Perawatan Harian Burung Hwa Mei Dewasa

Perawatan harian burung hwa mei dewasa-Perawatan bagi burung hwa mei yang telah dewasa dengan hwa mei anakan berbeda,baik dari segi pakan,perawatan dll.burung hwa mei yang telah dewasa lebih banyak memerlukan perawatan kusus,sebab di masa inilah,burung akan menunjukan kualitas kicauanya yang sesungguhnya..

Menjaga kesehatan hwa mei sangatlah penting, salah satunya dengan memandikan dan menjemur hwa mei dengan teratur dan benar. Jika memandikan dan menjemur hwa mei dilakukan dengan benar dan teratur maka tentu berpengaruh juga dengan kesehatan hwa mei setiap harinya.

Advertisement

Kesehatan burung menjadi tambah membaik karena selesai dimandikan burung akan merasa segar kembali.Perawatan Harian Burung Hwa Mei Dewasa

Memandikan hwa mei

Memandikan hwa mei dilakukan setiap hari. Biasanya, hwa mei dimandikan dengan tempat mandi khusus burung. Apabila Anda tidak memiliki tempat mandi khusus burung, maka di pasar burung sekarang sudah ada yang menjualnya, harganyapun terjangkau.

Memandikan hwa mei di tempat mandi khusus burung dilakukan supaya hwa mei terbiasa mandi sendiri.

Advertisement

Cara memandikan hwa mei lainnya adalah disiram air dengan gayung. Cara ini dinilai kurang efektif oleh sebagian pecinta burung, mengapa kurang efektif? Karena memandikan dengan cara seperti ini memiliki efek samping yaitu bulu hwa mei mudah lepas dan itu membuat hwa mei tidak indah lagi. Percuma saja hwa mei memiliki suara yang merdu tetapi bulunya pada rontok semua.

Maka dari itu, sebagian besar pecinta hwa mei lebih memilih memandikan dengan tempat mandi khusus burung. Tempat mandi khusus burung dinilai efektif untuk memandikan burung. Di tempat mandi khusus ini, burung bisa mandi sendiri.

Bagi burung yang belum pernah mandi di tempat khusus ini, maka burung akan ketakutan, tetapi jika sesering mungkin Anda memandikan hwa mei di tempat mandi khusus maka burung akan senang mandi sendiri.

Pemandian hwa mei dilakukan pada pagi dan sore hari bagi hwa mei yang masih bakalan. Lain halnya dengan hwa mei dewasa, memandikannya cukup pada sore hari saja. Memandikan burung juga harus melihat kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca pada saat itu tidak baik (hujan) maka burung disarankan jangan dimandikan terlebih dahulu.

Proses penjemuran hwa mei

Selesai hwa mei dimandikan, selanjutnya hwa mei langsung dijemur. Bagaimana jika hwa mei tidak dijemur setelah dimandikan? Apabila hwa mei tidak dijemur terlebih dahulu setelah dimandikan maka hwa mei akan sakit, karena bulu-bulu hwa mei belum kering.

Burung juga akan kedinginan di dalam sangkar. Selain mengeringkan bulu, penjemuran dilakukan untuk menghilangkan parasit yang mungkin menempel di badan hwa mei.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Harian Burung Hwa Mei Dewasa | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.