Perawatan Cucakrawa Lomba dan Setelah Lomba

Perawatan cucakrawa lomba dan setelah lomba – Ketika burung hendak dilombakan dan setelah dilombakan perlu dilakukan perawatan. Tidak ada perbedaan antara perawatan untuk lomba dengan perawatan setelah lomba.

Hanya ada satu perbedaannya, yaitu dari makanannya. Mungkin jika untuk perawatan untuk lomba lebih di istimewakan.Perawatan Cucakrawa Lomba dan Setelah Lomba

Advertisement

Merawat Burung Cucakrawa untuk Lomba

Merawatan burung yang diikutkan lomba sebenarnya sama saja seperti merawat burung biasa. Mungkin hanya beberapa saja perbedaannya.

Sebagai burung yang hendak dilombakan, tentulah persiapan demi persiapan perlu dilakukan. Setiap penangkar pasti punya persiapannya sendiri ketika menghadapi burung yang diikutkan dalam lomba.

Salah satu persiapannya adalah merawat burung dengan baik. Tanpa adanya perawatan dengan baik, burung tidak bisa memenangkan lomba.

Sebaliknya, jika si penangkar tersebut merawat burungnya dengan baik maka kemungkinan besar burung bisa menang.

Advertisement

Walaupun nantinya burung tersebut tidak menang, tetapi ada satu momen yang membuat orang terpukau dengan kepandaian burung tersebut pastilah si penangkar akan bangga karena mempunyai burung seperti itu.

Biasanya, setiap penangkar mempunyai tujuan sendiri ketika merawat burung yang diikutkan lomba. Setiap penangkar berbeda-beda tujuannya.

Namun, pada umumnya inti dari tujuan merawat burung untuk lomba adalah agar pada saat di lomba nantinya, burung akan memiliki tubuh yang baik dan juga memiliki tingkatan birahi yang sesuai dengan keinginan si penangkar tersebut.

Seperti pada perawatan burung seperti biasanya, perawatan burung untuk lomba juga mempunyai jadwalnya. Pada 3 hari sebelum lomba, burung diberikan pakan jangkrik sekitar 13 ekor/harinya.

Sebelum lomba dimulai, lebih tepatnya 1 setengah jam lomba akan dimulai, burung bisa diberikan 4 jangkrik dan ditambah dengan ulat apa saja sekitar 25 ekor.

Merawat Burung Cucakrawa Setelah Lomba

Bukan cuman pada saat burung ingin dilombakan saja burung dirawat, tetapi pada saat setelah lomba burung juga perlu dirawat. Apa tujuan dari perawatan burung setelah lomba?

Tujuannya adalah supaya kondisi burung setelah lomba dapat kembali seperti biasanya. Cara merawat burung setelah lomba adalah dengan memberikan makanan tambahan.

Makanan tambahan diberikan tidak seperti sebelum lomba. Setelah itu jemurlah burung paling lama 40 menit. Penjemuran seperti ini 4 hari setelah lomba selesai.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Cucakrawa Lomba dan Setelah Lomba | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.