Perawatan Anakan Murai Batu Umur 1 Bulan

Perawatan anakan murai batu umur 1 bulan.Setelah anakan murai batu siap kita sapih,selanjutnya kita sendiri yang akan merawatnya.jika anakan murai tersebut masih berumur 2 sampai 3 minggu,untuk memberi pakan,kita bisa melolohnya sesering mungkin.bisa satu atau dua jam sekali.

Saat kita memberikan pakan dengan cara meloloh,sebaiknya jangan di berikan pakan yang terlalu kenyang,walaupun anakan tersebut masih mau untuk kita beri pakan.namun juga selalu di perhatikan,jangan sampai juga anakan tersebut mengalami kelaparan,berikan jatah pakan yang cukup setiap satu jam sekali.

Advertisement

Untuk pakan anakan murai batu sendiri,kita bisa memilih voer dan kita buat adonan dengan menggunakan air panas agar lebih matang dan voer cepat mengambang.bisa kita dalam adonan voer tersebut kita tanbahkan berupa vitamin kusus binatang,misal,vitacik secukupnya dll.

Untuk kita menyuapi anakan murai batu,bisa menggunakan media sumpit,ukuranya usahakan sesuai mulut anakan murai tersebut.ingat berikan secukupnya,jangan terlalu kenyang dan jangan sampai kelaparan,sebaiknya berikan 5-6 lolohan setiap jam sekali.Setelah di beri pakan,jangan lupa juga di berikan air minum yang bisa dengan menggunakan pipet kecil.perawatan anakan murai batu umur 1 bulan

Nah jika anakan murai batu tersebut telah berumur 3 minggu sampai satu bulan lebih,kita bisa menambah jatah pakanya.yang biasa 5-6 sendok setiap satu njam sekali,kita bisa memberikanya 7-9 sendok setiap 1 atau 2 jam sekali.

Advertisement

Anakan murai batu yang telah berusia satu bulan bahkan lebih,kita sudah bisa melatinya dengan makanan berupa jangkrik,hal ini untuk melatih anakan murai batu terbiasa untuk memakan pakan yang hidup berupa pakan asli alam habitatnya.

Agar anakan terbiasa memakan jangkrik,sebelum kita memberikan pakan utama berupa voer,kita bisa memberinya pakan jangkrik kecil 2-3 ekor.jangan lupa,kita membuang kaki serta kepala jangkrik tersebut agar tidak menyumbat tenggorokanya.Jika kita ingin memberikan kroto,bisa kita berikan sebagai selingan,sebagai contoh pagi pakan utama voer dan jangkrik,siang nanti kita bisa beri pakan berupa kroto dengan pakan utama Voer.

Untuk anakan yang telah berumur satu bulan keatas,sebaiknya kita berikan tanda dengan memasang ring di kakinya.dalam kita melakukan pemasangan ring ini,sebaiknya lakukan secara teliti serta hati-hati,kaki piyikan murai batu masih lembut,jangan sampai kita kasar dan membuat terluka kaki apalagi hingga sampai patah.

Cara memasukan ring ke dalam kaki piyikan murai batu yang telah berumur satu bulan lebih caranya sebagai berikut.

  • RingRing yang sebelumnya kita sudah siapkan,bisa kita olesi dengan minyak sayur,agar licin saat kita memasukanya.
  • Pegang dengan hati-hati anakan murai tersebut.
  • Masusukan ring tadi pada tiga jari kaki piyikan,lalu dorong ring tersebut hingga bisa melewati jari kaki piyikan murai batu tersebut…

Baca Juga: Merawat anak murai batu umur 0 sampai 3 minggu

Demikian cara perawatan anakan murai batu umur 1 bulan yang bisa anda terapkan di rumah..semoga bisa bermanfaat…

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Anakan Murai Batu Umur 1 Bulan | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.