Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa

Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa – Burung Cucak jenggot yang ditangkarkan perlu dirawat. Perawatannya tidak hanya hanya dilakukan pada saat akan masuk ke arena kontes saja tetapi juga dilakukan setiap harinya.

Apa tujuan dari dilakukannya perawatan harian? Setiap kicau mania dalam melakukan perawatan harian cucak jenggot tujuannya pasti berbeda-beda.

Advertisement

Namun intinya tetap sama yaitu agar nantinya pada saat dikonteskan burung akan tampil dengan baik lagi. Di dalam merawat cucak jenggot, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Cucak jenggot perlu dimandikan seperti burung pada umumnya. Dalam sehari, cucak jenggot dapat dimandikan sebanyak dua kali.

Jangan pernah lupa untuk memandikan cucak jenggot karena akan berpengaruh pada cucak jenggot itu sendiri. Memandikan cucak jenggot akan membawa dampak positif bagi cucak jenggot.Penting di baca Ciri Fisik Lovebird Yang Bagus Untuk Lomba

Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa

Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa

Dan salah satu dampaknya tersebut adalah dapat mengurangi birahi, terutama untuk cucak jenggot betina. Cucak jenggot betina memang lebih mudah birahi. Penyebabnya adalah pemberian jangkrik yang terlalu berlebihan. Untuk mengatasinya dapat dilakukan pemandian sebanyak dua kali dalam sehari.

Dengan begitu birah cucak jenggot betina dapat terkontrol dengan baik. Cara memandikan cucak jenggot adalah dengan menggunakan hand sprayer.

Atau bisa juga dengan menggunakan tempat mandi khusus burung. Jika mandi di tempat mandi khusus burung, nantinya burung akan mandi sendiri tanpa harus dimandikan dengan pemiliknya.Wajib anda baca dulu Ciri Kacer Juara Serta Habitat Kehidupan Di Alam Liar

Advertisement
  • Menjemur Cucak jenggot

Penjemuran dapat dilakukan setelah dimandikan atau pun tidak dimandikan. Penjemuran pada umumnya dilakukan selama dua hingga tiga jam.

Namun penerapan tersebut hanya diperuntukkan bagi cucak jenggot yang sudah terlatih saja serta cucak jenggot yang memiliki kesehatan yang bagus.

Akan tetapi tidak diterapkan bagi cucak jenggot yang belum terlatih dan yang tidak sehat. Tujuan dari penjemuran ini sendiri adalah supaya suara dari cucak jenggot lebih bersih lagi akibat kebanyakan meminum air.

  • Meletakkan sangkar Secara benar

Sangkar cucak jenggot dapat diletakkan di luar rumah. Lokasi yang cocok untuk meletakkan sangkar adalah di tempat yang sejuk dan teduh.

Jangan pernah meletakkan sangkar di tempat yang panas karena dapat menyebabkan cucak jenggot menjadi stres.Tulisan terkait Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian Supaya Berbunyi Lantang

Untuk lebih rajin lagi berkicau, disebelah kanan dan kiri sangkar perlu diletakkan burung master isian yang memang dapat memancing cucak jenggot agar dapat rajin berkicau. Contohnya seperti burung cluk-cluk atau burung master isian lainnya yang dapat memberi respon positif pada burung cucak jenggot.

Walaupun cucak jenggot termasuk jenis burung pemaster, bukan berarti burung ini tidak memerlukan burung master isian lainnya untuk melatih agar cucak jenggot lebih rajin berkicau.

Namun hal ini disalah artikan oleh sebagian besar kicau mania yang menganggap bahwa burung pemaster tidak membutuhkan masteran dari burung lainnya karena sudah mampu memaster burung itu sendiri.

Akibatnya masih ada juga orang yang tidak memasterkan cucak jenggot.Inilah sedikit cara Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa semoga bisa membantu,berguna dan bermanfaat..jangan lupa baca juga Perlengkapan Kandang Burung Kenari Wajib Anda Siapkan

Advertisement
100 Model Kaos Burung Unik murah
Perawatan Cucak Jenggot Bakalan,Anakan dan Dewasa | admin | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.