Perawatan Harian Cucak IJo Kusus Kontes

Perawatan harian cucak ijo kusus kontes – Merawat cucak ijo kontes setiap harinya memang perlu dilakukan. Apabila tidak dirawat setiap hari, maka mustahil lah cucak ijo punya kita akan masuk ke dalam kontes burung berkicau.

Inti dari merawat cucak ijo adalah agar burung ini rajin berkicau dan bisa masuk ke dalam kontes burung berkicau.

Advertisement

Hal yang perlu diperhatikan ketika merawat burung ini adalah memperhatikan cara memandikannya, cara menjemur, cara meletakkan sangkar dan cara pemberian pakan.Perawatan Harian Cucak IJo Kusus Kontes

Memandikan cucak ijo Secara Benar

Cara memandikan cucak ijo sama seperti burung lainnya. Yaitu dengan menyemprotkan cucak ijo dengan menggunakan semprotan khusus dan diletakkan di dalam sangkar khusus untuk burung mandi.

Kelebihan menggunakan tempat mandi khusus burung adalah burung dapat mandi dengan bebas tanpa dibatasi. Apalagi bagi burung yang senang dengan air.

Burung ini bisa dimandikan kapan saja kita mau. Pagi, siang, maupun sore burung ini tidak masalah. Yang terpenting dalam sehati burung ini dimandikan.

Advertisement

Namun, yang paling baik memandikan burung ini adalah pada pagi hari. Karena pada saat pagi hari matahari baru terbit. Sinar matahari pagi mengandung banyak manfaat. Karena itulah memandikan burung pada pagi hari bisa langsung di jemur.

Waktu Menjemur cucak ijo

Apabila cucak ijo dimandikan pada pagi hari, maka cucak ijo bisa langsung dijemur. Sebab, sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan burung.

Namun, tujuan menjemur burung ini sebenarnya adalah agar burung ini mau berkicau setiap harinya. Cara menjemur ini adalah dengan menggantangkan di ketinggian tertentu di tempat terbuka dan biarkan hingga 1-3 jam.

Meletakkan sangkar cucak ijo

Cucak ijo sangat menyukai tempat teduh dan udaranya yang segar. Jangan meletakkan burung ini ditempat yang panas.

Selain itu, letakkan lah sangkar burung cucak ijo dengan burung pendamping yang suaranya bagus. Hal ini dilakukan supaya cucak ijo rajin berkicau.

Memberikan pakan Berkualitas cucak ijo

Makanan yang bisa diberikan kepada cucak ijo setiap harinya adalah ulat hongkong. Selain itu, jangkrik dan kroto juga bisa diberikan sebagai makanan pendamping. Pemberian pakan ini perlu dibatasi. Jangan kebanyakan dan jangan kekurangan.

Selain ulat hongkong, jangkrik, dan kroto pakan buah-buahan perlu diberikan. Tujuan pemberian pakan buah-buahan adalah supaya suara dari cucak ijo menjadi tajam, bersih, dan bervolume besar.

Advertisement
Baca juga: Ciri Fisik dan suara murai batu medan gacor
Perawatan Harian Cucak IJo Kusus Kontes | penulis penulis | 4.5
error: Tulisan Di lindungi DCMA.