Pemilihan Indukan dan Menjodohan Kenari

Pemilihan indukan dan menjodohkan kenari-Induk yang baik adalah induk yang berasal dari indukan jawara. Disarankan bagi para penangkar baru, jikalau bisa pilihlah induk yang jawara. Mengapa begitu? Karena induk yang jawara dapat pula menghasilkan anakan yang jawara pula.

Sama halnya dengan manusia yang mengikuti keturunan orang tuanya.. Begitu pula dengan burung termasuk burung kenari mengikuti keturunan induknya.

Advertisement

Jika induknya memiliki suara yang bagus tentu anaknya suaranya bagus juga. Walaupun harga indukan tersebut mahal, yang terpenting hasilnya nanti akan memuaskan.Pemilihan Indukan dan Menjodohan Kenari

Selain yang berasal dari indukan jawara, calon indukan juga harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti sehat, dan tidak cacat.

Apabila calon indukan sudah kelihatan tidak sehat dan cacat sebaiknya jangan dipilih. Karena nantinya pasti penangkar tidak puas dengan calon indukan yang telah dipilihnya.

Advertisement

Calon indukan bisa kita beli di pasar burung ataupun di penangkarnya langsung. Tempat yang paling bagus membeli calon indukan adalah di penangkarnya langsung, karena disana semua burung kenari jelas asalnya dari mana, sehat, cacat atau tidak.

Berbeda dengan ketika kita membeli calon indukan kenari di pasar burung. Keterangannya tidak lengkap dan kadang-kadang tidak ada keterangan dari mana burung kenari tersebut berasal.

Kenari yang cocok menjadi calon indukan adalah yang berusia 10 bulan untuk kenari jantannya dan 8 bulan untuk kenari betinanya.

Usia tersebut merupakan usia yang paling terkecil. Kurang dari umur itu, kenari belum bisa dikawinkan, mengapa begitu? Karena pada umur dibawah 8 bulan, perilaku seksualnnya belum terlihat.

Bagaimana cara mengawinkan burung kenari? Caranya dengan memasukkan burung kenari jantan ke dalam sangkar yang ada burung kenari betinanya.

Biarkan kedua burung tersebut di dalam sangkar yang sama. Jika kedua burung tersebut awalnya belum mau mendekat, jangan khawatir burung tersebut tidak berjodoh.

Lihatlah dulu sampai 1 hari penuh, pasti lama kelamaan kedua burung tersebut akan mendekat satu sama lain.

Setelah itu barulah kenari jantan mengawinkan kenari betinanya. Setelah selesai proses perkawinannya, kita boleh memisahkan kedua burung kenari tersebut.

Burung kenari termasuk ke dalam golongan yang tidak setia pada satu pasangannya saja. Kenari bisa kawin dengan burung kenari lain selagi kita masih menjodohkannya.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Pemilihan Indukan dan Menjodohan Kenari | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.