadi anakan murai batu, indukan murai batu yang akan mengeraminya. Setelah tujuh hari dierami oleh induknya selanjutnya murai batu dimasukkan ke dalam inkubator.

Advertisement

Di dalam inkubator inilah pemberian pakan dapat dimulai. Pakan yang dapat diberikan pada anakan murai batu yang berusia tujuh hari seperti campuran voer dan kroto yang dicampurkan dengan air panas sehingga terbentuk adonan. Adonan yang dibuat tidak boleh terlalu kental dan tidak boleh terlalu encer.

Pemberian pakan untuk anakan yang baru berusia tujuh hari dapat menggunakan sumpit atau sendok yang berukuran sama dengan mulut anakan murai batu.

Hal ini terus berlanjut hingga umur anakan murai batu mencapai 21 hari. Setelah 21 hari, pola pemberian pakan dapat diganti.

Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan

Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan

Apabila telah berusia 21 hari atau tiga minggu, pola pemberian pakan dapat diganti. Jumlah pakan yang diberikan ditingkatkan lagi karena semakin besar anakan murai batu maka semakin banyak pula ia membutuhkan pakan.

Akan tetapi, pemberian pakannya dilakukan setiap dua jam sekali saja. Berbeda dengan anakan yang berusia tujuh yang diberikan pakan setiap satu jam sekali.

Dalam satu kali pemberian pakan, anakan murai batu dapat disuapi 7 kali suapan. Hal ini terus berlanjut sampai usia anakan murai batu mencapai 30 hari atau satu bulan.

Setelah berusia satu bulan, pakan tambahan dapat diberikan. Pakan tambahan yang dapat diberikan seperti jangkrik.Wajib anda baca Ciri Murai Batu Di Habitat Alam Liar

Pada usia satu bulan ini, anakan murai batu jangan terlalu dipaksakan untuk memakan pakan tambahan. Pada usia ini, anakan hanya diajarkan untuk memakan pakan tambahan.

Pemberian pakan jangkrik dapat dilakukan sebelum pemberian pakan utama dilakukan. Empat ekor jangkrik sudah cukup untuk diberikan untuk sekali pemberian.

Sebaiknya jangkrik yang diberikan jangkrik yang berukuran kecil dan kaki serta kepalanya harus dibuang agar memudahkan anakan murai batu untuk memakannya.

Setelah pemberian pakan tambahan seperti jangkrik ini barulah dapat diberikan pakan utama. Pemberian pakan utama dengan pakan tambahan usahakan tidak dijeda atau ditunda terlebih dahulu.

Cara memberikan pakan pada anakan murai batu adalah cukup dengan menggunakan tangan saja dan tidak menggunakan alat bantu.

Berbeda halnya dengan pemberian anakan murai batu yang berusia 7 hingga 21 hari yang harus menggunakan alat bantu seperti sumpit dan sendok yang berukuran kecil seperti mulutnya.

Pada umur berapakah anakan murai batu dapat dipindahkan dari dalam inkubator? Anakan murai batu dapat dipindahkan dari inkubatornya pada saat berusia satu bulan. Murai batu yang dipindahkan dari inkubatornya dapat diletakkan di dalam sangkar.Simak dulu Tips Memilih Indukan Betina vs Jantan

Advertisement

Teknik Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Sebelum sapih

Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan

Perkembangbiakan murai batu dilakukan dengan cara bertelur. Burung murai batu akan bertelur apabila dikawinkan. Perkawinan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keturunan murai batu agar tidak punah dikemudian harian. Sedangkan tujuan rincinya tergantung pada pemilik murai batu tersebut.

Setelah dikawinkan dan bertelur, murai batu akan mengerami telur-telurnya hingga menetas. Setelah menetas, telur tersebut biarkan dieram oleh induknya terlebih dahulu. Setelah beberapa hari atau tepatnya seminggu setelah penetasan, anakan murai batu dapat diletakan di dalam suatu tempat khusus yang dinamakan inkubator.

Di dalam inkubator tersebut anakan tidak akan merasakan dingin karena di inkubator tersebut terdapat lampu pijar yang akan membuat hangat inkubator.

Selama di dalam inkubator, anakan murai batu harus dirawat agar dapat tumbuh dengan optimal. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan selama di dalam inkubator adalah pemberian pakan.Penting di baca Menjodohkan Murai Batu Saat Mabung

Pakan harus diberikan selama anakan di dalam inkubator. Pakan yang diberikan dapat berupa voer. Voer digunakan sebagai pakan utama. Pemberian pakan pengganti juga perlu dilakukan. Pakan pengganti yang perlu diberikan seperti campuran kroto dan voer. Pemberian pakan dapat dilakukan setiap satu jam sekali.

Pakan dapat diberikan dengan cara menyuapi anakan murai batu. Supaya pemberian pakan dapat lebih mudah lagi caranya adalah dengan mencampurkan pakan dengan air panas. Penggunaan air panas juga dapat mencegah burung murai batu terkena penyakit diare.

Jumlah pakan yang diberikan dapat dilihat berdasarkan umur anakan. Semakin hari pakan yang diberikan tentunya akan semakin bertambah. Di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai jumlah pakan yang diberikan oleh murai batu berdasarkan umurnya.

Anakan Murai batu berumur 1 hari sehingga 21 hari

Pemberian harus dilakukan dengan cara disuapi pada anakan yang berusia 7 hingga 21 hari. Pemberian pakan harus dilakukan setiap satu jam sekali. Jenis pakan yang dapat diberikan seperti campuran kroto dan voer. Pemberian campuran kroto dan voer ini dapat dilakukan hingga 21 hari kedepan.Baca dulu Cara Merawat Cucak Rawa Tangkapan Hutan

Pemberian pakan tidak perlu terlalu banyak karena dapat menyebabkan anakan murai batu menjadi terlalu kenyang.

Namun jangan pula terlalu seikit memberikan pakan pada anakan murai batu karena dapat menyebabkan anakan murai batu menjadi kelaparan. Pemberian pakan dapat diberikan dimulai sejak pagi hari tepatnya pukul 07.00 pagi.

Apabila ingin menghancurkan makanan caranya adalah dengan mencampurkan campuran voer dan kroto dengan air panas. Ingat, yang diberikan adalah air panas bukan air biasa. Pemberian air biasa dapat menyebabkan burung terserang diare. Pakan yang telah hancur dinamakan adonan.

Adonan ini tidak boleh terlalu encer tetapi tidak boleh pula terlalu pekat. Jadi, pemberian air panas harus sesuai dengan takaran. Pelolohan dapat menggunakan sumpit atau bisa juga menggunakan sendok yang berukuran kecil.

Supaya fisik anakan murai batu tetap selalu vit, berikan vitamin pada pakan atau adonan. Dalam sekali pemberian pakan dapat diloloh sebanyak 5 kali suap.demikian Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan semoga bisa di jadikan bahan rujukan..simak juga Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang Vs Ngerol

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Pemberian Pakan Anakan Murai Batu Usia 1 Bulan | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.